Mengenal Arti KOL Dan Perbedaannya Dengan Influencer

Mengenal Arti KOL Dan Perbedaannya Dengan Influencer

Sekarang masyarakat sedang memperdebatkan perbedaan KOL dan juga influencer, ada banyak masyarakat yang menganggap kedua profesi ini sebagai profesi yang sama. Tetapi aslinya tidak seperti itu karena arti KOL (Management dan Endorsemen) dan juga influencer berbeda sekali.

Mengenal kedua profesi tadi sangatlah penting karena dengan tahu tugas masing-masing profesi tadi akan mempermudah masyarakat yang menjalankan bisnis kalau ingin menggunakan jasa profesi tadi. Kalau ingin tahu lebih jelas mengenai kedua profesi tersebut maka bacalah ulasan berikut ini.

Arti KOL dan Tugasnya

Pasti banyak yang belum tahu apa arti dari Key Opinion Leader atau KOL, arti KOL (Management dan Endorsemen) sendiri yaitu seseorang yang mempunyai keahlian yang selalu didengar masyarakat luas jika sedang memberikan pendapat mengenai sesuatu hal.

Jadi bisa disimpulkan kalau KOL merupakan orang yang bisa dipercaya dan dihormati banyak orang karena pengetahuan yang dimilikinya. Seseorang yang memiliki profesi sebagai KOL mempunyai banyak tugas, untuk tahu tugasnya apa saja bacalah beberapa ulasan berikut ini.

  • Memasarkan produk yang sesuai dengan profesi

Seperti yang sudah di singgung di atas tadi, KOL itu merupakan seseorang yang mempunyai pengetahuan dan juga pengalaman khusus suatu bidang. Bisa dikatakan kalau orang tersebut sangat ahli di bidang yang digeluti.

Dengan mempunyai kemampuan tersebut membuat KOL hanya akan bekerja sama dengan produsen produk atau merk tertentu yang ada hubungannya dengan profesi KOL di dunia nyata. Misalnya profesinya adalah chef maka produk yang akan dipromosikan adalah produk-produk makanan ataupun bumbu-bumbu dapur.

  • Membuat konten produk

Keahlian yang dimiliki KOL sudah tidak diragukan lagi karena KOL sudah sangat berpengalaman dalam bidangnya. Karena memiliki keahlian ini membuat banyak produsen produk meminta bantuan KOL untuk membuatkan konten tentang sebuah produk.

Konten yang dibuat KOL bukanlah konten sembarangan sebab konten tersebut disertai pendapat pribadi pembuat konten berdasarkan pengalaman dan juga keahlian yang dimiliki KOL. Jadi KOL tidak hanya menerangkan kelebihan atau keunggulan sebuah produk saja tetapi juga membagikan pengalaman pribadinya saat menggunakan produk tersebut.

Contoh konten yang telah dibuat KOL adalah video promosi produk kecap, di dalam video tersebut orang yang menjelaskan mengenai produk ini adalah seorang chef. Chef akan menjelaskan secara rinci produk kecap tersebut, dari bahan kecap sampai dengan rada kecap tersebut.

  • Meningkatkan kredibilitas sebuah produk

Arti KOL (Management dan Endorsemen) bukan hanya sebagai pembuat konten saja tetapi juga harus bisa meningkatkan kredibilitas yang dikenalkan KOL. Tugas ini bukanlah tugas yang berat untuk seorang KOL sebab untuk membuat produk dikenal luas di masyarakat sangatlah mudah karena apa yang dikatakan oleh KOL pasti akan dipercaya masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan KOL menawarkan produk yang memang pernah dicoba dan juga produk tersebut erat hubungannya dengan pekerjaan KOL. Jadi kalau ada KOL yang membagikan konten tentang produk maka produk tersebut akan langsung dilirik masyarakat. Sebab perusahaan atau produsen yang membuat produk tersebut sudah bekerja sama dengan orang yang tepat.

Perbedaan Key Opinion Leader dan Influencer

Setelah mengetahui arti KOL (Management dan Endorsemen) selanjutnya akan dibahas mengenai influencer, untuk influencer sendiri merupakan seseorang yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi masyarakat luas agar melakukan pembelian sebuah produk. Hal ini bisa terjadi karena influencer mempunyai otoritas yang mendalam dengan followernya.

Meskipun dilihat sekilas kedua profesi ini ada kemiripan tapi aslinya ada banyak perbedaan yang akan ditemukan kalau mendalami kedua profesi yang sedang disukai masyarakat ini. Untuk tahu apa saja perbedaan dari profesi-profesi ini maka bacalah sedikit ulasan berikut ini.

  • Media yang dipakai

Key Opinion Leader sangatlah ahli di bidang tertentu makanya pendapat KOL pasti di dengar, kalau di dunia nyata ini dihormati sehingga KOL tidak perlu menggunakan media internet saat mempromosikan produk. Tetapi ada juga KOL yang menjalin hubungan dengan pengikutnya dengan memanfaatkan media sosial.

Influencer tidak memakai media yang digunakan KOL, semua influencer selalu memanfaatkan media sosial untuk mengerjakan tugasnya memasarkan produk. Berbagai macam platform media sosial dimanfaatkan agar bisa berkomunikasi dengan fans ataupun pengikut dan juga mempengaruhi pengikut tersebut melalui konten digital yang diciptakan.

  • Kredibilitas

Kredibilitas KOL didapatkan dari menjalani kehidupan nyata saat menjalankan profesinya, karena sudah berpengalaman dibidangnya membuat kemampuan dan juga pengetahuan KOL sangatlah bagus. Hal itulah yang akan membuat masyarakat percaya dan juga mengikuti apa yang dilakukan KOL.

Kalau influencer berbeda sekali sebab kepercayaan yang diperoleh influencer asalnya dari identifikasi personal yang influencer tampilkan di media sosial ataupun platform lainnya. Jadi pengikut influencer hanya tahu kemampuan influencer dari video ataupun konten yang diberikan Launcher tersebut tanpa tahu seperti apa influencer tersebut di dunia nyata.

  • Area pengaruh

Seseorang yang berprofesi sebagai KOL tidak terlalu aktif seperti influencer di media sosial, mobilitas dan juga ketenaran KOL hanya ada di wilayah tertentu saja seperti di sebuah kota ataupun negara. Tapi kalau KOL sudah sering muncul di media cetak ataupun di media televisi bisa saja kebenaran KOL menandingi influencer.

Ketenaran influencer sudah tidak perlu diragukan lagi karena mereka sudah terkenal di banyak sekali platform sehingga yang kenal dengan influencer bukan hanya masyarakat di sebuah daerah saja tetapi skalanya sudah global. Setiap konten yang dibagikan influencer bisa mendapatkan like yang sangat banyak dan juga ditonton oleh jutaan pengguna internet.

  • Keahlian berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi yang dimiliki influencer sangatlah hebat karena influencer memang harus bisa berkomunikasi dengan pengikutnya melalui media sosial agar apa yang ditawarkan oleh influencer dibeli pengikut. Semua Informasi yang disampaikan influencer akan cepat di tangkap pendengar karena saat memberikan informasi tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Kalau kemampuan KOL dalam berkomunikasi memang masih kalah dari influencer karena jarang sekali tampil di media sosial ataupun platform lainnya. Tetapi kalau bicara di depan orang langsung kemampuannya sangatlah hebat karena KOL lebih sering berbicara langsung dengan orang daripada berbicara sendiri di konten.

Meskipun kemampuan berkomunikasinya tidak sebagus influencer bukan berarti pengikut KOL jumlahnya sedikit sebab apa yang dikatakan KOL pasti dipercaya. Hal tersebut dikarenakan pengikut KOL sudah tahu kemampuan KOL karena melihatnya sendiri di dunia nyata bukan di media sosial atau di media lainnya.

  • Kegiatan sehari-hari

Seorang KOL tidak hanya menjadi KOL saja tetapi juga mempunyai pekerjaan di dunia nyata, biasanya pekerjaan yang dijalani KOL ada hubungannya dengan konten yang dibagikan. Misalnya membagikan konten memasak maka besar kemungkinan profesi atau pekerjaan KOL adalah seorang chef atau bisa juga seorang pengusaha di bidang kuliner.

Kalau influencer aktivitas mereka lebih banyak di dunia maya dari pada di dunia nyata, biasanya influencer tidak mempunyai pekerjaan yang berhubungan dengan konten mereka. Ada banyak influencer yang masih berstatus sebagai pelajar tetapi sudah terkenal di dunia maya. Dengan adanya perbedaan ini jadi jangan lagi menyamakan arti KOL (Management dan Endorsemen)dan influencer.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Mengenal Arti KOL Dan Perbedaannya Dengan Influencer