Mengenal Fitur di Shopee Seller Center Untuk Meningkatkan Penjualan

Mengenal Fitur di Shopee Seller Center Untuk Meningkatkan Penjualan

Shopee seller center adalah halaman khusus untuk mengelola toko online di Shopee yang merupakan salah satu marketplace terbesar di tanah air. Halaman ini tidak akan ditemukan oleh pengguna atau pengunjung tempat belanja berwarna orange tersebut di aplikasi, karena hanya bisa diakses oleh penjual melalui link khusus.

Penjual Shopee indonesia atau Shopee seller dapat membuka tombol navigasi “Shopee center” atau “Toko Saya” di aplikasi untuk menuju halaman pengelolaan toko. Atau bisa langsung masuk ke alamat seller.shopee.co.id melalui peramban.

Shopee seller center

Fitur Shopee Seller Center

Shopee seller center terus mengalami perkembangan dan inovasi fitur dari waktu ke waktu sesuai dengan kebutuhan transaksi sehari-hari. Inovasi juga dilakukan untuk meningkatkan keuntungan penjual melalui berbagai fitur yang tersedia.

Anda bisa melakukan pembaruan jumlah stok barang atau mengatur ulang harga. Semua pengaturan toko hanya dapat dilakukan melalui halaman pengelolaan toko, cek resi shopee, termasuk promo.

Ada 10 fitur utama di halaman penjual Shopee Indonesia yang berfungsi sebagai alat analisis performa toko dan sejumlah tools untuk meningkatkannya. Performa toko yang baik cenderung meningkatkan omset bagi penjual. Berikut fitur utama di Shopee seller center yang harus dikuasai oleh penjual:

Pengiriman

Fitur pengiriman di halaman pengelolaan toko sebelah kiri paling atas berisi data pesanan yang harus dikirim. Di kolom tengah terdapat keterangan berapa paket yang harus diproses, sedang dalam proses, atau selesai dikirim. Ada paket yang bisa diikutkan dalam pengiriman massal, ada juga yang satuan.

Proses penyelesaian pengiriman dianjurkan tidak lebih dari 3 hari kerja untuk produk ready stok. Sementara untuk produk pre order, pengiriman harus dilakukan maksimal 7 hari setelah pesanan masuk. Semakin cepat proses pengiriman, semakin baik juga performa toko dan tingkat kepercayaan pengunjung.

Pesanan

Setiap pesanan yang masuk di toko akan direkam oleh fitur pesanan di Shopee seller center dan harus Anda proses sesegera mungkin. Data dalam fitur ini terhubung langsung dengan akun pelanggan atau pemesan sehingga mereka bisa memantau status pesanan.

Jika pesanan terdapat kesalahan, bisa juga dilakukan pembatalan oleh pelanggan dan terdeteksi di fitur ini. Selain pembatalan, data pengembalian barang oleh pelanggan juga bisa diselesaikan melalui fitur ini. Status setiap pesanan dapat dipantau secara real-time baik oleh pelanggan maupun penjual.

Produk

Fitur produk pada Shopee seller center berfugsi untuk upload produk, menjelaskan spesifikasi, menentukan ukuran dan berat, serta mencantumkan harga. Saat menambahkan produk baru, penjual juga harus memilih kategori yang sesuai.

Ketidaksesuaian antara produk yang dijual dengan kategori pilihan akan berpengaruh terhadap potensi lakunya. Setiap produk biasanya otomatis muncul di beranda pengunjung atau masuk ke kolom hasil pencarian berdasarkan kata kunci dan kategori. Jika tidak sesuai, calon pembeli tidak akan menemukan saat mencari.

Promosi

Fitur pengaturan promosi produk dapat dimanfaatkan oleh penjual untuk menjaring lebih banyak pembeli melalui program promosi. Ada dua macam promosi yang bisa dipilih oleh penjual, yaitu fitur “Promosi Saya” dan iklan Shopee. Kedua program promo ini memiliki konsekuensi yang berbeda.

Fitur “Promosi Saya” berarti promo yang dilakukan oleh toko Anda, bisa berupa potongan harga, pemberian poin, diskon, dan sebagainya. Ada juga paket flash sale dan promo ongkir untuk menarik minat pembeli. Biasanya, semakin banyak promo pembeli semakin tertarik karena total belanja berkurang.

Kedua fitur iklan Shopee, memberikan pilihan penjual untuk masuk dalam iklan pencarian atau produk serupa. Iklan ini akan memudahkan pengunjung untuk menemukan toko Anda dan melihat poduk yang tersedia. Fitur promo di Shopee seller center terbukti mampu meningkatkan performa toko dan volume penjualan.

Keuangan

Fitur keuangan berfungsi untuk mengetahui berapa penghasilan toko, metode pembayaran yang bisa dipilih, rekening bank aktif, dan pengaturan terkait keuangan. Dari fitur ini Anda bisa memantau progress penghasilan dari waktu ke waktu. Anda juga bisa menganalisis strategi apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkannya.

Shopee seller center dapat merekap semua data penjualan dan memperhitungkan keuntungan. Anda perlu berhati-hati saat memasang promo karena fitur tersebut berpotensi menurunkan total penjualan di akhir periode. Sebaiknya, hanya gunakan program promo dengan dampak terbaik saja untuk semua produk.

Data

Fitur data Shopee seller center menyajikan performa bisnis toko dalam periode tertentu dan menentukan taraf kesehatannya. Dari fitur ini Anda dapat menganalisis apakah toko cukup menguntungkan dan meningkatkan penjualan atau sebaliknya. Jika ternyata belum mencapai target keuntungan, maka perlu dievaluasi lagi.

Evaluasi perlu dilakukan dalam menentukan harga, mengatur deskripsi produk dan menentukan program promo. Jangan sampai program promo yang diikuti justru membuat penghasilan menjadi minus. Selain promo, Anda juga perlu meningkatkan kualitas layanan agar pembeli merasa puas dan melakukan repeat order.

Kesehatan toko menunjukkan data apakah akun penjualan Anda mendapat pinalti atau tidak dari Shopee. Jika ada ketentuan penjualan yang dilanggar, maka manajemen Shopee tidak akan sungkan memberi pinalti atau penangguhan akun hingga beberapa waktu agar akunnya kembali.

Perkembangan Penjual

Seperti halnya fitur data, fitur perkembangan penjual berfungsi untuk menunjukkan tingkat penjualan yang berhasil dicapai. Penjual dengan volume transaksi tinggi berhak mendapat status “penjual star” dan bisa memanfaatkan berbagai fitur promo.

Penilaian penjual didasarkan pada berapa banyak pembeli berbeda yang berhasil melakukan transaksi, transaksi berhasil dan pendapatan bersih toko. Jika toko Anda aktif dan mampu menjaring banyak pembeli maka berpotensi bisa memanfaatkan berbagai program promo lain.

Layanan Pembeli

Fitur layanan pembeli di Shopee seller center dapat diatur untuk menyediakan balasan otomatis pesan pelanggan yang ada di kotak masuk. Fitur Assistant Chat akan sangat membantu penjual agar tidak menghabiskan waktu untuk melayani pelanggan toko.

Toko

Fitur toko dapat dimanfaatkan untuk mengetahui penilaian toko, mengatur dekorasi toko, profil, kategori, dan laporan atas kejadian khusus selama menggunakan Shopee Indonesia. Hasil penilaian toko muncul di akun pelanggan dalam simbol bintang di bawahnya. Akun penjual yang sudah lama cenderung mendapat bintang 4.

Pengaturan

Selain penilaian, profil dan dekorasi toko sangat mempengaruhi ketertarikan pengunjung pada produk yang Anda jual, fitur pengaturan juga harus Anda kuasai. Pada fitur ini Alamat toko dapat diatur dan ditambahkan sesuai kebutuhan. Anda dapat melakukan perubahan alamat jika pindah dari alamat pengiriman sebelumnya.

Pengaturan alamat pada fitur ini mencakup alamat pengiriman dan pengembalian jika pembeli perlu melakukan retur.

Selain alamat, Anda juga bisa mengatur kapan toko buka dan libur melalui fitur ini. Toko Shopee Anda bisa mengatur jam buka dan hari libur secara bebas dengan memberitahukan kepada calon pembeli di fitur ini. Anda berhak meliburkan toko kapan saja selama tidak mengganggu traffic penjualan.

Adanya berbagai fitur layanan Shopee seller center adalah untuk mempermudah penjual meningkatkan penghasilan. Jika Anda tidak pandai memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia, maka jangan salahkan Shopee jika tidak ada progress yang berarti meskipun Anda melakukan banyak promo di media sosial.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Mengenal Fitur di Shopee Seller Center Untuk Meningkatkan Penjualan flagcounter