Membuat Aplikasi Android Sederhana: 2 Platform Yang Layak Dicoba

Membuat Aplikasi Android Sederhana: 2 Platform Yang Layak Dicoba

Di era modern ini, membuat banyak hal bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah membuat sebuah aplikasi android sederhana. Mungkin anda akan berpikiran bahwa membuat aplikasi android sederhana akan membutuhkan suatu platform dengan koding-koding yang membingungkan. Padahal, tidak semua orang paham mengenai perkodingan; namun banyak orang yang membutuhkan aplikasi buatan sendiri untuk memenuhi tugas perkuliahan maupun pekerjaannya saat ini.

Ada beberapa platform maupun aplikasi yang bisa digunakan oleh siapa saja yang mau belajar membuat aplikasi android sederhana tanpa perkodingan. Beberapa di antaranya bahkan gratis dan bisa diakses dengan lancar meskipun baru pertama kali mencoba untuk membuatnya. Tentu saja pelopor dari platform ini telah memikirkan dari segi kebermanfaatan sampai dengan kemudahan akses bagi para masyarakat luas yang membutuhkannya.

Membuat aplikasi android sederhana

Cara Install Aplikasi Android Studio

Membuat aplikasi android sederhana yang pertama bisa menggunakan Android Studio. Ketika Anda memutuskan untuk memakai aplikasi yang satu ini ada yang perlu diperhatikan sebelum bisa menggunakannya yakni perlunya mendownload dua aplikasi baru bisa meluncurkannya. Pastikan anda mengikuti beberapa tahapan berikut:

  • Download JDK (Java Development Kit). Linknya bisa didapatkan melalui beberapa web yang terpercaya dengan mengaktifkan settingan ponsel untuk menerima semua jenis aplikasi yang terpasang di dalamnya.
  • Setelah JDK terinstall dengan sempurna barulah lanjut untuk mendownload Android Studionya. Download juga pada link yang terpercaya biasanya link ini tersedia juga satu paket dengan link JDKnya.
  • Pastikan anda menginstall aplikasi sampai benar-benar bisa dibuka dengan baik di smartphone Anda. Setelah itu barulah Anda bisa memulai membuat aplikasinya sendiri.

Setelah tampilan Android Studio ini dibuka, lakukan beberapa tahapan berikut:

  • Pilih tema yang diinginkan untuk tampilan aplikasi yang akan dibuat nanti.
  • Kemudian berikan tanda centang pada bagian Android Virtual Device untuk mengintall emulatornya pada PC milik Anda.
  • Lalu, anda akan dialihkan pada laman untuk memilih RAM yang akan digunakan, pilihlah bagian emulatornya.
  • Pilih selesai dan aplikasi akan mengunduh beberapa file yang dibutuhkan dengan sendirinya.
  • Terakhir install Android SDK untuk membuat softaware yang dibutuhkan. Pilihlah yang akan digunakan pada PCnya. Selesai aplikasi sudah siap untuk digunakan.

Cara Membuat Aplikasi Menggunakan Android Studio

Membuat aplikasi android sederhana sekarang bisa dimulai dengan menentukan konsep-konsepan yang akan digunakan di dalamnya. Berikut adalah tahapannya:

  • Buat projek baru. Pertama kali yang harus dilakukan adalah memberikan nama untuk aplikasi dan juga memilih tempat dimana aplikasi nantinya akan disimpan. Pilih spesifikasi Android minimum yang bisa memakai aplikasi nantinya. Kemudian pilih Empty Activity dan berilah nama.
  • Ubah Tampilan Android Studio. Pada bagian ini tidak banyak yang harus dilakukan. Anda hanya perlu fokus pada bagian main activity dan activity_main.xml dan mengabaikan jenis main lainnya untuk membuatnya tidak ribet.
  • Buka Tampilan yang Sudah Dibuat. Pada bagian ini Anda bisa membukanya pada activity_main.xml untuk melihat tampilan awal saat aplikasi ini dibuat.
  • Buka aplikasinya untuk diluncurkan. Tekan tombol yang berwarna hijau untuk memulai peluncurannya dan pilih tempat di mana aplikasi itu akan diluncurkan. Bagi yang memiliki developer khusus Android langsung masuk ke menu USB dan izinkan untuk perangkat apapun yang akan terpasangkan. Setelah itu selesaikan apapun perintah yang diminta pada PC Anda.
  • Selesai. Aplikasi anda sudah siap untuk digunakan.

Aplikasi yang terbuat dari Android Studio ini bisa didaftarkan ke Play Store maupun platform lainnya agar bisa didownload oleh banyak orang untuk menikmati aplikasi buatan Anda. Namun, diperlukan biaya tertentu agar bisa memasuki platform ini namun untuk permulaan lebih baik bisa di-share link by link agar teman-teman dekat maupun orang lain bisa mencobanya dengan mudah.

Kekurangan ketika menggunakan Android Studio adalah aplikasi yang sudah dibuat tidak bisa diubah-ubah lagi dan mengharuskan pengguna untuk memulai semuanya dari awal. Jadi pastikan untuk mengecek apapun itu baik tampilan maupun tulisan yang ada di dalam aplikasinya agar tidak mengulang dari awal. Kelebihannya sendiri adalah aplikasi lancar diakses dan cocok untuk semua jenis android yang menggunakannya.

Membuat Aplikasi Android Sederhana: AppsGeyser

Membuat aplikasi android sederhana selanjutnya adalah menggunakan AppGeyser. Platform ini bisa diakses dengan mudah melalui web. Setelah meng-klik bagian platform, pilih template aplikasi yang diinginkan sesuai dengan kebutuhannya. Misalkan memang diperuntukkan bagi pengguna android, maka pilih template yang diperuntukkan bagi aplikasi android. Setelah itu, lakukan beberapa tahap berikut:

  • Masuklah pada bagian halaman website untuk menekan tombol Go sebagai tanda proses bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya sekaligus mengubah konten yang diinginkan.
  • Lanjut menuju ke pilihan yang paling bawah dari tampilan browsernya untuk menemukan tema yang akan digunakan dalam aplikasinya.
  • Setelah proses selesai dilakukan kemudian klik selanjutnya (next) untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.
  • Lanjutkan ke bagian berikutnya, yaitu memberi nama pada aplikasinya.
  • Pilihlah ikon yang akan terpasang pada aplikasinya. Disarankan untuk memilih ikon yang menarik sebagai daya tarik dari aplikasinya. Anda bisa membuat ikonnya sendiri menggunakan aplikasi yang mendukung lainnya.
  • Selanjutnya Anda bisa memilih buat aplikasi. Tahapan sampai di sini selesai namun pengguna biasanya diminta untuk masuk menggunakan email dan password ketika sudah memiliki akun. Namun jika belum memiliki akun silahkan buat terlebih dahulu agar aplikasi benar-benar bisa dijalankan.

Aplikasi yang terbuat dari AppsGeyser ini terhitung lumayan bagus dan profesional karena banyak juga aplikasi yang dibuat dari platform ini dan terlihat mudah dijalankan dan banyak diminati oleh penggunanya. Ukuran dari aplikasinya juga masih manusiawi sehingga ketika didownload banyak orang tidak akan memakan ruang yang banyak dan bisa menjadi peluang untuk mendapatkan rating bagus oleh para penggunanya.

Untuk menembus playstore biasanya membutuhkan dana yang lumayan meskipun aplikasi yang telah selesai dibuat melalui platform ini memang langsung dialihkan pada laman playstore untuk didaftarkan. Jadi, pada tahap awal, yang bisa dilakukan agar orang lain bisa menikmati aplikasi Anda adalah dengan menyematkan link pada situs web milik Anda maupun langsung membagikan by link ke orang-orang yang membutuhkannya.

Kelebihan Dan Kekurangannya

Keuntungan menggunakan AppsGeyser adalah pengguna bisa mengubah sedikit maupun banyak beberapa komponen pada aplikasi yang telah disimpan. Namun di balik kelebihannya, paltform ini cenderung lebih cepat lemot apalagi jika diakses pada perangkat yang panas dan koneksi yang lelet; belum lagi adanya tampilan iklan yang tiba-tiba muncul dan mengganggu proses pembuatan aplikasi.

Namun secara umum, kedua platform di atas sangat digemari karena mudah digunakan, termasuk bagi para pemula yang ingin membuat aplikasi Android sederhana untuk diri sendiri maupun untuk orang yang membutuhkannya. Ikuti beberapa langkah dan platform yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi android sederhana ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Membuat Aplikasi Android Sederhana: 2 Platform Yang Layak Dicoba