Laptop Untuk Mahasiswa: Rekomendasi Spesifikasinya

Perlunya laptop untuk mahasiswa tentunya tidak diragukan lagi. Hampir semua tugas perkualiahan dikerjakan menggunakan laptop. Oleh sebab itu, mahasiswa membutuhkan laptop yang bisa dibawa kemana-mana, baik untuk kuliah, kerja kelompok, ke perpustakaan, atau untuk mencari referensi dalam mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.

Laptop yang cocok bagi mahasiswa tentunya bervariasi, tergantung penggunaannya. Tidak selamanya mahasiswa membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi, meski ada kecenderungan kalau mahasiswa mengincar laptop dengan spesifikasi terbaru. Permasalahannya, semakin tinggi spesifikasi laptop, semakin mahal harganya dan semakin besar biaya pemeliharaannya. Tidak semua mahasiswa berasal dari keluarga yang cukup mampu untuk membeli laptop dengan harga mahal.

Jika dilihat dari segi harga, komputer pribadi atau PC pastinya lebih murah dibanding laptop. Lalu, mengapa harus laptop? Jawaban utamanya adalah karena laptop lebih praktis, mudah dibawa kemana-mana, dan ukurannya lebih kecil. Mahasiswa bisa mengerjakan tugas di sela-sela kelas, saat berada di pustaka, atau saat jam istirahat. Sedangkan komputer tentunya hanya bisa digunakan di rumah.

Laptop untuk mahasiswa

Laptop untuk mahasiswa: Apa Yang Harus Dipertimbangkan?

Memilih laptop untuk mahasiswa tentunya mesti disesuaikan dengan kebutuhan. Jika laptop diperlukan hanya untuk mengerjakan tugas, mengetik, membuat presentasi, atau browsing di internet, tentunya tidak diperlukan spesifikasi yang tinggi. Namun, jika laptop akan digunakan untuk program atau aplikasi berat seperti web building, desain grafis, dan aplikasi teknik, anda mungkin perlu mempertimbangkan spesifikasi laptop sebelum membelinya.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat mencari laptop yang cocok untuk mahasiswa:

Processor

Komponen ini juga dikenal sebagai ‘otak’ dari komputer atau laptop. Pastikan anda mempertimbangkan aspek ini saat hendak membeli laptop. Processor merupakan komponen yang menjalankan proses sekaligus berfungsi sebagai pengendali kinerja laptop. Prosesor juga bekerja dengan komponen lainnya. Sebuah laptop yang memiliki prosesor baik bisa bekerja dengan cepat.

Kecepatan kerja prosesor diukur dalam Mega Heartz (Mhz) atau Giga Heartz (Ghz). Laptop yang bekerja lamban tentunya sangat mengganggu dan bahkan cepat panas, karena laptop ‘dipaksa’ bekerja di luar kapasitasnya. Jadi, tidak heran jika sebagian besar mahasiswa berusaha mencari laptop dengan prosesor terbaru, terutama jika akan digunakan untuk pengolahan data secara cepat. Umumnya, mahasiswa mencari laptop dengan prosesor Intel Core Series karena dikenal handal, dengan kapasitas minimal 2.4 Ghz.

Layar

Sebenarnya, layar tidak berpengaruh besar terhadap kinerja laptop. Namun, ukuran layar serta resolusinya kerap mempengaruhi kenyamanan anda saat menggunakan laptop. Misalnya, layar yang kecil tentunya menyulitkan jika anda menggunakan laptop untuk mengolah data-data yang kecil dan rumit. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah resolusi. Mahasiswa yang mengerjakan tugas programming atau desain grafis disarankan memilih laptop dengan resolusi minimal 1366 x 768 piksel.

Selain itu, jika anda menggunakan laptop dengan frekuensi yang tinggi dan durasi yang lama, sebaiknya pilih laptop yang layarnya dilengkapi lapisan anti-glossy atau anti-glare. Tujuannya adalah untuk menjaga kenyamanan anda saat mengoperasikan laptop, termasuk di luar ruangan.

RAM

Random Access Memory (RAM) sangat mempengaruhi kinerja laptop. Komponen ini merupakan tempat penyimpanan sementara pada laptop dan isinya bisa diakses kapan saja. Kapasitas RAM perlu dipertimbangkan jika anda akan memasukkan banyak aplikasi ke dalam laptop atau menggunakannya untuk multi-tasking. Pilihlah laptop dengan RAM minimal 2 GB.

Graphic

Bagi sebahagian mahasiswa, faktor graphic card mungkin tidak begitu penting saat meneliti spesifikasi laptop. Namun, bagi mahasiswa yang menggunakan aplikasi desain grafis, seperti mind mapping, video editing, desain mesin atau desain 3D, fitur ini sangatlah penting. Berita baiknya adalah bahwa anda bisa mengoptimalkan kinerja laptop untuk desain grafis dengan membeli graphic card terpisah. Misalnya adalah graphic card keluarga Nvidia GeForce yang performanya diakui secara luas.

Operating System

Jika anda berencana meng-install banyak aplikasi ke laptop, sistem operasi laptop juga perlu anda perhatikan. Misalnya, ada beberapa aplikasi yang hanya diperuntukkan bagi laptop dengan sistem operasi Windows, dan ada pula yang hanya tersedia untuk iOS, dan seterusnya. Tidak ada masalah jika anda sudah terbiasa dengan sistem operasing (OS) yang berbeda-beda. Namun, jika anda hanya akrab dengan Windows (sebagai contoh), sebaiknya carilah laptop yang menggunakan OS Windows. Jika tidak, anda akan memerlukan waktu lebih untuk belajar kembali.

Itu adalah beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan, selain faktor tambahan seperti desain laptop dan aplikasi pre-installed di laptop. Tidak ada merk laptop khusus yang direkomendasikan. Namun, pemilihan fitur seperti OS akan mempengaruhi pilihan anda. Sebagai contoh, jika anda memilih laptop dengan OS Windows, maka pilihan anda mungkin akan didominasi merk seperti Toshiba, Acer, Lenovo, dan sebagainya. Namun, jika OS yang anda pilih adalah iOS, tentunya merk laptop yang dominan menggunakan OS ini adalah Apple.

Rekomendasi Laptop untuk mahasiswa

Seperti dibahas di atas, tidak ada rekomendasi khusus terkait merk saat memilih laptop untuk mahasiswa. Biasanya, mahasiswa lebih memperhatikan harga daripada merk-nya. Nah, bagi anda mahasiswa yang memilih budget terbatas, beberapa rekomendasi berikut mungkin dapat menjadi pilihan:

Harga di bawah 5 jutaan

Anda masih bisa menemukan laptop dengan spesifikasi bagus namun harganya cukup ramah di kantong. Di antaranya adalah:

  • Asus X411

Dibandrol dengan harga kurang dari 5 juta laptop ini hadir dengan dua varian prosesor, yakni AMD A6 dan AMD A9. Laptop ini cukup handal untuk pekerjaan multi-tasking, berkat dukungan RAM 4 GB, kapasitas penyimpanan HDD 1 Tera Byte, HDMI, VGA Port, USB 3.0, Card Reader, dan layar ukuran 14-inch.

Bagi mahasiswa yang sekedar untuk memenuhi kebutuhan mengerjakan tugas kuliah seperti membuat makalah, atau untuk aktivitas browsing laptop yang satu ini sudah sangat mumpuni. Namun sayangnya dibeberapa marketplace atau toko online laptop dengan tipe ini sudah mulai sulit ditemui.

Hampir sama dengan Asus X411, laptop ini juga dibekali dengan RAM 4GB, namun masih bisa anda upgrade menjadi 8GB. Prosesor yang dipakai adalah AMD A9, dengan GPU Radeon 6. Laptop ini menggunakan OS Windows 10 Home Original dan didukung dengan kapasitas penyimpnanan 1TB. Harganya juga masih di bawah 5 juta.

Di seri ini Acer mengklaim bahwa laptop Aspire 3 A314-21G memiliki kinerja yang cepat dan responsif. Selain itu Aspire 3 A314-21G juga tersedia slot kosong untuk upgrade SSD agar waktu booting dan trasfer data bisa lebih cepat dan handal.

Laptop dengan harga yang ramah dikantong mahasiswa selanjutnya yakni HP 14s-cf1046TU. Memiliki harga kisaran 4 juta lebih laptop ini dibekalai dangan RAM 4GB, menggunakan prosesor Intel Celeron 4205U dan HDD 1TB. Yang menarik laptop ini sudah dibekalai dengan keyboard yang memiliki fitur backlight.

Selain spesifikasinya yang cocok untuk mendukung aktivitas mahasiswa menyelesaikan tugas kuliah, laptop yang satu ini secara tampilan juga sangat elegan. Perpaduan warna silver dan hitam serta bezel yang sangat tipis menjadikan laptop ini terkesan sebagai laptop dengan harga mahal.

Ini merupakan laptop dengan harga 5 juta yang memiliki RAM diatas rata-rata. Biasanya merek laptop dengan harga seperti itu hanya dibekali dengan RAM 4GB, namun berbeda dengan Lenovo V145 0NID-X3 yang sudah menggunakan RAM 8GB. Menarik bukan? Sepertinya laptop ini juga cocok untuk mendukung kinerja laptop dengan mobilitas tinggi.

Bukan hanya untuk kebutuhan mahasiswa saja, laptop ini juga cocok untuk kamu yang memiliki profesi sebagai guru atau pekerja kantoran. Untuk menjalankan aplikasi video call seperti Zoom maupun Google Meet Lenovo V145 0NID-X3 juga masih bisa berjalan dengan lancar.

Harga di bawah 10 jutaan

Anda yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi mungkin harus menyiapkan anggaran yang lebih besar dibanding laptop untuk keperluan normal. Namun, anda masih bisa mendapatkan laptop yang mumpuni dengan harga kurang dari 10 juta seperti beberapa laptop dibawah ini.

  • Dell Inspiron 14-5459

Didukung dengan prosesor Intel Core i7, VGA AMD Radeon R5, kapasitas penyimpanan 1 TB. Prosesor dengan kecepatan 2.5–3.1 Ghz tentunya lebih dari cukup untuk berbagai aplikasi dan pengolahan data. Laptop ini beroperasi dengan Windows 10 dan hadir dengan layar 14-inch. Bagi mahasiswa tentu laptop ini bukan sebatas diamnfaatkan untuk penggunaan office saja, namun lebih dari itu yakni misalnya untuk kebutuhan editing foto dan lain sebagainya.

Laptop ini didukung prosedor Interl Core i5 dan kecepatan yang sama dengan Dell Inspiron 14-5459. Perbedannya adalah VGA yang digunakan, yakni NVIDIA GeForce GT920MX 2GB, sehingga laptop ini cocok untuk web building, video editing, graphic design, dan sebagainya. Bahkan meskipun ini bukan termasuk laptop khusus gaming, namun beberapa game masih bisa berjalan lancar menggunakan Laptop Lenovo Ideapad 310.

Brand laptop yang satu ini memang memiliki banyak pilihan seri atau tipe, tentunya dengan spesifikasi dan harga yang berbeda-beda. Salah satu tipe laptop dari HP yang dibandrol dengan harga dibawah 10 juta ialah HP Laptop 14s-cf2004TX. Selain menggunakan RAM 4GB laptop ini juga sudah dilengkapai dengan prosesor Intel Core i5. Sedangkan untuk storage HP Laptop 14s-cf2004TX sudah dibekali dengan HDD 1TB.

Acer mepupakan salah satu brand laptop yang paling laris di Indoneisa, dibangingkan dengan Lenovo, Dell, maupun HP, Acer lebih dahulu familiar. Diharga 10 juta ke bawah Acer memiliki banyak seri atau tipe, salah satunya ialah Acer Aspire 5 A514-53-3852. Menariknya laptop ini sudah menggunakan SSD 512 GB dan RAM 4GB, selain itu Acer Aspire 5 A514-53-3852 juga sudah dibekali dengan prosesor Core i3.

Laptop besutan Asus yang satu ini juga sudah menggunakan SSD 512 GB, dan dibekali dengan RAM 4 GB. Cukup mumpuni untuk menunjang aktivitas mengerjakan tugas kuliah maupun kebutuhan yang lain seperti edit foto menggunakan aplikasi photoshop dan edit video ringan. Menggunakan bezel yang sangat tipis menjadikan desain dari laptop yang satu ini terlihat lebih mewah.

Sekali lagi, itu hanyalah beberapa contoh laptop untuk mahasiswa yang ada saat ini. Pada akhirnya, pilihannya tetap berada di tangan anda. Sebagai catatan pilihlah laptop sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki, serta perhatikan bagaimana kepuasan pelanggan sebelumnya.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar