Mengenal Digital Ocean Dengan Bebagai Layanannya

Mengenal Digital Ocean Dengan Bebagai Layanannya

Pernahkan Anda mendengar tentang Digital Ocean? Dalam dunia server nama tersebut sudah tidak asing lagi, yaitu perusahaan yang menyediakan layanan berbasis cloud sebagai infrastruktur website.

Salah satu kelebihan server ini adalah menggunakan SSD sehingga dibandingkan harddisk lebih unggul dari segi kecepatan baca tulis. Hanya dengan satu klik pengguna dapat mengupgrade layanan pada paket yang lebih bagus dan dapat didowngrade lagi bila sudah tidak dibutuhkan. Berikut review singkatnya.

Apa Itu Digital Ocean?

Perusahaan ini menyediakan layanan VPS dengan paket yang cukup fleksibel serta terdiri dari berbagai varian harga. Banyak yang menyukai VPS ini karena tampilan antar muka yang sederhana dan user friendly.

Selain itu perusahaan juga menjamin 99,99% uptime SLA sehingga sangat minim kemungkinan layanan tak berfungsi saat dioperasikan. Competitor perusahaan DO salah satunya yang cukup sepadan adalah Amazon Web Service.

Secara umum perbedaan DO dibandingkan layanan sejenis di kelasnya adalah:

  • Control panel yang simple
  • Tersedia komunitas developer
  • Harganya cukup terjangkau, yaitu mulai US$5 untuk hosting professional
  • Hanya tersedia SSD
  • Instalasi sangat mudah
  • Menyediakan system operasi Linux

Sebagai referensi Anda, berikut ini adalah kelebihan dari hosting tersebut.

Harga berlangganan sangat terjangkau

Bila dibandingkan hosting lainnya dapat dibilang bila Digital Ocean sangat terjangkau harganya. Dengan merogoh kocek US$ 5 saja Anda sudah dapat memiliki self hosted VPS yang mirip dengan shared hosting.

Menggunakan SSD

Bila dibandingkan HDD, SSD memiliki performa yang jauh lebih cepat. Artinya performa web juga akan meningkat secara signifikan.

Instalasi mudah

Hosting DO menyebut instalasi tersebut dengan droplet. Ini adalah VPS pribadi yang belum terisi. Begitu droplet selesai dibuat Anda juga memperoleh public IP yang segera dapat diakses. Pada proses pembuatan droplet Anda dapat memilih system operasi apa yang ingin diterapkan pada droplet. Pilihannya antara lain CentOS, CoreOS, Debian, Fedora, FreeBSD, dan Ubuntu. Sementara untuk melakukan instalasi hanya dengan one klick tersedia WordPress, Ruby on Rails, NodeJS, LEMP (Nginx), LAMP (Apache), dan .NET Core.

Saat akan memilih system operasi yang perlu Anda lakukan hanya menginstal system operasinya saja karena masih kosong. Artinya pengguna harus menginstal yang lain sesuai keinginan. Sementara dengan menggunakan instalasi one klick Anda bisa memperoleh layanan yang dikehendaki sekalian dengan system operasinya.

Gratis senilai US$10

Hosting DO juga memberi kesempatan untuk mendapatkan free credit senilai US$ 10. Dengan begitu droplet dapat digunakan selama dua bulan. Anda bisa mendapatkan informasinya dengan mengunjungi website resmi hosting dimaksud.

Alasan Harus Mulai Menggunakan VPS Digital Ocean

Setelah mengetahui berbagai keunggulan layanan Digital Ocean dan masih merasa ragu untuk beralih pada hosting tersebut, sebaiknya Anda mengetahui juga alasan harus segera beralih kepada hosting terbaik. Ini terutama bagi Anda yang berniat meningkatkan aktivitas serta kinerja websitenya untuk berbagai keperluan, mulai dari blog pribadi, website bisnis, atau company profil.

Untuk performa website yang semakin professional sudah waktunya Anda beralih pada layanan VPS. Selain itu inilah beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan untuk menggunakan layanan VPS tersebut.

Virtual private server adalah layanan yang berada di tengah-tengah, yaitu antara dedicated server dan shared server. Keuntungan yang bisa Anda dapatkah dengan layanan ini adalah tak perlu membayar harga yang terlalu mahal, namun bisa diandalkan sebagaimana dedicated server. VPS tak memerlukan keberadaan server fisik karena menggunakan teknologi virtualisasi mesin. Harganya lebih terjangkau karena dapat digunakan bersama-sama user lainnya namun terdapat batas antar user sehingga tak saling mengganggu.

Meningkatnya minat para blogger dan pengembang website akan VPS beberapa waktu belakangan ini juga memicu kehadiran layanan VPS yang bisa menjadi alternative. Di antara banyaknya layanan yang tergolong cukup banyak peminatnya adalah Digital Ocean. Nah, inilah alasannya mengapa sebaiknya Anda mulai memakai layanan VPS hosting.

• Kendali penuh

Anda dapat menggunakan space virtual pada VPS untuk berbagai kebutuhan, selain itu Anda juga memiliki control sepenuhnya atas hosting, yaitu: Dapat menggunakan OS apa pun yang diinginkan mulai dari Fedora, Debian, CentOS, Ubuntu, dan lain-lain. Dapat menggunakan software atau script apa pun sekehendak Anda, misalnya Java,Php, CMS yang berbeda, atau WordPress. Dapat merestart server kapan saja sesuai keinginan. Dan dapat menonaktifkan server kapan saja sesuai keinginan.

• Performa bagus

Dibandingkan shared hosting, VPS hosting mempunyai kinerja yang lebih cepat dan fasilitas tersebut dapat Anda nikmati tanpa menguras kantong. Sebagaimana yang kita ketahui kecepatan web tak hanya berdampak pada kenyamanan pengunjung tetapi juga dapat meningkatkan kualitas SEO. Dengan begitu website Anda berpeluang lebih besar untuk mendapatkan traffic yang tinggi.

• Harganya terjangkau

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, harga layanan ini sangat terjangkau bahkan bagi blogger pemula yang laman blog-nya belum berhasil menghasilkan pendapatan. Tentu saja bila dibandingkan dengan layanan shared hosting, fasilitas VPS membebankan tariff lebih tinggi, tetapi dijamin kualitas layanannya lebih bagus dan sepadan dengan harga yang Anda bayarkan. Selain itu Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih murah dengan banyaknya tawaran promo menarik dan diskon untuk menghemat alokasi dana.

• Bervariasi

Bila saat ini Anda membangun banyak website dalam waktu yang bersamaan, terutama website-website untuk tujuan sebagai sarana periklanan yang harus dioptimasi, artinya Anda memerlukan alamat ip sreta lokasi yang berbeda-beda dari server-server milik Anda tersebut. Inilah alasannya sebaiknya menggunakan VPS sebagai pilihan yang paling terjangkau serta layanannya prima.

• Fleksibel

Biasanya kontrak server VPS terhitung setiap jam dan bukannya bulanan atau tahunan sebagaimana shared hosting. Artinya terkait waktu berlangganan cukup fleksibel tergantung keputusan Anda. Bila dirasa layanan VPS yang Anda gunakan kurang memuaskan, Anda bisa berhenti berlangganan seketika itu juga dan mencari alternative yang lain. Kelebihan lainnya dengan memilih VPS adalah Anda dimungkinkan melakukan upgrade layanan dari berbagai segi, misalnya menambahkan storage, memori, atau hal-hal yang lain.

Bila Anda masih bingung kapan waktunya untuk beralih pada layanan VPS dari yang sebelumnya menggunakan shared hosting cobalah memperhatikan website atau blog yang Anda kembangkan. Bila traffic kunjungannya sudah semakin meningkat dan sudah waktunya kinerja website Anda diperbaiki kualitasnya, artinya Anda tak perlu ragu lagi untuk beralih pada VPS.

Jangan khawatir walaupun tak paham server walaupun mengoperasikan shared hosting memang lebih mudah dibandingkan VPS hosting. Anda hanya perlu mempelajarinya perlahan-lahan dan tekun. Apalagi saat ini untuk keperluan peralihan host serta redirect domain sudah semakin mudah dilakukan dengan software gratis.

Bila ingin menggunakan layanan VPS hosting dengan penggunaan yang simple seperti shared hosting, Digital Ocean adalah solusi terbaik bagi Anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi terbaik bagi Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Mengenal Digital Ocean Dengan Bebagai Layanannya