Masalah Privacy, Facebook Didakwa Illinois Biometric

Di AS, seorang hakim di pengadilan federal California telah menyetujui kesepakatan dengan Facebook. Karena melanggar Undang-Undang Privasi Informasi Illinois Biometric, Facebook akan membayar sekitar 1,6 juta pengguna dengan kompensasi masing-masing sekitar $ 340. Kasus ini cukup mencuat dari beberapa tahun yang lalu, dan sekarang kembali lagi menjadi buah bibir.

Penyebab aksinya, awalnya dibawa oleh tiga orang dari Illinois. Mereka menemukan pengumpulan data pengenalan wajah tanpa izin dari para pengguna. Fitur Tag Suggestions Facebook bekerja dengan menggunakan pengenalan wajah otomatis. Cara kerjanya ini akan secara otomatis menandai orang-orang tertentu yang kemungkinan besar adalah orang lain yang digambarkan di setiap foto.

acebook Didakwa Illinois Biometric

Illinois Biometric Didasari dari Protes Pengguna

Ternyata apa yang dilakukan ini tidak mendapat persetujuan dari sebagian besar pengguna dan mereka melakukan gugatan. Masalah kian tambah rumit, setelah banyak orang yang melaporkan ini ke pihak berwenang. Gugatan yang diajukan kemudian diubah menjadi class action dan dipindahkan ke pengadilan federal di California.

The Illinois Biometric Informasi Privacy Act dianggap hukum privasi ketat di Amerika Serikat. Ini mengatur status khusus informasi biometrik. Selain pernyataan persetujuan yang diwajibkan secara eksplisit, perlindungan khusus yang harus diberikan oleh lembaga dan perusahaan yang mengumpulkan data biometrik juga diatur.

Menurut undang-undang, data ini mencakup sidik jari, data pengenalan suara, pemindaian retina dan iris mata, serta data di tangan dan geometri wajah. Yang terakhir mencakup data yang dikumpulkan dan digunakan oleh Facebook tanpa diminta. Secara total, sekitar tujuh juta penduduk dikatakan terpengaruh oleh pengumpulan data tersebut.

Gugatan class action diikuti oleh total sekitar 1,6 juta dari mereka yang terkena dampak. Undang-undang yang relevan memberikan kompensasi hingga $ 1.000 dalam kasus pelanggaran yang tidak disengaja dan hingga $ 5.000 dalam kasus pelanggaran yang disengaja. Jika kasus itu disidangkan tanpa kesepakatan sebelumnya dan Facebook akhirnya dihukum, hasilnya akan mencapai 35 miliar dolar AS.

Jadi dengan masalah Illinois Biometric ini, Facebook mau tidak mau harus membayar denda yang begitu besar. Biar lebih jelas, kita tunggu saja kelanjutan kasus ini lewat media-media Internasional.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar