Rekomendasi Dan Tips Memilih Laptop Untuk Edit Video

Bukan hanya urusan tentang gaming saja, saat ini laptop dengan spesifikasi handal juga sangat dibutuhkan untuk aktivitas edit video. Apa lagi di zaman yang serba teknologi seperti saat ini, segala kegitan apa saja seringkali diabadikan dalam bentuk video dan di unggah ke sosial media.

Kebutuhan konsumen terhadap laptop untuk edit video memang semakin tinggi, misalnya yakni untuk membuat video acara pernikahan, promosi binis, youtuber, dan masih banyak lagi. Untuk mendukung aktivitas tersebut kamu memang harus memiliki skil dan aplikasi khusus untuk edit video. Namun tentu itu saja tidak cukup, sebab jika tidak didukung dengan laptop yang mumpuni maka pekerjaan akan semakin lambat dan hasilnya juga tidak bisa maksimal.

Dengan memilih laptop yang tepat maka pekerjaan akan semakin mudah dan efesien, selain itu kamu juga bisa melakukan aktivitas edit video dimana saja. Berbeda jika menggunakan PC atau komputer yang hanya bisa digunakan di dalam ruangan.

Aplikasi Perekam Layar Laptop

Rekomendasi Laptop Untuk Edit Video

Banyaknya merek laptop memang terkadang membuat sebagian orang menjadi lebih sulit untuk menentukan pilihan. Nah, bagi kamu yang ingin membeli laptop untuk edit video berikut ialah beberapa merek dan tipe laptop yang direkomendasikan di beberapa media.

1. Apple Macbook Pro 2020

Bukan sebuah rahasia lagi jika saat ini Apple ialah yang paling mendominasi di pasar laptop high class dengan seri macbook mereka. Dibandrol dengan harga yang cukup mahal, Apple Macbook Pro tak hanya sebatas untuk keperluan edit video saja namun juga sangat cocok untuk kamu yang menggeluti dunia developer.

Hadir dengan beberapa pilihan atau versi, Apple Macbook Pro 2020 berada di kisaran harga 20 juta hingga 35 juta rupiah. Dari semua versi Macbook yang ditawarkan oleh Apple memiliki performa yang sangat bagus untuk kebutuhan kerja dengan mobilitas tinggi.

Satu hal yang paling menonjol dari Apple Macbook Pro 2020 ini ialah dari segi keyboard yang mereka sebut dengan Magic Keyboard serta fitur Touch Bar, dan Touch ID. Dengan memanfaatkan fitur Touch ID maka semua aktivitas proses autentikasi semakin lebih cepat dan mudah.

2. Acer ConceptD 7

Bisa jadi laptop yang satu ini merupakan idaman bagi para konten kreator, sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki laptop yang bisa digunakan untuk pembuatan animasi 3D. Menurut Acer sendiri ini adalah sebuah Mobile Design Station, yakni perangakat konten kreator berpeforma tinggi yang gampang di bawa ke manapun.

Dengan bahasa lain Acer ConceptD 7 termasuk dalam kategori RTX Studio Laptop, yakni sebuah laptop yang dirancang secara khusus untuk konten kreator. RTX Studio Laptop sendiri dibuat dengan mempertimbangkan performa tinggi, ketahanan, dan bisa digunakan untuk bekerja dalam jangka waktu yang panjang.

Syarat minimumnya ialah sudah menggunakan GPU RTX 2060, CPU Core i7 atau yang setara, RAM 16 GB, Storage SSD 512 GB, display 1080p atau 4k, dan menggunakan Nvidia Studio Driver. Sehingga dalam penggunaan software konten kreator kinerja tinggi bisa berjalan dengan lancar dan stabil.

3. Lenovo Thinkbook 14

Thinkbook merupakan laptop murah yang di sedikan oleh Lenovo untuk para pelaku bisnis kelas menengah. Namun Lenovo Thinkbook 14 juga cukup mumpuni jika digunakan untuk edit video ringan, misalnya yakni membuat meteri iklan atau promosi produk bisnis yang kamu kelola menggunakan video.

Dibandrol dengan harga kisaran 7 juta rupiah laptop ini dibekali dengan RAM 4 GB dan HDD 1TB. Namun yang menarik ialah di laptop ini tersedia slot sodimm kosong yang bisa kamu gunakan untuk mengupgrad RAM. Tak cuma itu saja, di Thinkbook 14 juga disediakan satu slot kosong untuk digunakan SSD M.2.

Jika digunakan untuk edit video menggunakan software Adobe Premiere CC sebetulnya laptop yang satu ini masih cukup mumpuni, namun sebagai saran sebaiknya kamu siapkan dana tambahan untuk membeli satu keping RAM lagi dengan kapasitas 4GB.

4. HP Pavilion x360

HP Pevilion x360 adalah sebuah laptop convertible 2 in 1, itu artinya laptop ini bisa digunakan dengan model tablet, tenda, atau model tradisional layaknya laptop pada umumnya. Dibekali dengan RAM 8 GB dan storage menggunakan SSD 512 GB laptop ini cukup mumpuni untuk kebutuhan edit video skala sedang.

Untuk pembelian laptop HP Pavilion x360 juga sudah dilengkapi dengan XP pen, jadi sangat cocok sekali untuk kamu yang memiliki bakat atau sedang bekerja di dunia seni menggambar digital sebagai ilustrator maupun animator.

Untuk kamu yang membutuhkan kinerja laptop lebih tinggi, HP Pavilion x360 juga menyedikan beberapa slot kosong yang bisa kamu manfaatkan untuk menguprade RAM maupun SSD. Namun jika sebatas untuk edit video menggunakan software Adobe Premiere HP Pavilion x360 mampu merender dengan waktu yang cukup cepat.

5. Dell Inspiron 5391

Laptop untuk edit video selanjutnya ialah Dell Inspiron 5391. Menggunakan RAM 8 GB dan storage SSD 512 GB serta dilengkapi dengan graphics card yang cukup memadai menjadikan laptop ini bisa digunakan untuk editing ringan.

Keunggulan yang paling menonjol dari brand laptop yang satu ini ialah dari segi pelayanan, dimana dengan membeli Dell Inspiron 5291 maka kamu berhak mendapatkan Dell premium suport selama satu tahun, yakni sebuah layanan service dari tim teknisi yang siap menuju ke rumah atau tempat kerja kamu.

Beberapa kelebihan lain dari laptop ini ialah memiliki bobot yang cukup ringan sehingga mudah dibawa kema saja, kinerja tinggi di kelasnya sehingga mumpuni untuk menangani grafis, dan sudah dilengkapi dengan OS Windows 10 original.

Cara Memilih Laptop Untuk Kebutuhan Edit Video

Memilih laptop memang tidak bisa sembarangan, sebaiknya pilih merek dan tipe laptop yang memang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Jika yang kamu inginkan ialah laptop untuk keperluan editing video, maka sebaiknya pertimbangkan beberapa hal dibawah ini saat ingin membeli laptop.

  • RAM dan Prosesor

Faktor pertama yang harus dipertinbangkan ialah dari segi prosesor, RAM, dan storage. Jika memungkinkan pilihlah laptop yang sudah menggunakan core i7, RAM 8GB, serta SSD 512 GB. Atau kamu juga bisa memilih laptop yang memiliki beberapa slot kosong agar dikemudian hari kamu bisa mengupgrade RAM maupun SSD dengan mudah.

  • GPU

Kemudian pada bagian lain kamu juga perlu memperhatikan Graphic processing unit (GPU) dedicated. Agar proses render video semakin maksimal kamu bisa memilih chip grafis seperti RTX dari Nvidia maupun dari AMD.

  • Layar laptop

Biasanya para pekerja di dunia video editing juga sangat memperimbangkan ukuran layar laptop, mereka akan merasa lebih nyaman jika menggunakan laptop yang berukuran besar. Namun untuk urusan ini tentu kembali lagi pada selera masing-masing orang. Sedangkan pada panel layar kamu bisa memilih panel layar IPS.

Itulah ulasan singkat tentang rekomendasi laptop untuk edit video dan beberapa tips yang harus kamu tahu sebelum memilih atau membeli laptop. Semoga informasi ini bermanfaat!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar