Matikan Pengindeksan Windows untuk Performa Lebih Baik

Matikan Pengindeksan Windows untuk Performa Lebih Baik

Jika kamu mematikan fitur pengindeksan Windows pada hard drive, kamu bisa mendapatkan kinerja yang lebih baik pada Windows 10. Pertama mari kita lihat mengapa kamu mungkin ingin melakukan ini. Setelah itu, kami akan menjelaskan cara melakukannya.

Terkadang kamu mungkin tidak ingin menonaktifkan pengindeksan pencarian Windows. Tergantung pada perangkat keras apa yang digunakan. Di bawah ini adalah beberapa contoh utama kapan harus menonaktifkannya atau tidak. Juga, mari kita singkirkan mitos singkat. Pengindeksan pencarian Windows masih digunakan di Windows 10 dan bekerja dengan cara yang hampir sama dengan Windows versi lama. Dengan mengingat hal itu, inilah yang kami sarankan:

  • CPU bagus dan hard drive standar = Tetap aktifkan indeks
  • CPU lambat dan semua hard drive = Nonaktifkan Pengindeksan Windows
  • Setiap CPU dengan SSD = Nonaktifkan Pengindeksan Windows

Pengindeksan Windows

Jika kamu memiliki hard drive yang lambat dan CPU yang bagus, akan lebih masuk akal untuk tetap mengaktifkan pengindeksan pencarian. Tetapi jika sebaliknya lebih baik untuk mematikannya. Ini terutama berlaku bagi mereka yang memiliki SSD karena mereka dapat membaca file dengan sangat cepat.

Bagi yang penasaran, pengindeksan pencarian tidak merusak komputer dengan cara apa pun. Dengan dihidupkan, semua pencarian diindeks sehingga pencarian lebih cepat. Namun, pengindeks pencarian menggunakan CPU dan RAM, jadi dengan itu dimatikan, kamu akan menghemat sumber daya tersebut.

Nonaktifkan Pengindeksan Windows Sepenuhnya

Jika ingin menonaktifkan pencarian indeks pada Windows 10 sepenuhnya, kamu harus menggunakan metode ini. Metode yang lain mungkin dapat menghentikan pengindeksan pencarian untuk file dan folder tertentu, tetapi layanan indeks pencarian masih berjalan.

Opsi ini hanya disarankan jika pencarian Windows tidak berfungsi, atau CPU benar-benar lambat dan mengalami masalah kinerja. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan pencarian Windows.

  • Kamu bisa mulai dengan menekan Windows Key + R , mengetik services.msc dan mengklik OK.
  • Cari Windows Search dalam daftar layanan. Untuk lebih mudah, klik tombol Name dua kali untuk mengatur secara alfabet dari ZA. Klik dua kali Windows Search ketika kamu menemukannya.
  • Di tab baru yang terbuka, klik Berhenti untuk menghentikan layanan pengindeksan Pencarian Windows, dan kemudian klik kotak dropdown tipe Startup. Di daftar yang muncul, pilih Dinonaktifkan. Setelah itu, klik Terapkan.
  • Sekarang kamu dapat me-restart PC  dan pengindeksan Pencarian Windows akan dinonaktifkan sepenuhnya.

Jika melihat ada masalah dengan kinerja pencarian, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengaktifkannya kembali.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Matikan Pengindeksan Windows untuk Performa Lebih Baik