Mempelajari Data Dari Google Scraping Untuk Sebuah Produk

Google Scraping adalah bagian kecil dari akuisisi data online otomatis. Sederhananya, alih-alih memperoleh data yang dibutuhkan dengan tangan, perusahaan mengembangkan alat otomatis untuk membantu tujuan ini. Umumnya, aplikasi ini membuka URL dan mendownload kode sumber halaman. Kode sumber ini kemudian dicari dan diurai untuk data yang diperlukan.

Saat hal ini dilakukan, semua langkah hampir identik kecuali untuk tujuan dan data apa yang diperoleh. Google scrapers biasanya menerima permintaan dari pihak yang berkepentingan dan kemudian mengirimkan data yang diurai dalam skala besar. Data kemudian dianalisis untuk menghasilkan wawasan tentang algoritma mesin pencari, peringkat, dan banyak faktor pemasaran penting lainnya.

Ironisnya, Google tidak terlalu ingin membiarkan aplikasi otomatis mengirimkan pertanyaan ke mesin pencari mereka. Namun, mereka telah membangun seluruh bisnis mereka di sekitar robot roaming yang mengumpulkan informasi. Mereka melakukan hal ini dengan cara yang identik dengan web scraper dan mengindeksnya.

Google Scraping

Cara Kerja Google Scraping

Saat Google Scraping mencoba mencegah program otomatis mengirimkan queries ke mesin pencari mereka, mereka menerapkan beberapa tindakan anti-bot. Semuanya dimulai dengan CAPTCHA sederhana. Jika itu diselesaikan, akses ke mesin pencari akan diperoleh kembali untuk beberapa waktu. Jika setelah CAPTCHA, Google masih mengira bahwa queries dikirim dari bot, blok IP sementara akan diberlakukan.

Seringkali, ini tidak bertahan lama karena Google tidak bisa melarang sebagian besar alamat IP karena biasanya milik pengguna internet biasa. Dalam kasus khusus, Google mungkin melakukan larangan jaringan jangka panjang pada alamat IP yang menyinggung jika tampaknya berasal dari lokasi khusus.

Ada dua jenis informasi yang dapat ditindaklanjuti yang sangat berguna untuk bisnis apa pun. Misalnya feedback pelanggan dan data pesaing. Dengan memanfaatkan keduanya secara efektif, perusahaan dapat meningkatkan keuntungan mereka secara signifikan. Bagaimana Google Scraping berperan di sini?

Google Scraping seperti SERP Master ikut bermain dengan cara yang sangat sederhana. Dengan begini, bisnis dapat memperoleh data dalam jumlah besar tentang produk mereka dengan mengirimkan beberapa queries sederhana. Analis data kemudian dapat meninjau semua situs web tempat ulasan produk dan ikhtisar. Mereka juga bisa melihat komentar dan dengan mudah mengumpulkan semua feedback dari data online.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar