Mau Sewa Hosting Murah? Perhatikan Hal Berikut Ini

Mau Sewa Hosting Murah? Perhatikan Hal Berikut Ini

Proses membuat website itu sangat rumit dan banyak komponen yang harus dilakukan untuk menjadikan situs milik Anda benar-benar siap dipublikasikan di hadapan para users dengan konten yang telah Anda buat. Masing-masing individu memiliki tujuan tersendiri dalam membuat website namun yang pasti adalah Anda harus sewa hosting murah yang tidak murahan sehingga bisa mendapatkan fitur maupun fasilitas terbaik untuk mendukung website Anda.

sewa hosting murah

Kenali Jenis Web Hosting

Saat ini website maupun blog pribadi tidak hanya dibuat untuk menuangkan hobi menulis maupun digunakan sebagai buku harian digital lagi sebab sekarang banyak orang yang membuat website sebagai tempat untuk menghasilkan pendapatan melalui berbagai macam hal seperti bisnis online, portofolio hingga penambahan Ads. Guna menunjang keberhasilan Anda membuat website, dibutuhkan web hosting terbaik. Jangan hanya asal sewa hosting murah tapi kualitasnya buruk.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Hosting yang terbaik harus Anda sesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan Anda di dalamnya dan penentuan dari hosting akan menentukan pula masa depan Anda dengan website yang dibuat. Sebelum Anda menyewa hosting setiap bulan sesuai paket yang diinginkan, ketahui dulu jenis web hosting sebagai referensi sehingga tidak bingung dengan penawaran yang disediakan providernya:

  • VPS Hosting

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server yang merupakan jenis hosting dimana ada beberapa situs yang berada di dalam server besar. Sebenarnya konsep dari VPS hosting cukup mirip dengan shared hosting namun walau kosepnya sama, tetap terdapat perbedaan yang harus diperhatikan. VPS hosting akan membuat situs dijadikan sebagai sumber daya sekaligus mesin dengan menggunakan teknologi vistualisasi. Dengan kata lain, masing-masing situs akan mempunyai akses root langsung menuju ruang virtualnya sendiri.

  • WordPress Hosting

Ini merupakan hosting yang khusus diperuntukkan bagi website yang basis platformnya menggunakan WordPress. Saat ini jenis website yang paling banyak digunakan adalah wordpress dan Anda tentu saja sering melihat banyak situs dengan nama wordpress di alamat URL. Jika Anda menggunakan platform yang sama, maka hosting ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Keunggulan dari hosting ini adalah wordpress bisa bekerja dengan lebih optimal dan berjalan dengan maksimal sebab server ini telah dirancang menggunakan fitur khusus yang spesial digunakan untuk meningkatkan performa wordpress. Harga dari layanan ini sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan fitur yang lain bahkan nilainya hampir menyamai dengan VPS hosting sebelumnya.

  • Cloud Hosting

Cloud Hosting dikenal mempunyai kualitas sekuriti yang jauh lebih baik. Ini dikarenakan ada beberapa server yang terletak di berbagai lokasi berbeda dan digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data yang terdapat di dalam website Anda. Jika server yang ada di Indonesia sedang mengalami masalah, maka website Anda tetap bisa diakses dengan mudah mengingat masih ada server lain yang akan menggantikannya.

Jadi web hosting ini tidak hanya menggunakan satu server melainkan beberapa yang seluruhnya tersebar di berbagai negara. Cloud Hosting pun dikenal punya kecepatan yang begitu tinggi bila dibandingkan dengan hosting yang lain dan cocok untuk users yang menginginkan daya besar.

  • Shared Hosting

Shared dalam bahasa Indonesia artinya adalah dibagi sehingga pengertiannya adalah layanan hosting yang memiliki satu server besar dan kemudian dibagi tempatnya untuk digunakan beberapa website. Hosting ini adalah yang paling sesuai untuk Anda yang ngin membuat website maupun blog untuk tampilan portofolio sebab data yang terdapat di dalamnya tidak terlal besar. Harga hosting ini lebih terjangkau menginat servernya terbagi untuk banyak situs berbeda.

Apa Itu Niagahoster?

Niagahoster adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang penyedia server hosting dan domain yang mulai beroperasi pada tahun 2014, hingga saat ini niagahoster masih konsisten memberikan layanan terbaik yakni hosting murah 2021.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa Hosting

Menentukan paket sewa hosting murah itu bisa sangat menjebak atau “tricky” karena bisa saja Anda tidak akan memperoleh fasilitas yang diinginkan namun sayangnya sudah terikat kontrak untuk menggunakan layanan itu setidaknya untuk satu bulan. Guna mencegah hasil yang tidak diinginkan, maka terdapat beberapa hal yang harus dicek lebih dulu sehingga Anda bisa mendapatkan paket hosting dengan harga sesuai namun fiturnya lengkap antara lain:

  • Menentukan lokasi server

Ketika membuat toko offline, maka Anda pasti akan menentukan lokasi yang strategis sehingga mudah ditemukan oleh target pelanggan. Server pun terdiri dari berbagai lokasi yang tersebar di seluruh dunia seperti Amerika Serikat, Hongkong, Australia maupun Singapura.

Bila website yang Anda miliki hanya akan menggunakan bahasa Indonesia sebagai kontennya dan target pengunjung adalah masyarakat lokal dalam negeri, ada baiknya memilih server yang lokasinya dekat pula seperti Indonesia saja. Dengan memilih layanan hosting yang memberikan penawaran lokasi data center atau server yang dekat, maka Anda pun akan memperoleh kecepatan akses yang lebih cepat pula sekaligus cukup mudah untuk melakukan komplain bila website mengalami masalah.

  • Pahami Script yang Mendukung Website

Ketika memilih paket hosting yang terjangkau, maka pastikan jika hosting yang dipilih telah sesuai dengan script atau bahasa pemrograman yang digunakan oleh website Anda. Namun, bila kebutuhannya hanya demi membangun website pribadi dengan basis CMS WordPress, maka Anda tidak perlu khawatir sebab hampir seluruh web hosting telah mendukung script itu.

  • Mempertimbangkan potensi traffic

Perhatikan pula potensi traffic yang terjadi pada website Anda. Website yang mempunyai potensi traffic yang lebih besar dibandingkan dengan situs yang trafficnya normal atau tidak banyak pengunjung tentu akan membutuhkan jenis web hosting yang beda. Bila traffic dari situs Anda masih belum terlalu besar, maka cobalah memilih shared hosting dulu dan jika sudah banyak pengunjung atau trafficnya besar, maka Anda bisa menggantinya begitu Anda sudah menyelesaikan sewa hosting sebelumnya.

  • Mempunyai tutorial lengkap

Dari beragam penyedia layanan web hosting terkenal dan memiliki reputasi baik, pastilah Anda akan menemukan pengetahuan dasar atau knowledgebase yang lengkap guna memenuhi kebutuhan para pemula di bidang ini khusus untuk mereka yang masih belum cukup memahami dasar dari penggunaan domain, hosting dan sebagainya.

Web hosting provider yang demikian biasanya dikenal sangat perhatian dan menjaga kepuasan para konsumen atau penggunanya.

  • Performa uptime setidaknya 99.90%

Sangat disarankan kepada para pengguna untuk memilih hosting yang terbukti mampu menjaga performa server tetap stabil secara online setidaknya dalam persentase 99.90% per bulan. Kebanyakan penyedia layanan web hosting yang terbaik di dalam negeri akan memberikan garansi uptime sebesar 99.90%.

Namun Anda juga harus menyadari bahwa sebenarnya uptime dengan persentase itu menandakan jika pengguna akan mengalami offline setidaknya 10 menit saja setiap minggunya.

Dengan mengetahui jenis dari web hosting sekaligus menerapkan cara untuk mengetahui web hosting terbaik sebelum melakukan sewa hosting murah pilihan Anda, maka para pengguna akan mendapatkan fasilitas terbaik sesuai kebutuhan website tanpa harus mengeluarkan biaya mahal setiap bulan tanpa hasil yang menguntungkan karena rata-rata tujuan para users membuat website adalah untuk mendapatkan penghasilan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Mau Sewa Hosting Murah? Perhatikan Hal Berikut Ini