Mengenal Apa Itu Jaringan 6G dan Masa Depan Wireless

Mengenal Apa Itu Jaringan 6G dan Masa Depan Wireless

Sementara 5G masih diluncurkan untuk menggantikan standar 4G yang sudah tua, penggantinya, 6G, sudah dalam pengembangan. Seperti pendahulunya, jaringan 6G diharapkan lebih cepat dan menangani peningkatan bandwidth dengan latensi lebih rendah. Jaringan ini diharapkan menawarkan kemampuan yang lebih beragam daripada pendahulunya.

Jaringan ini lebih mungkin untuk mendukung aplikasi di luar aplikasi seluler saat ini. Misalnya seperti virtual dan augmented reality (VR/AR), kecerdasan buatan, dan Internet of Things (IoT). Juga berspekulasi bahwa operator jaringan seluler akan mengadopsi model 6G yang fleksibel. Selain itu ini lebih terdesentralisasi, termasuk lisensi spektrum lokal, berbagi spektrum, dan berbagi infrastruktur.

Semua ini akan ditangani melalui manajemen otomatis cerdas berdasarkan komputasi tepi seluler, komunikasi paket pendek, dan teknologi blockchain. Standar komunikasi wireless baru dikembangkan kira-kira setiap sepuluh tahun, dan 6G diperkirakan akan dimulai sekitar tahun 2030. Untuk saat ini, tidak ada yang kaku dalam hal 6G, dan bahkan namanya dapat diganti dengan yang lain.

Perkembangan Menuju Jaringan 6G

Dengan mengingat hal itu, ada beberapa aspek teoretis untuk Jaringan 6G, dan apa yang mungkin ditawarkannya ketika akhirnya digunakan. Saat 5G diluncurkan, konsumen akan terus menggunakan lebih banyak perangkat seluler dan mengonsumsi data internet dengan kecepatan yang semakin meningkat. Sementara telekomunikasi masih mengandalkan 4G untuk penggunaan konsumen, 5G menggantikan teknologi yang menua.

Diperkenalkan pada tahun 2009, standar 4G/LTE mengubah permainan untuk perangkat seluler. Hal ini karena meningkatkan kecepatan data dan memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming film definisi tinggi, bermain game, dan mentransfer data dalam jumlah besar dengan kecepatan sekitar 33 Mbps. 5G melampaui kemampuan 4G dengan memanfaatkan teknologi gelombang mikro dan milimeter.

Kecepatan dan bandwidth yang lebih tinggi ini, memungkinkan lebih banyak aplikasi untuk melampaui streaming media. IoT dan perangkat yang terhubung akan memiliki kemampuan penginderaan waktu nyata. Daftarnya hampir tidak ada habisnya, tetapi perlu beberapa saat sebelum kita melihat potensi sebenarnya dari 5G sebelum diterapkan secara global. Dari sini, kita bisa melihat jika Jaringan 6G jelas akan lebih baik lagi.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Mengenal Apa Itu Jaringan 6G dan Masa Depan Wireless flagcounter