Lupa Kata Sandi? Inilah Cara Melihat Sandi yang Tersimpan

Lupa Kata Sandi? Inilah Cara Melihat Sandi yang Tersimpan

Agar bisa masuk ke berbagai aplikasi atau platfrom seperti Facebook, Gmail, atau yang lainnya maka harus memasukan username dan pasword telebih dahulu, seperti saat pertamakali melakukan pendaftaran di akun tersebut. Namun ini tidak berlaku bagi yang kata sandinya sudah pernah tersimpan secara otomatis di Google Chrome. Lantas, bagaimana cara melihat sandi yang tersimpan jika kita lupa dan ingin masuk atau login menggunakan perangkat lain.

Anda tak perlu khawatir dengan kata sandi yang tersimpan di Google Chrome, sebab jika dikemudian hari lupa maka sebetulnya Anda masih bisa melihatnya kembali. Meskipun sebetulnya menyimpan kata sandi di Google Chrome sangat tidak aman, dikhawatirkan jika ada orang lain yang tidak bertanggung jawab kemudian menggunakan perangkat yang biasa Anda gunakan.

Sebelum membahas tentang cara melihat sandi yang tersimpan alangkah baiknya pahami terlebih dahulu bagaimana cara menyimpan kata sandi yang betul, dan kombinasi kata sandi yang seperti apa sehingga tidak mudah di bobol atau di hack oleh orang lain.

Tips Menyimpan Kata Sandi

Kendala yang paling sering terjadi sehingga menyebabkan lupa dengan kata sandi ialah banyaknya jumlah akun yang dimiliki, dan masing-masing akun tersebut menggunakan username serta pasword yang berbeda-beda. Solusi yang paling tepat untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan menyimpan kata sandi. Lalu bagaimanakah cara menyimpan kata sandi yang paling mudah dan aman, berikut tips yang bisa Anda contoh.

Simpan di buku khusus

Ini merupakan cara yang paling mudah dan praktis untuk meyimpan sebuah pasword dan username. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk membeli perangkat penyimpanan. Namun sayangnya, benda fisik berupa kertas sangat mudah rusak dan hilang jika tidak disimpan dengan baik. Selain itu, kemungkinan dilihat atau dibaca oleh orang lain juga sangat terbuka lebar.

Menyimpan di smartphone

Dengan adanya fitur atau aplikasi catatan menjadikan smartphone paling sering digunakan untuk menyimpan kata apa pun yang dianggap penting, termasuk kata sandi dan alamat email. Cara melihat kata sandi yang tersimpan di smartphone juga lebih praktis, namun apa jadinya jika ternyata perangkat tersebut rusak dan Anda harus menginstal kembali, dan mengakibatkan semua data yang berada di dalamnya terhapus semua.

Menggunakan aplikasi tambahan

Cara ini hampir mirip dengan meyimpan kata sandi di aplikasi catatan yang sudah terinstal secara otomatis di layar ponsel. Yang membedakan ialah Anda harus mengdownload sendiri aplikasi tambahan ini untuk menyimpan kata sandi melalui PlaySote. Dan jika dikemudian hari ponsel mengalami masalah yang mengakibatkan seluruh aplikasi terhapus Anda tak perlu cemas. Asalkan masih hafal dengan pasword pembuka aplikasi tersebut maka kata sandi pun bisa terlihat kembali.

Menyimpannya secara online

Seperti menggunakan aplikasi tambahan, hal yang paling penting dan harus di ingat saat ingin menyimpan kata sandi secara online yakni Anda jangan sampai lupa pasword utama untuk membuka dokumen yang berisi kata sandi.

Platform yang paling sering digunakan untuk menyimpan kata sandi secara online ialah Google Kepp dan Spreadsheet. Jika ingin menggunakan salah satu dari kedua platform tersebut maka Anda harus atur terlebih dahulu, hanya Anda saja yang bisa menjadi kontributor dan melihatnya.

Cara Melihat Kata Sandi Yang Tersimpan

Sesuai dengan apa yang telah sedikit disinggung seperti di atas, bahwa Google Chrome memiliki fitur otomatis penyimpanan kata sandi dan usernama disetiap akun yang Anda miliki. Bagi Anda yang memiliki banyak akun atau mungkin alamat email, tentu hal ini sangat membatu sebab tak perlu lagi mengetik ulang kata sandi saat login.

Namun efeknya yakni Anda bisa saja dengan mudah melupakan kata sandi akun atau platform yang mengharuskan login. Jangan panik atau harus meminta pengaturan ulang kata sandi, sebab dengan sangat mudah Anda masih bisa melihat kata sandi yang tersimpan di Google Chrome. Dan berikut ialah cara atau langkah-langkahnya.

  • Buka Google Chrome dan sudah login ke alamat email yang biasa Anda gunakan.
  • Klik ikon titik tiga yang berada d atas pojok sebelah kanan.
  • Pilih menu “setting” atau “setelan”.
  • Kemudian pilin “isi-otomatis”.
  • Pada halaman ini silahkan klik “sandi”.
  • Scroll ke bawah, maka akan muncul nama situs, nama pengguna, dan sandi. Nah, untuk melihat katas sandi disetiap daftar situs yang berada di halaman tersebut silahkan Anda bisa mengklik ikon “mata”.

Sangat mudah dan cepat bukan? Kini Anda sudah bisa melihat kembali kata sandi yang sempat lupa. Meskipun demikian, sebetul akan lebih praktis dan aman jika kata sandi hanya tersimpan di dalam otak kita. Namun seperti yang Anda tahu, bahwa kemampuan otak sangat terbatas untuk mengingat banyak hal.

Trik Membuat Sandi Mudah Diingat

Agar kata sandi mudah diingat biasanya seseorang membuat kata sandi dengan tanggal lahir, nama saudara, atau nama hewan periharaan. Namun tahukah Anda? Kata sandi yang seperti itu menurut pakar keamanan data sangat rawan dan mudah diketahui oleh orang lain.

Sebagai gantinya, jika Anda ingin membuat kata sandi yang mudah diingat namun tetap mengutamakan keamanan, sebaiknya gunakan tiga kombinasi kata dan angka yang berbeda namun masih terkait dengan sesuatu hal yang selalu Anda lakukan.

Sebagai contoh yakni, misalnya Anda seorang youtuber. Bisa saja kata sandi untuk akun tersebut ialah “uploudjam18.00”. Kombinasi antara huruf dan angka yang seperti itu mungkin saja sangat sulit untuk ditebak atau diketahui oleh orang lain.

Bagi Anda yang memiliki banyak akun di dunia maya, mulai dari email, sosial media, akun blog, dan lain sebagainya, agar tidak mudah lupa kata sandi mungkin bisa dengan membuat kata sandi yang sama di semua akun. Meskipun cara tersebut sangat rawan, atau agar lebih aman Anda bisa merubah kata sandi pada angkanya saja.

Kesimpulan

Itulah cara melihat kata sandi yang tersimpan secara otomatis di Google Chrome, meskipun dapat dilihat dengan mudah namun Anda tidak akan bisa melihatnya jika tidak menggunakan alamat email yang biasa digunakan untuk login.

Kemudian soal keamanan kata sandi, media paling aman sebagai tempan penyimpanan ialah ada dalam otak Anda sendiri. Oleh sebab itu sebaiknya jangan pernah lupa dengan kata sandi yang pernah Anda buat. Lupa kata sandi bisa berakibat sangat fatal, apa lagi jika terkait dengan akun finansial seperti kode keamanan e-wallet dan lain sebagainya.

Dan yang terakhir ialah tentang trik membuat kata sandi tidak mudah ditebak namun tetap mudah diingat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa memilih mengkombinasikan tiga kata yang berbeda dan pilihan angka yang juga berbeda. Serta hindari membuat kata sandai dengan sesuatu yang terkait profil hidup Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Lupa Kata Sandi? Inilah Cara Melihat Sandi yang Tersimpan flagcounter