Laptop Gaming Terbaik dan Rekomendasinya untuk Gamer Pro

Apakah anda pecinta gaming? Bagi sebagian orang, bermain game merupakan cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu, sementara bagi sebagian lagi, bermain game bisa menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan. Apapun alasan anda bermain game, pastikan menggunakan laptop gaming terbaik, yakni laptop yang bisa membuat anda bermain game dengan lancar dan bebas hambatan.

Seperti diketahui, game umumnya menggunakan aplikasi dengan grafis yang besar. Spesifikasi laptop yang digunakan harus memadai untuk mendukung aktivitas gaming. Jika tidak, permainan anda akan sering terganggu akibat laptop yang hang karena kerja laptop terlalu berat. Spesifikasi yang dibutuhkan lebih tinggi lagi jika anda kerap bermain game secara online.

Para gamer umumnya lebih memilih laptop yang gahar untuk bermain game, bukan laptop yang desainnya tipis dan ringan. Dengan desain yang gahar dan spesifikasi yang tinggi, bukan suatu hal yang aneh jika harga laptop gaming terbaik juga tidak sama dengan harga laptop biasa. Selain itu, laptop gaming juga handal jika akan anda gunakan untuk keperluan lain yang memerlukan laptop spesifikasi tinggi, seperti mengedit video atau membangun software.

Laptop Gaming Terbaik

Memilih Laptop Gaming Terbaik

Seperti dibahas di atas, laptop gaming terbaik bukanlah laptop pasaran. Namun, sebelum membeli, ada baiknya anda mengetahui spesifikasi minimum atau aspek yang perlu anda pertimbangkan. Jangan sampai anda menghabiskan uang terlalu banyak untuk hal-hal yang sebenarnya tidak anda butuhkan saat bermain game, maka sebaiknya sebelum membeli perhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu.

Ukuran Layar

Saat bermain game, anda harus konsentrasi kepada setiap detil permainan. Jadi, dibutuhkan laptop dengan ukuran layar yang cukup agar anda bisa bermain game dengan nyaman. Namun, bagi anda yang mobile dan kerap bermain game di luar rumah, seperti di kafe, laptop yang ukurannya terlalu berat tentunya sulit dibawa kemana-mana. Lalu, berapa ukuran yang ideal untuk laptop gaming?

Jawabannya tergantung kebutuhan anda. Jika anda cukup mobile, maka laptop 14 atau 15 inci mungkin cukup. Namun, jika anda hanya bermain game di rumah, maka anda bisa memilih laptop dengan layar lebar, seperti 17 inci. Selain itu, sebaiknya pilih laptop dengan resolusi 4K atau minimal Full HD untuk kenyamanan anda saat bermain.

Spesifikasi yang Compatible

Ada beberapa spesifikasi yang perlu anda perhatikan saat memilih laptop gaming terbaik, antara lain:

  • GPU minimum tipe GTX1070. GPU ini handal meski digunakan untuk permainan berat seperti Final Fantasy dalam waktu yang lama. Namun, jika permainan anda tidak terlalu berat, GPU tipe GTX1050/1060 mungkin sudah cukup.
  • CPU minimal Core i7, bisa digunakan untuk permainan seperti PUBG, FPS, dan sejenisnya. Namun, untuk game yang lebih ringan, laptop dengan CPU Core i5 bisa anda gunakan.
  • RAM minimal 8 GB. Jika anda juga merekam permainan, sebaiknya pilih laptop dengan RAM 16 GB.
  • Media penyimpanan tipe SSD, yang dikenal memiliki kinerja bagus sebagai ruang penyimpanan, meski harganya relatif lebih mahal. Namun, jika masih menggunakan HDD, sebaiknya pilih HDD dengan kapasitas 1 TB.
  • Fitur pendingin yang optimal, menjaga laptop anda tetap dingin saat bermain. Laptop yang mudah panas akan mudah rusak jika digunakan terus-menerus. Selain itu daya tahan baterai juga perlu menjadi perhatikan.
  • Fitur Expandability, seperti USB port atau socket untuk HDMI/USB. Saat bermain game, biasanya anda membutuhkan beberapa perangkat tambahan, seperti mouse, headset, controller, dan sebagainya.

Bagaimana dengan merk laptop gaming terbaik? Sebenarnya tidak ada rekomendasi merk tertentu. Namun, ada baiknya anda memilih merk yang memang sudah dikenal secara luas. Jadi, kalaupun ada masalah, anda tidak akan kesulitan menemukan spare part atau jasa service.

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik

Berikut adalah beberapa rekomendasi laptop gaming yang bisa anda pertimbangkan:

1. ASUS ROG Mothership

Ini adalah salah satu laptop gaming high end untuk para gamer profesional, atau anda yang juga kerap menggunakan laptop untuk multi-tasking seperti web development atau video editing. Laptop ini memang dibandrol cukup fantastis, yakni Rp. 120 jutaan, namun spesifikasinya juga mungkin di luar perkiraan anda.

Asus ROG Mothership hadir dengan dapur pacu super, berkat dukungan prosesor terbaik, yakni Interl Core i9 dengan kapasitas 2.4 GHz. Laptop ini cocok digunakan di rumah. Dengan layar 17.3 inchi, laptop ini pastinya memiliki body yang cukup ‘bongsor’ dan berat. Beberapa fitur canggih lainnya yang tertanam dalam laptop gaming ini adalah:

  • Pengolah grafis alias graphic card yang sangat handal, yakni NVIDIA GeForce RTX2080 8GB
  • Layar 17.3 inchi dengan resolusi 4K UHD
  • RAM dengan kapasitas 64 GB
  • Konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth versi 5.0
  • Penyimpanan SSD 1,5 TB
  • Port untuk expandibility sangat banyak, mulai dari USB 3, HDMI port, headphone dan microphone jack, card reader, Kensington Lock, dan sebagainya.
  • Baterai tipe 6-cell Li-ion yang dikenal sangat awet

2. Acer Predator Triton

Namanya saja sudah ‘sangar’, bukan? Acer Predator Triton juga merupakan laptop kelas high end yang dirancang untuk anda bermain game dengan lancar dan aman di rumah. Laptop ini dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah dibanding Asus ROG Mothership, yakni sekitar Rp. 70 hingga Rp. 80 jutaan.

Di sektor dapur pacu, lapto gaming terbaik ini juga didukung CPU yang super handal, yakni Intel Core i9 dan graphic card kelas dunia, yakni NVIDIA GeForce® RTX 2080 dengan kapasitas GDDR6 sebesar 8 GB. Keunggukan lain dari Acer Predator Triton adalah monitor yang bisa disesuaikan. Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan sudut pandang yang nyaman bagi anda. Bahkan, layar ‘kerja’ anda bisa diatur menjadi 4 mode, yakni Notebook, Display, Stand, dan Ezel. Fitur lain yang tidak kalah pentingnya adalah:

  • RAM sebesar 32 GB (2 x 16 GB)
  • Ruang penyimpanan tipe SSD 1 TB
  • Konerktivitas IEEE dan Bluetooth 5.0
  • Banyak pilihan port, seperti USB Port, HDMI Port, Ethernet Port, Headphone atau speaker jack, microphone jack, dan sebagainya.

3. ASUS TUF Gaming

Jika anda bertanya apakah ada laptop gaming terbaik yang harganya kurang dari Rp. 10 juta, maka Asus memberikan jawabannya melalui ASUS TUF Gaming, sebuah laptop yang sangat tangguh dan dilengkapi sistem pendingin yang handal. Di dapur pacu, ada prosesor tipe Intel Core i7 dengan kapasitas 8 GB, serta GPU NVIDIA GeForce GTX1050. Fitur lainnya adalah:

  • Layat 15.6 inchi dengan resolusi Full HD
  • Ruang penyimpanan SSD 128 GB dan HDD 1 TB
  • Berat total 2,2 kg
  • Port, seperti audio Jack, USB2.0 port, USB3.0 port, HDMI Port, dan sebagainya.
  • Fungsi pendingin dengan teknologi HyperCool technology. Hadir dengan Fan Overboost dan Anti-Dust Cooling (ADC), ASUS TUF Gaming memungkinkan anda untuk bermain dalam waktu lama tanpa membuat laptop menjadi panas.

Laptop gaming terbaik ini dibandrol sekitar diatas 7 jutaan. Laptop ini cocok untuk anda yang mobile karena ukurannya lebih kecil. Namun seperti dibahas di atas, spesifikasinya tidaklah spektakuler untuk gaming. Yang mana pilihan anda? Jawabannya anda di tangan anda sendiri.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar