Membuat Akun Amazon Web Services dan Penjelasan Lengkapnya

Membuat Akun Amazon Web Services dan Penjelasan Lengkapnya

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Amazon yang merupakan salah satu start up yang terbesar di dunia. Amazon tumbuh begitu besar karena memiliki banyak kelebihan, baik dalam layanan maupun transaksi yang tersedia. Salah satu layanan yang disediakan adalah Amazon Web Services yang sebenarnya sudah ada sejak 2002. Namun layanan tersebut baru booming beberapa waktu terakhir seiring banyaknya perusahaan yang butuh infrastruktur cloud.

Sekilas Tentang Amazon Web Services

Berdasarkan info dari situs resminya, Amazon Web Services merupakan platform cloud yang menyediakan ratusan layanan global dari pusat data. Berbagai start-up, bahkan perusahaan besar menggunakan AWS untuk berbagai keperluan, seperti melakukan inovasi, menghemat pengeluaran, hingga bersaing dengan kompetitor.

AWS digunakan oleh berbagai perusahan tidak lepas dari layanannya yang sangat variatif, mulai dari penyimpanan data, AI, dan IoT. Berbagai fungsi dalam layanan AWS juga sangat bagus, misalnya variasi database yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Berbagai Macam Layanan Amazon Web Service

Amazon Web Service, yang disingkat AWS, memberikan fasilitas untuk menggunakan cloud sebagai tempat penyimpanan data yang mudah diintegrasi dan dikustomisasikan. AWS memiliki berbagai macam layanan yang bisa Anda manfaatkan, antara lain:

  • Layanan komputasi

Layanan komputasi ditujukan untuk memberikan infrastruktur bagi pengguna akan melakukan komputasi seperti clustered server yang disebut instance. Setiap pengguna bisa memiliki lebih dari satu instance yang bisa dibagikan ke semua data center yang ada di Amazon. Berbagai instance tersebut juga bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Beberapa contohnya adalah Elastic Load Balancing, Amazon Elastic Compute Cloud, dan Amazon Elastic Map Reduce.

  • Layanan penyimpan

Sesuai dengan namanya, layanan ini dibuat untuk menyediakan infrastruktur untuk pengguna yang akan menyimpan data di Amazon. Layanan ini akan sangat berguna sebagai media untuk mem-backup data-data penting yang Anda miliki. Selain aman, layanan yang disediakan oleh AWS ini juga bisa diandalkan. Beberapa contohnya adalah AWS Storage Gateway, Amazon CloudFront, Amazon Elastic Block Store, dan Amazon Simple Storage Service.

  • Layanan basis data

Melalui layanan ini, basis data yang dimasukan ke AWS akan disimpan di cloud. Hal itu akan memudahkan Anda untuk mengakses data di manapun dan kapanpun dengan aman serta cepat. Layanan ini akan mengefisienkan waktu Anda ketika melakukan konfigurasi dan replikasi data, sehingga akan sangat berguna kalau Anda pengembang web. Beberapa contohnya adalah Amazon ElastiCache, Amazon SimpleDB, dan Amazon Relational Database Service.

  • Layanan jaringan

Layanan jaringan didesain mengatur jaringan berbagai layanan, baik itu jaringan di dalam maupun di luar cloud. Misalnya, ada DNS Server untuk memudahkan pengguna melakukan konfigurasi DNS pada website domain. Beberapa contoh layanan jaringan AWS adalah Amazon Virtual Private Cloud dan Amazon Route 53.

  • Layanan aplikasi

Layanan Amazon Web Service berikutnya adalah layanan aplikasi yang dibuat untuk melengkapi layanan Amazon lainnya. Beberapa contohnya adalah Amazon Simple Queue Service, Amazon CloudSearch, dan Amazon Simple Notification Service.

  • Layanan keamanan

AWS sangat mengutamakan keamanan pengguna, sehingga AWS menyediakan layanan keamanan demi menjaga privasi pengguna dan berbagai kegiatannya. Beberapa layanan keamanan dari AWS adalah Identity and Access Management, GuardDuty, Cloud Directory, dan Web Application Firewall.

  • Layanan manajemen

Layanan manajemen juga tersedia dalam AWS yang memudahkan Anda untuk mengelola database yang Anda masukan ke sistem. Beberapa di antaranya CloudWatch, OpsWorks , Service Catalog , Systems Manager, Managed Services, dan AWS Auto Scaling.

  • Layanan analisis

Kalau Anda membutuhkan layanan untuk menganalisis data Anda di AWS, Anda juga bisa melakukannya. Beberapa layanan analisis yang tersedia adalah Athena, Kinesis, Elastic Map Reduce, QuickSight, dan Data Pipeline.

Kelebihan dan Kekurangan Amazon Web Service

Berdasarkan uraian di atas, terlihat bahwa Amazon Web Service menyediakan banyak layanan yang berguna untuk bisnis Anda. Sebagai salah satu platform Cloud terbesar, tentu AWS memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut selengkapnya.

Kelebihan AWS

Hal yang menjadi kelebihan AWS adalah memungkinkan penggunaan model programming, sistem pengoperasian, dan database yang tersedia, sehingga mempermudah pelanggannya. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk berlangganan juga sangat efektif. Pelanggan hanya perlu membayar layanan yang dipakai, bukan pembayaran di awal atau berlangganan dalam waktu yang lama.

Kekurangan AWS

Salah satu kekurangan AWS adalah Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk memperoleh layanan yang cepat dan lebih terperinci. Sering juga muncul masalah teknis di AWS, misalnya kontrol terbatas dan perlindungan backup yang relatif kurang aman.

Pembayaran di Amazon Web Services

Proses pembayaran yang ditawarakan AWS disesuaikan dengan pemakaian Anda pada lebih dari 160 layanan cloud-nya. Dengan kata lain, Anda hanya perlu membayar layanan yang diperlukan sesuai dengan waktu penggunaan, tanpa kontrak untuk jangka panjang.

Kebijakan tersebut tentunya memudahkan Anda untuk mengefisienkan anggaran ketika harus mengubah kebutuhan bisnis. Adanya pembayaran sesuai penggunaan membantu Anda untuk menyesuaikan bisnis dengan kebutuhan dan tentunya mengurangi risiko supply berlebih.

Anda juga bisa mendapatkan diskon di AWS jika penggunaan Anda cukup banyak. Misalnya untuk layanan S3, ada pemberian harga bertingkat. Maksudnya, semakin banyak layanan yang digunakan, maka semakin sedikit biaya yang diperlukan per giga bite-nya.

Membuat Akun AWS

Pihak AWS sangat teliti untuk setiap proses pendaftaran akun di sana. Jika Anda beruntung, pendaftaran akun bisa berhasil hanya dalam waktu satu hari. Untuk membuat akun, Anda perlu menyiapkan syarat-syarat berikut.

  1. Alamat email
  2. Nomor telepon yang aktif
  3. Kartu kredit atau kartu debit yang berlaku internasional (bisa gunakan Jenius)
  4. Kartu identitas
  5. Riwayat transaksi dalam satu bulan terakhir dari bank
  6. Bukti tagihan listrik, air, atau telepon rumah sesuai alamat rumah

Setelah semuanya siap, lakukan langkah registrasi berikut ini.

Kunjungi situs resmi AWS dan isi semua data yang diminta. Anda akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar $1. Jangan gunakan Virtual Card Number (VCN) untuk menggantikan kartu kredit, karena bisa dipersulit AWS Verification Team jika gagal.

Jika akun Anda tertahan, akan ada pemberitahuan dari AWS. Kirimkan berbagai data yang diminta paling lambat 3 bulan sejak pemberitahuan diterima melalui fax. Selain pindaian semua dokumen persyaratan, lampirkan juga informasi terkait:

  1. Nama lengkap,
  2. Nomor telepon pribadi
  3. Nomor telepeon yang digunakan pada kartu kredit/debit dan akun AWS
  4. Alamat rumah atau perusahaan, dan
  5. Tujuan kamu membuat akun AWS

Setelah semuanya siap, Anda bisa mengirim melalui fax secara online. Jika pengiriman berhasil, dokumen itu akan sampai ke tim AWS Verification Team dalam waktu beberapa jam.

Jangan lupa untuk mengirim konfirmasi ke aws-verification@amazon.com dengan menyebutkan:

  1. Nama lengkap sesuai data pada bank
  2. Nama perusahaan (kalau ada)
  3. Nomor telepon yang didaftarkan ke bank, AWS, dan bisnis.
  4. Nomor telepon bank terkait
  5. Kemudian nomor kartu kredit/debit
  6. Alamat rumah dan perusahaan

Biasanya dibutuhkan waktu 2-4 hari bagi AWS Verification Team untuk mengaktifkan akun Anda. Setelah mengaktifkan akun, pastikan saldo tidak kosong untuk pembayaran setiap bulan. Pembayaran yang tidak lancar bisa menyebabkan masalah yang rumit dengan Amazon Web Services.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Membuat Akun Amazon Web Services dan Penjelasan Lengkapnya