Mengenal Dedicated Server, Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Mengenal Dedicated Server, Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Menggunakan layanan hosting seperti shared hosting atau VPS bagi blogger atau web master pemula, mungkin sudah cukup. Namun, jika membutuhkan layanan yang lebih luas dan besar untuk menjalankan sebuah hosting maka lebih baik menggunakan server.

Terdapat dua jenis server yang biasa digunakan banyak penguna, yaitu dedicated server dan cloud server. Namun, kali ini yang akan dibahas secara lebih dalam dan rinci adalah mengenai apa itu dedicated server, cara kerja, manfaat, kelebihan, serta kekurangannya.

Pengertian

Dedicated server adalah suatu layanan server yang dapat diakses penuh tanpa harus berbagi dengan user lainnya. Jadi penyewa layanan ini mempunyai otoritas penuh terhadap pengelolaan server, seperti memilih sistem operasi yang digunakan, spesifikasi hardware, dan lainnya.

Penggunaan server ini disarankan untuk website yang trafiknya tinggi atau mempunyai database yang sangat besar dan kompleks. Selain itu, butuh ruangan khusus dan teknisi handal dalam pengelolaan server satu ini.

Dua Layanana Dedicated Server

Untuk lebih mengenal apa itu dedicated server dan bagaimana cara kerjanya, Anda mungkin harus mengetahui dua tipe layanan yang berbeda dari dedicated server itu sendiri.

  • Managed server hosting

Layanan ini akan memudahkan Anda dalam mengelola server khususnya yang tidak begitu handal dalam pengoperasian server. Penyedia layanan hosting akan membantu Anda dalam proses administrasi, manajemen, maintenance, pembaharuan, konfigurasi firewall, dan lainnya. Akan tetapi, penyewa tetap memiliki root accesspenuh pada server.

  • Unmanaged server hosting

Tipe satu ini disarankan untuk Anda yang memiliki perusahaan dengan dukungan teknisi handal dalam pengelolaan server. Pengguna memiliki kebebasan dalam mengelola server, mulai pengoperasian hingga pemasangan control panel.

Manfaat

Beberapa manfaat berikut ini akan Anda dapatkan ketika memilih layanan ini dalam pengelolaan website, yaitu:

  1. Mendapatkan ruang penyimpanan yang jauh lebih besar
  2. Mempunyai keleluasaan dalam mengelola data
  3. Memori penyimpanan tidak dibagikan ke user lain
  4. Bisa meningkatkan trafik SEO

Memang server ini memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan layanan hosting bersama. Namun, Anda perlu tahu jika tidak semua website cocok dengan dedicated server.

Kelebihan Dedicated Server

Inilah beberapa hal yang membuat banyak web master atau perusahaan dengan trafik besar memilih dedicated server, antara lain.

Memiliki alamat IP unik

Jika menggunakan Shared Hosting, Anda akan berbagi alamat IP dengan user lainnya. Ketika salah satu user tersebut merupakan situs spam atau situs konten dewasa maka dapat memberikan pengaruh pada peringkat website Anda.

Nah, Anda tidak akan mengalami hal demikian jika menggunakan dedicated server karena alamat IP khusus untuk Anda. IP khusus dibutuhkan juga jika website yang Anda kelola merupakan situs belanja online besar yang membutuhkan SSL untuk memproses kartu kredit.

Performa lebih optimal

Performanya juga yang lebih optimal (cepat dan mudah diakses) karena sumber daya hanya digunakan oleh satu akun hosting. Anda tidak perlu ragu mengenai kecepatan website, uptime, atau konektivitasnya.

Di samping itu, layanan ini juga biasanya disertai dengan unlimited bandwidth serta disk space yang dapat membuat Anda bebas dalam memanfaatkan sumber daya secara maksimal.

Sistem keamanan lebih terjamin

Website dengan trafik rendah hingga sedang lebih baik memilih layanan shared hosting. Namun, website dengan trafik yang sangat tinggi lebih baik memilih dedicated server. Pasalnya, Anda tidak akan berbagi ruang dengan user website lainnya sehingga keamanan lebih terjamin karena penggunaan yang sifatnya personal.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang datangnya ancaman keamanan karena website lain. Dukungan IP yang unik juga membuat keamanan serta privasi website lebih terjaga karena adanya fitur proteksi yang dapat menjaga website dari serangan malware atau adwares.

Dedicated server memiliki peningkatan performa dan keamanan khususnya jika website perusahaan mendukung transaksi dengan FTP atau SSL. Selain itu, server memiliki kecepatan yang lebih stabil saat trafik yang tinggi.

Akses dan kontrol penuh

Anda mendapatkan dukungan akses dan kontrol yang penuh sehingga dapat melakukan kustomisasi konfigurasi software atau apps sesuai kebutuhan.

Fleksibilitas

Anda juga memiliki fleksibilitas dalam menyesuaikan server sesuai kebutuhan, seperti CPU, RAM, software, atau disk space. Berbeda halnya dengan shared hosting yang terbatas pada software, apps, atau lingkungan operasi pada server. Bisa jadi beberapa software tersebut tidak dibutuhka.

Sedangkan dedicated server memungkinkan user mempunyai lingkungan server yang sesuai kebutuhan. Anda bisa memilih software atau platform sesuai kebutuhan dan memungkinkan juga lebih banyak kontrol terkait bagaimana server dikonfigurasi.

Peningkatan bandwidth

Karena website Anda adalah satu-satunya yang ada dalam server sehingga memungkinkan peningkatan bandwidth yang maksimal. Hal ini dapat membuat downtime yang lebih kecil dan menghindari lambatnya akses ke situs Anda. Ketersediaan bandwidth yang maksimal juga membuat situs dapat diakses lebih cepat.

Tidak dikenai biaya tambahan

Bagi Anda yang membutuhkan server dedicated namun tidak memiliki waktu atau sumber daya dalam mengelolanya, maka serahkan saja pada penyedia hosting khusus.

Ini bisa jadi cara hemar supaya dapat menjangkau sumber daya server yang lengkap. Kegunaan penyedia hosting khusus diantaranya adalah mengelola biaya pembangunan serta pemeliharaan peralatan server, meningkatkan laba, mengurangi biaya berlebih terhadap untuk bisnis yang membeli ruang server. Namun, kelebihan satu ini memerlukan biaya lebih.

Minimnya gangguan dari aktivitas lain

Bagi Anda yang memiliki keresahan terhadap website yang down karena lalu lintas kunjungan yang padat atau sumber daya yang terbatas? Hal tersebut tidak ditemui jika menggunakan layanan ini.

Anda Juga akan terhindar dari user yang sengaja menggunakan shared hosting untuk menyimpan malware.

Dukungan customer support yang baik

Dengan harga yang paling tinggi dibandingkan layanan hosting lainnya, Anda akan mendapatkan dukungan CS yang maksimal dari penyedia layanan.

Hal tersebut bukan berarti pengguna layanan lain tidak mendapatkan technical support yang baik dari penyedia hosting. Hanya saja, penyewa dedicated server akan mendapatkan technical support yang lebih berpengalaman untuk memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Kekurangan Dedicated Server

Meski banyak kelebihan, server ini tentunya memiliki beberapa kekurangan yang bisa jadi pertimbangan Anda, antara lain:

Harga relatif mahal

Salah satu kekurangan dedicated server yang paling jelas adalah harganya lumayan mahal. Selain itu, ada beberapa hal lain yang harus dipersiapkan dan juga membutuhkan biaya, seperti merekrut technical team hingga menyediakan ruangan khusus.

Butuh tenaga ahli

Memiliki teknisi yang handal dalam mengoperasikan server adalah sebuah keharusan jika memilih dedicated server terutama tipe unmanaged server hosting. Perlu Anda ketahui bahwa jika terjadi kesalahan dalam pengelolaan server dapat menyebabkan downtime, kehilangan data, atau adanya ancaman keamanan.

Rangking Website juga dapat menurun di mesin pencarian dan memengaruhi trafik jika server mengalami eror.

Menyediakan ruangan khusus dengan mesin pendingin

Server ini harus ditempatkan pada ruangan yang memiliki mesin pendingin aktif selama 24 jam supaya mesin server tidak menjadi terlalu panas (overheat).

Lantas, apakah menggunakan dedicated adalah pilihan terbaik? Jawabannya bisa iya bisa tidak tergantung kebutuhan dan budget Anda. Tidak semua website membutuhkan server ini kecuali yang trafiknya sangat tinggi, seperti situs e-commerce, situs bisnis level enterprise, atau situs perusahaan dengan banyak transaksi finansial setiap harinya.

Jadi, apakah Anda sudah yakin ingin pindah ke layanan dedicated server?

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Mengenal Dedicated Server, Inilah Kelebihan dan Kekurangannya