Mengapa Tidak Mendefrag SSD Dan apa Alasannya?

Hard disk klasik (Hard Disk Drives) memiliki masalah karena kinerjanya menurun seiring waktu jika tidak dioptimalkan secara teratur. Ini karena cara HDD dibuat dan bagaimana datanya disimpan dan ditempatkan. Dengan SSD (Solid State Drive), masalah ini tampaknya tidak ada, dan berkali-kali kamu mendengar bahwa tidak boleh mendefrag karena alasan ini.

Tapi kenapa tepatnya? Dan apa yang terjadi jika  melakukannya?

SSD

Defragment SSD untuk apa sih?

Fragmen adalah masalah yang agak rumit untuk hard disk, karena alih-alih membaca file dalam sekali jalan, ia harus melompat-lompat untuk itu, dan itu membutuhkan waktu. Semakin terfragmentasi sistem file tersebut, semakin lambat hard disk bekerja. Obat dalam kasus ini adalah yang disebut defragment.

Ini sepenuhnya mengatur ulang sistem file dan seperti namanya, menyelesaikan fragmen yang ada. Di akhir proses, data tersedia lagi dalam satu bagian, sehingga meningkatkan kecepatan pembacaan hard disk.

SSD juga menyimpan datanya dalam blok. Perbedaannya, bagaimanapun, adalah bahwa mereka tidak memiliki disk magnet atau read heads yang bergerak, tetapi didasarkan pada memori flash. Mengapa ini sangat penting untuk pertanyaan awal.

Dengan SSD, data disimpan pada memori flash (seperti pada kartu SD atau memori USB). Menulis dan membaca di sini tidak dilakukan melalui kepala baca, tetapi melalui pengontrol yang dapat menangani blok data secara langsung. Apakah ini didistribusikan atau dalam satu bagian tidak penting pada awalnya.

Hal ini karena sel memori selalu dipanggil dengan kecepatan yang sama dan tidak ada proses mekanis yang dapat menunda proses ini. Akibatnya, defragment sama sekali tidak berguna di SSD karena masalah sebenarnya hilangnya kecepatan tidak ada.

Dan bagaimana jika kamu mendefragnya? Bisakah SSD dioptimalkan sama sekali? Pada dasarnya, opsi untuk mendefrag drive solid state bahkan tidak ditawarkan dengan sistem operasi yang lebih baru. Karena seperti yang kita ketahui sekarang, itu sama sekali tidak ada gunanya dan tidak membawa keuntungan. Sebaliknya, defragmentasi bahkan dapat merusak umur karena mengganggu operasi pengontrol.

Singkatnya: Solid State Drive tidak boleh didefragmentasi, karena operasi tulisnya sudah dioptimalkan. Jadi jika kamu ingin menggunakannya selama mungkin, kamu bisa duduk dan rileks.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar