Manfaat Wire Transfer dan Cara Menggunakannya

Manfaat Wire Transfer dan Cara Menggunakannya

Apakah Anda masih ingat bagaimana sulitnya zaman dulu mengirim atau menerima uang dari luar negeri? Yah, untuk melakukan transaksi keuangan antar negara yang paling sering digunakan ialah dengan menggunakan jasa dari Western Union. Namun seiring berkembangnya era teknologi dan munculnya istilah wire transfer, kini aktivitas tersebut menjadi lebih mudah dan cepat.

Dengan adanya wire transfer ini mulai banyak orang yang merasakan manfaatnya, terutama bagi tenaga kerja Indonesia yang berada di luar negeri dan para pelaku bisnis online yang tarjet penjualannya hingga ke manca negara. Namun, tahukah Anda apa itu wire transfer dan bagaimana cara kerjanya? Nah, di artikel ini kita akan membahas hal tersebut, termasuk bagaimana cara memanfaatkan wire transfer.

wire transfer

Apa itu Wire Transfer?

Jika diartikan secara sederhana wire transfer adalah sebuah transaksi keuangan berupa trasfer sejumlah uang dari rekening suatu Bank ke rekening Bank negara lain termasuk Indonesia, yang tentunya masing-masing negara memiliki mata uang yang berbeda. Mekanisme terkait transfer uang antar negara inilah yang kemudian disebut dengan wire transfer.

Memudahkan proses pengiriman uang dari luar negeri ke dalam negeri ialah tujuan dari wire transfer. Selain mempermudah transaksi jual beli bagi pelaku bisnis online, wire transfer juga digunakan oleh perusahaan broker forex untuk melakukan deposit dan withdraw. Maka bukan sekedar mempermudah, wire transfer juga mempercepat proses tersebut.

Cara Memanfaatkan Wire Transfer

Kini Anda mungkin sudah tahu apa itu wire transfer dan fungsinya. Nah, kemudian jika suatu saat ingin mengirim atau menerima uang dari luar negeri, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Diantaranya ialah Anda harus mengetahui 5 poin seperti di bawah ini:

Hal yang harus Anda ketahui

  1. Asal negara dan nama lengkap calon penerima.
  2. Nomor rekening dan nama bank yang digunakan.
  3. Nomor telepon yang masih aktif.
  4. Kurs yang berlaku saat itu.
  5. Cari tahu kode SWIFT bank tujuan.

Jika semua data di atas sudah lengkap, silahkan Anda bisa melanjutkan proses wire transfer dengan cara pergi ke bank kemudian lakukan beberapa langkah seperti berikut ini. Dan jangan lupa, Anda juga harus membawa buku tabungan beserta kartu identitas berupa KTP.

Proses wire transfer

  1. Lengkapai pengisian slip trasfer antar bank dengan benar, jika masih ragu Anda bisa meminta bantuan satpam atau CS.
  2. Simpan salinan slip transfer sebagai tanda bukti, barangkali ini akan dibutuhkan nantinya.
  3. Meminta kepada penerima agar mengonfirmasi jika uang sudah diterima.
  4. Jika selama satu minggu dana belum terkonfirmasi, Anda bisa menanyakan ke pihak bank.

Melakukan proses pengiriman uang ke luar negeri saat ini jauh lebih mudah bukan? Anda juga tidak perlu khawatir jika ternyata uang yang dikirim tidak masuk ke rekening tujuan, sebab jika terjadi hal tersebut maka secara otomatis uang akan kembali masuk ke nomor rekening pengirim.

Itulah mengapa kemudian penting bagi Anda membawa buku tabungan saat ingin melakukan wire transfer. Meskipun sebetulnya proses wire transfer juga bisa dilakukan tanpa menggunakan buku tabungan atau nomor rekening, namun agar lebih mudah dalam mencatat identitas dan pengembalian dana.

Dari sekian persyaratan yang harus Anda ketahui mulai dari nomor rekening tujuan hingga kurs mata uang mungkin mudah untuk diketahui, begitu juga dengan tahapan yang harus Anda lakukan untuk melakukan wire transfer. Yang menjadi permasalahan ialah tidak banyak orang tahu tentang apa itu kode SWIFT.

Meskipun kemungkinan bisa meminta bantuan ke CS terkait kode SWIFT, tapi tak ada salahnya juga jika Anda sebaiknya mencari tahu sendiri terlebih dahulu apa itu kode SWIFT, dan bagaimana cara menemukan kode SWIFT lembaga keuangan yang akan digunakan untuk proses wire transfer.

Cara Mengetahui Kode SWIFT

Setiap bank di seluruh dunia memiliki kode SWIFT yang berbeda-beda, tujuannya ialah sebagai kode penukaran data. Society for Worlwide Interbank Financial Telecommunication atau yang lebih sering disebut dengan kode SWIFT digunakan agar privasi kedua rekening bank baik penerima maupun pengirim lebih terjaga keamannya.

Untuk kode SWIFT yang dimaksud Anda bisa mencari tahu melaui internet, misalnya yakni dengan membuka browser Google dan melakukan pencarian dengan kata kunci “kode SWIFT bank BRI”. Beberapa contoh kode SWIFT bank yang berada di Indonesia ialah seperti BRINIDJA untuk BRI dan BMRIIDJA bank Mandiri.

Tanpa menyertaakan kode SWIFT pada nomor rekening penerima yang berada di luar negeri kemungkinan besar proses pengiriman uang akan gagal. Itulah mengapa kode SWIFT sangat penting untuk Anda ketahui sebelum melakukan wire transfer.

Cara Lain Mengirim atau Menerima Uang Dari Luar Negeri

Selain menggunakan cara yang telah dijelaskan seperti di atas, Anda juga bisa menerima uang dari luar negeri atau mengirim uang ke luar negeri dengan cara lain. Apa lagi jika Anda sudah mengetahui kode SWIFT bank tujuan, transaksi keuangan bisa dilakukan hanya menggunakan ponsel dan tanpa harus mengantri di bank. Adapun pilihan lain untuk melakukan transaksi keuangan antar negara ialah seperti berikut.

  • Menggunakan aplikasi mobil banking

Cara paling mudah melakukan transaksi antar negara ialah dengan memanfaatkan aplikasi mobil banking. Sangat cocok bagi Anda yang fokus bergelut di dunia internet marketing. Selain mudah, tentunya menjadikan proses transaksi semakin praktis. Jika belum memiliki aplikasi mobil banking, silahkan bisa meminta bantuan ke pihak bank terkait terlebih dulu.

Syarat utama sebelum melakukan proses transfer uang ke rekening luar negeri, cari tahu terlebih dahulu kode SWIFT bank tujuan dan pastikan kebenarannya. Kemudian gabungkan kode SWIFT tersebut di bagian depan sebelum nomor rekening calon penerima uang.

  • Paypal

Bagi Anda yang sudah lama mencari penghasilan secara online mungkin tidak asing lagi dengan sistem pembayaran digital yang satu ini, bahkan sudah sering menggunakannya. Sejauh ini Paypal memang sangat populer untuk menerima pembayaran dari luar negeri.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa transaksi keuangan Paypal memang menerapkan biaya di beberapa kategori. Namun jika sekedar untuk transaksi secara personal Anda masih bisa menikmati fitur ini secara gratis.

Dengan menggunakan Paypal Anda akan lebih mudah melakukan pembelian produk di toko online atau marketplace luar negeri. Selain itu, Paypal juga sering kali digunkan oleh para pelaku desain grafis yang memasarkan produk kreatifinya di situs freelance seperti Fiverr dan Pixabay.

  • Western Union

Bagi para bloger dan youtuber era tahun 2014 mungkin tak bisa melupakan jasa pengiriman uang yang satu ini. Dulu, Wetern Union ialah satu-satunya metode pembayaran dari Google Adsense untuk para bloger maupun youtuber di Indonesia. Selain menerima uang dari luar negeri, Anda juga bisa memanfaatkan Western Union untuk mengirim uang ke negara lain.

Mengirim atau menerima uang melalui jasa yang satu ini bisa dengan cara datang langsung ke kantor Western Union atau di kantor POS dan Pegadaian. Untuk biaya transfer di tentukan berdasarkan nominal uang yang dikirim, semakin banyak jumlahnya maka semakin besar juga biaya jasanya.

Itulah ulasan tentang wire transfer dan beberapa metode pengiriman uang keluar negeri yang bisa Anda coba.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Manfaat Wire Transfer dan Cara Menggunakannya