Mau Optimasi Instagram? Baca Ini Dulu

Dalam beberapa tahun terakhir, Instagram menjadi begitu populer. Hal ini membuat Instagram bukan hanya sebagai tempat sosialisasi, melainkan juga sebagai tempat berbisnis. Seperti halnya website, Instagram juga bisa dioptimasi. Berikut ini ulasan selengkapnya mengenai optimasi Instagram.

Optimasi Instagram

Hal yang Perlu Diketahui Terkait Optimasi Instagram

Untuk melakukan optimasi Instagram, Anda perlu mengetahui beberpa aspek penting untuk membangun profil Instagram Anda. Hal tersebut diperlukan untuk melakukan optimasi maksimal secara keseluruhan. Beberapa hal penting tersebut, antara lain:

1. Kesesuaian Nama Akun dan Username

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan saat akan melakukan optimasi adalah menyesuaikan nama akun serta username Instagram. Terlebih jika akun itu untuk bisnis, ketidaksesuaian nama akun dengan username akan membuat akun dinilai jelek oleh algoritma Instagram.

Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan nama asli Anda dengan tambahan keyword atau niche yang cocok dengan bidang Anda. Beberapa niche yang paling terkenal di Instagram adalah kuliner, fashion, travel, make up, dan fotografi.

Secara lebih rinci, di bawah ini ada beberapa kombinasi yang bisa digunakan.

  • Menyertakan nama dan domain bisnis, misalnya Abdurresellerindo.
  • Menggabungkan nama dan niche, misalnya Devawriter.
  • Mengombinasikan nama dan kota / region Anda. Contoh: Devamalang; Abdurindo; dll.

2. Foto profil yang relevan

Bagaimanapun, foto profil menjadi sebuah representasi diri Anda. Meski ukurannya kecil, foto profil yang relevan dengan fokus Anda akan lebih menarik pengguna lain untuk mengecek akun Anda.

Secara garis besar, terdapat dua pilihan untuk foto profil, yakni foto personal dan logo. Foto personal cocok digunakan kalau tujuan Anda ingin menjadi seorang influencer. Usahakan foto itu diambil dari sudut yang tepat, sehingga tampak menarik.

Kalau akun Instagram Anda untuk berjualan, Anda juga bisa memasang logo yang sekalian bisa untuk branding. Pembuatan logo ini tidak mudah, karena perlu memperhatikan komposisi, seperti warna, gambar, space, hingga filosofi logo. Kalau Anda tidak memiliki keahlian di bidang desain grafis, Anda bisa mempercayakan pembuatan logo ini pada ahlinya.

3. Bio profil menggunakan keywords

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat akan optimasi Instagram adalah bio. Orang yang berkunjung ke akun Anda pasti akan mengecek dulu bagaimana bio profil Anda. Anda bisa mencantumkan tentang apa bidang yang Anda tekuni. Tapi kalau Anda sudah memakai niche di username maupun nama akun, Anda bisa memberi deskripsi singkat dari niche itu di Bio.

Kabar baiknya, sekarang Anda bahkan bisa menambahkan hashtag maupun link di bio Instagram. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh dua keuntungan. Keuntungan pertama, user Instagram dapat lebih mudah menemukan Anda dari hashtag tersebut. Keuntungan kedua, Anda bisa langsung mengarahkan user lain ke website Anda.

4. Memasang CTA dan teks alt Instagram

Untuk semakin mengoptimalkan akun Instagram Anda, Anda juga bisa memasang CTA. CTA ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan traffic blog. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah memasang alamat blog Anda di bio Instagram ya.

Tidak cukup sampai di situ, Instagram saat ini juga sudah dibekali fitur untuk menambahkan alt text pada gambar. Kegunaan alt text ini untuk membantu mendeskripsikan konten yang Anda unggah dengan tepat sehingga algoritma Instagram mudah untuk memahaminya. Ketika Anda menggunakan alt text itu, konten yang Anda unggah akan mudah ditemukan di Instagram dan Google.

5. Melakukan upgrade ke akun bisnis

Supaya akun Instagram Anda tampak lebih terpercaya, Anda bisa meng-upgrade-nya menjadi akun bisnis. Dengan melakukan upgrade, statistik akun yang Anda kelola dapat dengan mudah diketahui. Jadi Anda bisa memilah konten yang efektif dengan yang tidak, sehingga bisa mengelola konten dengan lebih maksimal.

6. Mengunggah konten berkualitas

Setelah Anda membaca semua hal terkait optimasi Instagram di atas, Anda tentu tidak boleh melupakan poin ini; konten. Untuk membuat konten berkualitas, Anda perlu menghindari beberapa hal, seperti konten asal, repost, dan manajemen konten buruk.

Sebelum mengunggah konten, pastikan foto yang Anda unggah tidak berantakan. Oleh karena itu, Anda bisa membekali diri dengan ilmu fotografi dan editing. Supaya feed Instagram Anda rapi, Anda dapat mengatur supaya Instagram menampilkan format 3 kolom untuk daftar gambar.

Berbagai Tools yang Bermanfaat untuk Optimasi Instagram

Berikut ada beberapa tools yang bisa membantu Anda untuk melakukan proses optimasi pada Instagram.

  • Later.com

Tools ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatur jadwal unggah di Instagram dan media sosial lain, seperti Facebook dan Twitter. Namun untuk menggunakan tools ini, akun Instagram Anda harus sudah di-upgrade ke akun bisnis. Later.com dapat digunakan secara gratis, namun Anda tidak perlu khawatir karena Later.com merupakan partner resmi Instagram.

  • All-Hashtag

Sesuai namanya, tools ini bermanfaat untuk menyematkan hashtag di unggahan Anda supaya pengguna lain mudah menemukannya. Karena mencari hashtag yang populer di Instagram tidak mudah, maka pekerjaan itu dapat dibantu oleh All-Hashtag. Tools ini juga bisa diperoleh secara gratis.

  • Schedugram

Schedugram memiliki fitur seperti Later.com, yakni untuk mengatur jadwal mengunggah ke Instagram. Dengan fiturnya tersebut, tools ini cocok untuk Anda yang baru memulai usaha, dan belum memiliki admin untuk meng-handle Instagram Anda. Jadi Anda bisa lebih fokus pada pesanan dari pelanggan, namun tetap sempat mengunggah produk terbaru.

  • Socialblade

Tools berikutnya yang bisa membantu Anda untuk optimasi Instagram adalah Socialblade. Tools ini terbilang istimewa karena bisa melihat perkembangan kompetitor. Alat ini memungkinkan Anda menganalisis konten dan statistik dari suatu akun Instagram. Penggunaannya pun tidak sulit, Anda hanya cukup menuliskan username akun yang ingin Anda cek. Tidak perlu khawatir, tools ini dapat diperoleh secara gratis.

Setelah memasukkan username itu ke alat ini, akan muncul data-data, seperti jumlah pengikut, konten, serta rata-rata jumlah likes dan komentar. Anda juga bisa melihat engagement rate dari akun tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengecek tren yang saat itu tengah terjadi di Instagram. Dengan bantuan tools ini, Anda bisa menyusun sebuah marketing plan melalui akun Instagram Anda.

  • Iconosquare

Tools ini bisa membantu Anda yang baru merintis bisnis online dan skalanya masih kecil. Tidak berbeda jauh dengan tools sebelumnya, Iconosquare menyediakan fitur pencarian user, analisis hashtag, hingga menanggapi komentar dari pengguna lain. Selain itu, Anda bisa menggunakan tools ini untuk menganalisis akun Instagram Anda.

Iconosquare sudah cukup populer dan penggunanya pun banyak dari kalangan terkenal. Beberapa selebritis dan musisi ternama di Amerika Serikat juga menggunakan tools ini. Kelebihan lainnya adalah tools ini sudah mendukung penggunaan lebih dari 20 bahasa. Dengan demikian, bisa saja pengguna Instagram dari negara lain menghubungi akun Anda.

Setelah melakukan semua hal untuk optimasi Instagram itu, hal penting lainnya adalah konsisten. Untuk tetap konsisten membangun akun Anda, dibutuhkan kreasi dan inovasi. Untuk melakukan inovasi itu, Anda bisa memanfaatkan tools di atas.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar