Macam-macam Asuransi dan Elemen Penting di Dalamnya

Macam-macam Asuransi dan Elemen Penting di Dalamnya

Salah satu jenis perencanaan keuangan dalam keluarga yang bagus ialah dengan memiliki asuransi. Diketahui bahwa banyak orang yang memutuskan untuk ikut memiliki asuransi yakni untuk membantu meminimalkan resiko finansial yang bisa terjadi saat ada kejadian yang tak terduga. Untuk itu sangat penting agar bisa mengetahui apa saja macam-macam asuransi yang tersedia di Indonesia.

Macam-macam Asuransi yang Ada di Indonesia

Menurut lembaga Otoritas Jasa Keuangan yang berperan langsung dalam asuransi, pengertian dari asuransi merupakan sebuah perjanjian yang dilakukan antara pihak perusahaan asuransi dengan pihak pemegang polis selaku tertanggung dalam jaminan asuransi.

Di bawah ini adalah beberapa macam-macam asuransi yang tersedia di Indonesia.

1. Asuransi umum

Merupakan jenis asuransi yang memberikan perlindungan pada resiko terhadap kerugian serta kehilangan yang dialami oleh pemegang polis asuransi. Diantara jenis asuransi yang bersifat umum adalah Asuransi Kendaraan Bermotor yang secara umum, asuransi untuk perlindungan terhadap kendaraan bermotor memiliki sifat jangka pendek.

2. Asuransi pendidikan

Kemudian macam asuransi yang berikutnya ialah asuransi pendidikan. Dalam hal ini pihak pemegang polis yakni orang tua yang mengambil asuransi atas nama anak untuk jaminan pendidikan yang akan diberikan. Dimana perlindungan terhadap jaminan pada anak akan mendapatkan pendidikan sesuai dengan manfaat pertanggungan asuransi untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu pada orang tua sehingga tak mampu untuk membiayai pendidikan anak selanjutnya.

3. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa sendiri diambil oleh seseorang dimana jika terjadi kematian pada dirinya, maka ahli waris dari pemegang polis berhak untuk menerima uang pertanggungan dari perusahaan asuransi jiwa. Tentunya dalam macam-macam asuransi di Indonesia ini ada banyak syarat dan ketentuan yang berlaku sehingga tidak serta merta berlaku begitu saja.

4. Asuransi kesehatan

Jenis asuransi yang ke empat adalah jaminan perlindungan terhadap seseorang dari resiko finansial akibat kecelakaan, sakit atau kematian secara mendadak. Umumnya jenis asuransi ini akan diambil oleh karyawan atau pegawai untuk memberikan jaminan perlindungan kecelakaan kerja yang bisa terjadi khususnya untuk jenis pekerjaan yang beresiko tinggi.

Elemen Penting yang Harus Ada dalam Asuransi

Tidak hanya cukup mengetahui apa saja macam atau jenis asuransi, sebagai pengetahuan Anda juga harus memahami elemen penting yang ada didalam asuransi. Diantara elemen penting tersebut ialah sebagai berikut ini.

Polis asuransi

Elemen penting pertama dari jaminan perlindungan asuransi adalah adanya polis asuransi. Yaitu sebuah dokumen resmi yang legal menjadi dasar dari sebuah hukum yang mengatur hubungan kerja sama yang terjadi antara pihak perusahaan asuransi dengan pihak pemegang polis selaku tertanggung.

Polis harus dibuat sesuai dengan kesepakatan yang dipilih dan dibuat secara tertulis yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak. Dan polis nantinya akan berlaku sebagai dasar acuan untuk menanggung biaya untuk ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan yang terjadi pada barang yang diasuransikan.

Premi asuransi

Dalam prosedur asuransi terdapat premi yang harus dibayarkan oleh pihak pemegang polis pada pihak perusahaan asuransi dengan tujuan untuk jasa pengalihan resiko. Besaran premi bervariasi sesuai dengan manfaat yang diambil oleh pemegang polis. Dan premi biasanya bisa dibayarkan setiap bulan, setiap 3 bulan, 6 bulan hingga setiap tahun sesuai dengan kesepakatan yang dibuat dengan pemegang polis.

Klaim asuransi

Dan elemen penting yang terakhir ialah klaim asuransi yang akan menjadi sebuah permohonan yang bersifat resmi dari pemegang polis pada perusahaan asuransi. Klaim biasanya dilakukan untuk menuntut ganti rugi pembayaran jika terjadi kerusakan atau kehilangan sesuai dengan ketentuan polis yang berlaku.

Namun sebelum hal itu dilakukan, setiap perusahaan asuransi pastinya akan melakukan survey terlebih dahulu untuk mengetahui kebenaran dari kejadian yang menjadi dasar klaim dari setiap macam-macam asuransi tersebut.

Apa Saja Rincian dalam Polis Asuransi

Ketika Anda membeli polis asuransi maka akan mendapatkan satu dokumen khusus yang berisi tentang jenis asuransi yang Anda ambil untuk perlindungan sesuai kesepakatan. Lalu apa itu polis asuransi sesuai dengan jenis macam-macam asuransi.

Diketahui bahwa polis asuransi merupakan satu bukti tertulis yang resmi dan sah atas adanya perjanjian yang dilakukan antara pihak perusahaan asuransi selaku penanggung dengan pihak pemegang polis selaku tertanggung dengan hak dan kewajiban masing-masing. Dokumen ini merupakan dokumen penting yang harus Anda simpan dengan baik karena memiliki konten berupa syarat, hak dan kewajiban antara kedua belah pihak yang memiliki perjanjian. Selain itu nantinya juga akan Anda butuhkan ketika akan mengajukan klaim asuransi yang dibutuhkan.

Lalu apa saja informasi dan data penting yang ada di dalam polis asuransi yang harus Anda cermati dengan baik dan benar sebelum menyetujui perjanjian yang dibuat dengan memberikan tanda tangan Anda. Yuk simak ulasannya berikut ini.

  • Polis asuransi berisi keterangan lengkap tentang jangka waktu untuk berlakunya masa pertanggungan asuransi sesuai kesepakatan yang dibuat.
  • Polis asuransi juga berisi semua resiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi. Seperti jika yang diambil adalah polis asuransi kesehatan maka berisi keterangan klaim asuransi bisa dilakukan jika pemegang polis mengalami resiko kesehatan tertentu.
  • Polis asuransi juga berisi berbagai manfaat yang bisa diperoleh pemegang polis sesuai dengan perjanjian asuransi yang dibuat. Pastikan untuk membaca polis asuransi dengan teliti sehingga Anda bisa mengetahui semua pasal yang terdapat di dalamnya dengan baik dan benar sesuai dengan macam-macam asuransi yang diambil.
  • Polis asuransi juga berisi mengenai keterangan lengkap untuk melakukan pembayaran premi, besaran premi, bagaimana cara melakukan pembayaran, masa tenggang waktu jatuh tempo yang diberikan dan masa periode yang diakui oleh perusahaan asuransi untuk masa penerimaan premi asuransi.
  • Polis asuransi berisi keterangan mengenai kurs dan mata uang yang dipakai jika melakukan klaim asuransi adalah dilakukan tidak memakai mata uang rupiah.
  • Terdapat juga keterangan mengenai apa kebijakan serta konsekuensi yang bisa dialami oleh pemegang polis asuransi jika pembayaran premi yang harus dilakukannya sudah melewati masa jatuh tempo dan itu ditentukan sesuai kesepakatan yang dibuat sebelumnya.
  • Terdapat perhitungan nilai tunai dan dividen untuk premi asuransi jika memang diperlukan dalam hal itu.
  • Polis asuransi juga memuat semua pasal atau klausul yang dipakai serta disepakati oleh kedua belah pihak terkait dengan keperluan pemegang polis yang ingin menghentikan pertanggungan asuransi yang diambilnya. Mencakup didalamnya tentang syarat dan ketentuan sekaligus sebab pasal tersebut disebutkan dalam polis asuransi.
  • Dalam polis asuransi juga disebutkan mengenai bagaimana cara mengajukan klaim asuransi, apa saja bukti pendukung yang dibutuhkan dan syarat yang harus dipenuhi oleh pemegang polis untuk keperluan tersebut.
  • Polis asuransi juga mencantumkan apa saja langkah untuk pembayaran premi dan penyelesaian klaim asuransi sesuai dengan kesepakatan yang dibuat antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi yang berkaitan.
  • Dalam polis asuransi juga termuat pasal atau klausul yang berisi semua ketentuan yang berisi tentang hukum yurisdiksi serta mekanisme yang ada didalamnya maupun yang terjadi ketika Anda berada di luar pengadilan.

Sekian ulasan yang bisa Kami bagikan untuk macam-macam asuransi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dalam hidup Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Macam-macam Asuransi dan Elemen Penting di Dalamnya