Mau Mendapatkan SSL Gratis? Ketahui Caranya di Sini

Mau Mendapatkan SSL Gratis? Ketahui Caranya di Sini

Keamanan koneksi internet menjadi salah satu hal yang tidak bisa diabaikan dan dianggap enteng. Untuk menjamin keamanan antara website dan browser ini, Anda bisa menggunakan SSL. SSL menerapkan enkripsi pada komunikasi antara situs web dan browser yang digunakan untuk mengaksesnya. SSL bisa diperoleh secara gratis, namun ada juga yang berbayar. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai SSL gratis dan cara untuk mendapatkannya.

Mengenal SSL/TLS

SSL atau Secure Sockets Layer merupakan protokol keamanan digital yang dibuat dengan tujuan melindungi data orang-orang yang mengakses internet. Fungsi utama SSL adalah untuk mengamankan data pribadi pengguna internet dari pelaku cyber crime. Untuk Anda yang mempunyai situs web, Anda harus memasang SSL pada situs untuk menjamin keamanannya. Website yang mempunyai SSL biasanya mempunyai simbol gembok hijau di kolom URL dan alamatnya berupa HTTPS.

SSL bekerja dengan memasangkan kunci kriptografi ke informasi website yang akan diidentifikasi untuk melakukan enkripsi data selama proses transfer. Dengan demikian, keamanan akan terjamin sehingga tidak ada pihak luar yang bisa masuk untuk mencuri informasi sensitif.

Selain private key dan public key, ada juga session key yang selalu berbeda untuk setiap sesi aman. Selama koneksi awal, session key dibuat dari public dan private key, kemudian melakukan enkripsi dan dekripsi data. Penggunaan session key hanya dilakukan dalam beberapa waktu dan akan tetap valid di sesi tersebut.

Kalau Anda mempunyai situs web, sebaiknya segera memasang SSL untuk menjamin keamanan data di situs Anda maupun pengunjung. Berikut fungsi SSL untuk situs web yang Anda kelola.

  • Website menjadi lebih profesional, kredibel, dan relatif aman terhadap pencurian data.
  • Melindungi berbagai data penting dari penyusup atau pihak yang akan menyalahgunakan data tersebut.
  • Meningkatkan optimasi SEO situs web karena Google lebih mengutamakan website yang sudah memasang SSL.
  • Melakukan transaksi di internet, terutama transaksi yang menggunakan kartu kredit. Jika tidak memasang sertifikat SSL untuk keperluan transaksi, Anda bisa dikenakan denda $5.000 sampai $500.000 kalau terjadi kebocoran data.

Cara untuk Memperoleh SSL Gratis

Saat ini sudah ada cukup banyak layanan penyedia SSL gratis yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan keamanan situs web. Kalau Anda menggunakan web hosting, biasanya sudah tersedia layanan SSL gratis untuk penggunanya. Berikut ini beberapa penyedia SSL yang bisa Anda akses tanpa biaya, alias gratis.

Let’s Encrypt

Let’s Encrypt yang dikembangkan sejak tahun 2016 ini baru saja merilis versi baru dan menghilangkan versi beta. Memang sudah dikenal luas sebagal layanan penyedia sertifikat SSL gratis, dengan tujuan memberikan keamanan untuk semua pengguna internet.

Sertifikat gratis itu berlaku untuk 3 bulan dengan sistem pembaruan secara otomatis. Adanya fitur auto renew membantu pemilik website untuk tidak memperbarui sertifikat selama berulang kali secara manual.

Secara umum, layanan ini terbilang cukup memuaskan, tetapi masih ada browser lama yang belum mendukung layanan SSL ini. Namun tidak perlu khawatir karena Let’s Encrypt sudah kompatibel dengan berbagai browser baru.

Tidak sulit untuk memperolehnya, Anda cukup berlangganan dengan penyedia hosting tertentu yang menyediakan free SSL dan Anda sudah bisa menggunakan layanan SSL Let’s Encrypt. Kalau Anda menggunakan VPS, sertifikat ini bisa diperoleh melalui instalasi Certbot. Certbot sendiri dikembangkan oleh EFF yang merupakan salah satu klien dari Let’s Encrypt.

CloudFlare

Selanjutnya ada CloudFlare yang menjadi salah satu solusi untuk memasangkan SSL gratis pada situs web Anda. Penggunaan CloudFlare juga sangat mudah. Anda tinggal mengunjungi situs CloudFlare kemudian melakukan registrasi dan menambahkan alamat situs Anda ke situ. Setelah itu, Anda perlu mengganti nameserver domain dengan nameserver yang telah tersedia.

Setelah melakukan proses itu, jangan lupa redirecting pengunjung dari HTTP ke HTTPS, kemudian mengganti url alamat lama. Kalau semua prosesnya sudah selesai, kamu bisa menggunakan layanan SSL gratis yang disediakan oleh CloudFlare.

cPanel

cPanel merupakan salah satu managemen sistem yang bisa digunakan untuk membuat situs web. Kalau Anda menggunakan layanan ini, biasanya Anda juga sudah memperoleh layanan SSL gratis. SSL gratis itu diperoleh cPanel melalui kerjasamanya dengan pihak lain, sehingg Anda tidak perlu membeli sertifikat SSL lagi. Certificat Authority (CA) yang digunakan berbeda-beda, tergantung layanan cPanel yang Anda pakai. Ada yang menggunakan Comodo, autoSSL, atau Let’s Encrypt.

Comodo, gratis untuk 90 hari

Kalau Anda mencari penyedia layanan SSL gratis yang sudah terkenal, Comodo menjadi jawabannya. Layanan sudah banyak digunakan oleh pemilik situs web dari seluruh dunia. Sayangnya, layanan SSL gratis dari Comodo tidak bisa digunakan seterusnya, melainkan hanya untuk 90 hari percobaan. Kalau Anda merasa puas dengan layanan tersebut, Anda perlu membayar untuk perpanjangan layanannya.

Meski gratis, fitur dari versi trial gratis dari Comodo hampir sama dengan layanan berbayar. Layanan trial selama 90 hari ini memberi keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah pengujian sertifikat keamanan SSL pada website baru dengan 1028 bit signature dan 256 enkripsi.

Get HTTPS for free

Anda butuh layanan SSL gratis selain Let’s Encrypt? Anda bisa mencoba Get HTTPS for Free. Banyak yang menganggap bahwa penggunaan Get HTTPS for Free justru lebih mudah dibandingkan dengan Let’s Encrypt. Dahulu layanan ini menjadi favorit banyak orang karena berbagai banyak fitur otomatis yang memudahkan pengguna. Namun sekarang banyak yang tidak menggunakan Get HTTPS for Free karena alasan yang belum jelas.

SSL for free

Selanjutnya ada SSL for Free yang menggunakan certificate authority dari Let’s Encrypt. Kalau Anda menggunakan SSL For Free, Anda bisa menggunakan semua fitur sertifikat yang tersedia secara gratis tanpa batas waktu. Cara memperolehnya juga sangat muda. Cukup masukkan nama domain yang Anda gunakan, kemudian lakukan validasi melalui DNS record.

SSL for Free menggunakan ACME dari Let’s Encrypt yang bisa diakses secara gratis. Jadi tidak perlu memikirkan biaya tambahan untuk menggunakan layanan ini. Kerennya lagi, Anda bisa menggunakan sertifikat SSL ini untuk domain utama maupun subdomain. Kalau Anda mau mencoba SSL gratis SSL for Free ini bisa menjadi salah satu alternatifnya.

PenyediaPromoRating
NiagahosterDomain GRATIS Mei 2022★★★★★
IdcloudhostHosting lengkap hemat 60%★★★★☆
Jagoan HostingTebus hosting murah cuma Rp. 10k★★★☆☆
Biznet GIOLayanan hosting kelas atas dengan biaya rendah★★☆☆☆
DomainesiaDiskon hosting 30% SELAMANYA★☆☆☆☆
QwordsFlash Sale Mei 2022 domain murah☆☆☆☆☆
RumahwebDomain .ID super murah☆☆☆☆☆

Layanan yang Menyediakan Web Hosting

Untuk Anda yang menggunakan layanan yang menyediakan jasa web hosting, biasanya sudah mendapat layanan SSL sekaligus. Namun sayangnya tidak semua penyedia jasa web hosting menyediakan SSL secara gratis, ada juga yang meminta biaya tambahan lagi. Jadi pastikan Anda mengeceknya dulu sebelum berlangganan dengan penyedia jasa web hosting ya.

Membangun website yang aman memang membutuhkan biaya, namun bukan berarti Anda tidak bisa mengamankan website Anda dengan biaya yang minim. Kalau budget Anda terbatas, penyedia layanan SSL gratis diatas bisa Anda manfaatkan untuk mengamankan situs dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain mengamankan situs Anda, penggunaan SSL juga bagus untuk optimasi website sehingga bisa berada di peringkat atas mesin pencari.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Mau Mendapatkan SSL Gratis? Ketahui Caranya di Sini