Komputer Kuantum China Jiuzhang, Kalahkan Milik Google

Komputer Kuantum China Jiuzhang, Kalahkan Milik Google

Dengan sistem Jiuzhang yang baru, China ingin membuat kemajuan yang cukup besar dalam komputasi kuantum. Sistem baru ini rupanya sepuluh miliar kali lebih cepat dari komputer kuantum yang dihadirkan Google pada 2019. Tahun lalu Google menghadirkan prototipe komputer kuantum. Ini dikatakan sebagai pertama kalinya keunggulan kuantum dicapai. Ini diuji dengan tugas yang bahkan superkomputer paling kuat pun membutuhkan 10.000 tahun.

Komputer kuantum Google bernama Sycamore dengan 53 qubitnya mungkin menyelesaikan tugas ini hanya dalam 200 detik. Para peneliti China sekarang dikatakan telah menggunakan sistem mereka untuk menghasilkan komputer yang sepuluh miliar kali lebih cepat dari Sycamore Google.

Jiuzhang

Komputer kuantum Jiuzhang

Menurut para peneliti, komputer kuantum Cina menyediakan daya komputasi hingga 100 triliun kali lebih cepat daripada superkomputer paling kuat. Jiuzhang berjalan dengan basis foton. Data ditentukan berdasarkan perhitungan khusus tunggal. Dalam kasus ini, itu adalah pengambilan sampel boson Gaussian. Sayangnya, komputer kuantum belum dapat digunakan untuk metode lain. Namun, hanya untuk pencapaian keunggulan kuantum, ini sudah cukup.

Pengembangan sistem baru memakan waktu hampir 20 tahun. Fisikawan kuantum Pan Jianwei dan peneliti China terlibat. Tantangan selama pengembangan mungkin untuk menemukan sumber foton berkualitas sangat tinggi yang hanya melepaskan satu foton dalam satu waktu. Untuk fisikawan kuantum Jianwei, pencarian sumber foton yang sesuai sangatlah penting.

Para peneliti China melihat area aplikasi lebih lanjut untuk sistem baru, meskipun sejauh ini hanya mampu menangani satu tugas. Misalnya, potensi belum habis juga bisa mencapai performa terbaik dalam kimia kuantum atau di bidang seperti pembelajaran mesin. Sistemnya hanya membutuhkan 200 detik untuk menyelesaikan tugas yang ada. Sedangkan superkomputer tercepat, misalnya Fugaku Jepang, membutuhkan waktu 2,5 miliar tahun.

Kritik terhadap keunggulan komputer kuantum Jiuzhang juga hadir tentunya. Perusahaan IBM, misalnya, membantah pada presentasi Sycamore bahwa superkomputer mereka membutuhkan 10.000 tahun untuk tugas yang telah ditetapkan. Di sini, hanya pemrograman ulang superkomputer yang harus dilakukan dan Sycamore akan menyelesaikan tugasnya dalam dua setengah hari.

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Komputer Kuantum China Jiuzhang, Kalahkan Milik Google