Mengatasi PC/Laptop Lambat Saat Menggunakan Windows 10

Dengan sebagian besar dari kita saat ini bekerja dari rumah, laptop telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita. Namun, dengan penggunaan harian dan isian file, mereka cenderung melambat. Ini bisa membuat frustrasi setelah satu poin dan mengingat bahwa membeli laptop baru bukanlah kemungkinan bagi semua orang. Jadi berikut adalah daftar lima tips yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan kinerja PC/laptop saat menggunakan Windows 10.

Sebelum kita mulai dengan artikel, kamu harus mencatat bahwa untuk langkah-langkah yang diberikan tidak perlu mengubah bagian mana pun dari sistem. Ini adalah tweak berbasis perangkat lunak yang dapat kamu buat ke sistem untuk membantunya berkinerja sedikit lebih baik.

Windows 10

Tips Mempercepat Windows 10

  • Menghapus Software yang tidak perlu

Karena Windows menjadi sistem operasi yang serbaguna, pengguna dapat mengunduh banyak Software. Sebagian besar orang lupa jika ada beberapa sebenarnya yang sudah tidak diperlukan lagi. Karena ini, mungkin lebih baik menghapusnya saja untuk melegakan ruang penyimpanan di PC/Laptop.

  • Batasi startup programs

Program startup Windows 10 memakan banyak sumber daya komputer, karena mereka mencoba untuk booting bersamaan. Dan jika banyak program mencoba melakukannya bersama, PC jadi melambat. Untuk membatasi jumlah program startup, kamu harus mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

* Tekan tombol Ctrl, Shift dan Esc bersama-sama untuk memunculkan task manager.

* Di dalam task manager, ketuk tab Startup untuk memamerkan semua perangkat lunak yang dimulai pada saat boot.

* Jendela ini akan menunjukkan dampak dan status setiap perangkat lunak startup.

* Klik kanan pada yang kamu rasa tidak perlu dan ketuk ‘Nonaktifkan’.

  • Lakukan Perform Disk Cleanup dan Defragmen

Selama masa pakai sistem, disk drive berantakan dengan perangkat lunak dan file, meninggalkan jejak di mana-mana, dan kadang-kadang juga membuat fragmen di dalam partisi disk. Setelah kamu membersihkan dan mendefragmentasi perangkat, sistem akan secara otomatis mendapatkan kecepatan kinerja yang lebih baik.

  • Cek spyware and virus

Kamu harus terus memeriksa spyware dan virus secara teratur di PC, karena jika terinfeksi akan memperlambat kinerja. Menjelajahi internet, kamu mungkin pada titik tertentu bersentuhan dengan virus. Untuk menjaga PC tetap aman, terus memindainya secara berkala menggunakan anti-virus atau Windows Defender.

  • Mematikan search indexing

Windows 10 mengindeks hard disk di latar belakang, yang memungkinkannya untuk mencari sesuatu lebih cepat. Karena pengindeksan real-time ini, ada dampak besar pada kinerja karena prosesor sudah sibuk dengan tugas latar belakang. Kamu cukup mematikan fitur untuk mendapatkan beberapa poin kinerja yang lebih cepat.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar