Mengapa User Harus Menggunakan Jasa Hosting Terbaik yang Berlokasi di Indonesia

Mengapa User Harus Menggunakan Jasa Hosting Terbaik yang Berlokasi di Indonesia

Saat ini memiliki website untuk bisnis maupun konten apapun yang sedang dikerjakan justru dinilai berkelas untuk banyak orang dan terlebih lagi, menambah nilai plus dari kegiatan yang sedang Anda kerjakan. Namun ketika sedang mencari jasa hosting terbaik, akan lebih baik memilih yang dibangun di dalam negeri atau Indonesia saja karena lebih aman dan juga lebih mudah dalam mengurus apapun termasuk dengan ketika terdapat masalah suatu hari nanti.

jasa hosting terbaik

Perbedaan Hosting dan Domain

Meskipun banyak yang tahu dan menyadari bahwa hosting itu penting, tetap saja masih ada orang yang kurang paham apa itu hosting. Bahkan seringkali hosting ini disamakan dengan domain padahal keduanya berbeda. Namun wajar jika pemula atau orang awam tidak tahu mengenai hal ini. Hosting itu sesungguhnya beda dengan domain. Cara kerjanya pun juga tidak sama sedikitpun. Hosting itu dapat dikatakan sebagai tempat maupun media yang digunakan hanya untuk menyimpan file situs.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Bisa dikatakan bahwa fungsinya sama seperti disk space dimana pengguna bisa menyimpan file penting mengenai situs mereka di dalamnya. Akan tetapi, domain itu berbeda karena domain lebih mudahnya dianggap sebagai nama atau juga alamat dari situs yang Anda buat tersebut. Jika tidak memiliki hosting dan domain, maka website yang Anda buat pun tidak akan pernah bisa diakses oleh orang lain secara online. Dengan kata lain, website ini merupakan bangunan yang Anda dirikan.

Bangunan ini didirikan pada tanah kotak-kotak atau berpetak-petak dan tanah inilah yang namanya hosting sementara nama bangunan yang Anda dirikan itu adalah domainnya. Banyak sekali orang bingung ketika memilih jasa hosting terbaik apakah mereka ingin hosting dalam negeri atau buatan luar negeri. Jika itu buatan luar negeri, maka sudah jelas bisnis atau kegiatan yang dilakukan lebih bernilai dan berkelas dibandingkan sebelumnya meskipun harga lebih mahal untuk pelayanan yang profesional.

Keuntungan Memilih Jasa Hosting Terbaik di Dalam Negeri

Akan tetapi, memilih jasa hosting terbaik buatan dalam negeri atau yang beroperasi di Indonesia itu jauh lebih baik dan juga menguntungkan untuk pengguna dari berbagai segi sehingga Anda bisa mencoba untuk mempertimbangkan penggunaan dan pemilihannya. Ketahui lebih dulu keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih hosting dalam negeri ini antara lain:

  • Hosting dalam negeri juga dapat mengurus domain di Indonesia

Anda harus tahu bahwa setiap negara memiliki domain mereka masing-masing termasuk Indonesia juga terdapat sejumlah domain khusus seperti dengan menggunakan akhiran .ac.id, .net.id, .co.id, .web.id dan sebagainya. PANDI atau Pengelola Nama Domain Internet Indonesia sudah menyerahkan pendaftaran sekaligus pengelolaan nama dari domain di Indonesia ini hanya pada jasa hosting atau penyedia layanan yang khusus ada di Indonesia dan sampai saat ini, terdapat sekitar 12 perusahaan yang diberikan hak khusus untuk mengelolanya dan itu dikenal dengan nama Registrar dari PANDI.

  • Komunikasi yang begitu mudah

Bila Anda menggunakan provider hosting Indonesia, maka tidak perlu ada sama sekali yang namanya kendala bahasa bahkan budaya kerja sedikitpun dan pengguna tidak perlu khawatir sama sekali akan hal ini. Seandainya terjadi masalah sekalipun dan Anda membutuhkan bantuan atau setidaknya penjelasan yang sangat cepat melalui ponsel atau live chatnya, maka tidak akan ada kendala bahasa sedikitpun sebab sama-sama berada di Indonesia. Jika menggunakan telepon sekalipun, tarif yang akan Anda keluarkan juga jauh lebih terjangkau mengingat panggilan domestik yang Anda lakukan. Semua pembayaran juga mudah Anda lakukan menggunakan bank lokal dan tidak perlu menggunakan bank asing apalagi kartu kredit jika bekerja sama dengan hosting luar negeri yang belum tentu Anda pahami seperti apa bahasa mereka.

  • Sudah sesuai dengan UU ITE yang ada di Indonesia

Perusahaan yang menyediakan hosting di Indonesia wajib untuk mematuhi undang-undang yang berlaku di dalam negeri sebelum beroperasi. Disini Anda bisa lebih tenang lagi karena terdapat kesepakatan dan juga keamanan yang dilakukan mereka untuk melindungi data pengguna oleh UU ITE yang berlaku. Seandainya bila terjadi hal masalah maupun hal buruk lainnya, maka bisa langsung diselesaikan menggunakan jalur hukum termasuk pengadilan di dalam negeri.

  • Server yang disediakan semuanya memiliki lokasi di Indonesia

Meskipun sebagian penyedia hosting memiliki server yang lokasinya di luar negeri, jasa hosting yang ada di dalam negeri ini tentunya pasti memiliki server yang lokasinya di negara yang sama. Memilih server yang lokasinya di dalam negeri tentu sangat berguna apabila mayoritas dari target visitor atau pengunjung website yang Anda inginkan adalah orang di dalam negeri pula. Ini disebabkan karena diperlukan routing yang pendek dengan bandwidth yang kecil dibandingkan saat Anda mengakses data yang langsung asalnya dari server di luar negeri sehingga waktu dalam mengakses situs Anda pun akan jauh lebih cepat.

  • Bisa lebih mendukung perekonomian di dalam negeri

Perusahaan hosting yang terdapat di dalam negeri sudah pasti menggunakan pekerja lokal pula dan bayar pajaknya pun di Indonesia dan untuk kepentingan pembangunan di Indonesia. Jika Anda menggunakan layanan hosting di Indonesia, maka sudah pasti Anda juga berperan besar dalam meningkatkan perekonomian di dalam negeri sendiri.

Tips Memilih Jasa Hosting Terbaik yang Beroperasi di Indonesia

Jika sudah mengetahui apa saja keuntungan yang bisa Anda peroleh, maka sudah jelas hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih jasa hosting terbaik yang ada di Indonesia ini dengan harga dan juga kebutuhan yang sesuai keinginan Anda. Tentu saja meskipun semuanya sama-sama bersaing dalam bisnis, Anda pasti punya kriteria sendiri ketika memilih dan inilah beberapa tips menemukan jasa hosting yang terbaik antara lain:

  • Memiliki Latency yang rendah

Latency ini merupakan lama perjalanan dari data yang terdapat di antara sumber dan juga tujuannya. Sementara bandwidth merupakan jumlah data yang bisa ditransfer setiap detiknya. Jadi Anda harus memastikan jika Anda memilih hosting yang tingkat Latency-nya rendah sementara bandwidthnya tinggi supaya akses data di dalam website milik Anda semakin cepat. Untuk mengetahui kecepatan dari akses website, maka Anda bisa menggunakan beberapa tools yang telah tersedia di internet seperti webpagetest, Yahoo! Yslot, Google Pagespeed Insight, Pingdom dan sebagainya.

  • Memilih server yang pas

Seperti yang sebelumnya dijelaskan bahwa akan lebih baik jika Anda memilih hosting yang lokasinya sesuai dengan target visitor yang Anda incar. Jadi jika visitor yang Anda inginkan lokasinya di Indonesia, maka akan lebih baik jika server yang ada juga berada di lokasi yang sama yaitu Indonesia. Namun jika ingin memilih luar negeri, maka cobalah memilih negara yang dekat seperti Jepang maupun Singapura. Namun jika memang target pengunjung asalnya lebih banyak dari luar negeri, maka cobalah menggunakan server di Amerika. Ini semua nantinya akan memiliki kaitan dengan kecepatan akses dari website Anda.

Inilah keuntungan menggunakan jasa hosting terbaik di dalam negeri dan juga cara memilihnya supaya Anda bisa memaksimalkan pembuatan website tanpa masalah di masa depan nantinya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Mengapa User Harus Menggunakan Jasa Hosting Terbaik yang Berlokasi di Indonesia