Keuntungan Website Di Dunia Bisnis Saat Ini

Di era serba canggih seperti sekarang, masyarakat tidak lagi pergi ke pasar untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Semuanya sudah tersedia di internet. Jadi, jika sebuah perusahaan ingin bertahan dan mengalahkan para pesaingnya, maka memiliki sebuah website bisnis adalah suatu keharusan. Keuntungan website di dunia bisnis saat ini tidak diragukan lagi, sebagai tool untuk branding dan image building.

Indonesia adalah pasar yang sangat potensial jika anda ingin mengembangkan usaha dengan memanfaatkan website bisnis. Tahukah anda bahwa pada bulan Maret 2019, Statista melaporkan bahwa Indonesia menempati posisi ke-5 sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia, setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, dan Brazil. Tercatat lebih dari 143 juta pengguna di tanah air pada bulan Maret 2019, dan angka ini diproyeksi akan terus meningkat.

Apa Itu Website?

Website adalah kumpulan halaman yang berhubungan satu dengan lainnya (istilahnya link antar halaman), website bisa dibuka melalui peladen (web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dsb).

Pada tahun 2020 ini keberadaan website sangat wajib bagi perusahaan, instansi, dan lembaga. Bahkan untuk pengembangan bisnis Anda, saat ini sangat dianjurkan untuk memiliki website agar bisa dijangkau oleh orang dari mana saja. Website adalah media promosi secara gratis yang jangkauannya tidak hanya Indonesia saja, melainkan juga luar negeri.

Keuntungan Website Di Dunia Bisnis Saat Ini

Keuntungan Website bagi Dunia Bisnis

Potensi penggunaan website untuk mendapatkan informasi dan mencari produk atau jasa yang diinginkan tidak diragukan lagi. Tanpa website, promosi anda akan terbatas. Kalaupun ingin mempromosikan usaha, anda harus mengeluarkan biaya iklan yang besar. Itupun jangkauannya terbatas. Misalnya, jika anda promosi di media cetak lokal, maka jangkauannya hanya sebatas jangkauan media cetak tersebut.

Lalu, apalagi keuntungan website di dunia bisnis saat ini? Berikut merupakan sebagian penjelasannya:

Meningkatkan Image Usaha

Image, prestise, nama baik, dan kredibilitas adalah beberapa kata kunci yang sangat penting untuk membangun daya saing sebuah perusahaan. Website yang didesain secara profesional adalah salah satu medianya. Dengan website, anda bisa menunjukkan kepada konsumen dan calon konsumen bahwa perusahaan anda ada dan benar-benar dikelola secara profesional. Ada alamat yang bisa dikunjungi dan ada nomor kontak yang bisa dihubungi. Artinya, ketika konsumen memiliki pertanyaan atau bahkan ingin komplain, mereka tahu kemana pertanyaan dan keluhan diarahkan.

Pertanyaan yang dijawab dengan cepat dan keluhan yang ditangani dengan baik adalah kunci membangun brand, image, dan prestise. Kepercayaan konsumen kepada perusahaan anda akan meningkat, dan mereka dengan sukarela akan menceritakan hal-hal baik tentang bisnis anda kepada orang lain.

Menghemat Biaya Promosi

Promosi melalui media cetak, radio, televisi hanya bisa menjangkau konsumen sepanjang masa kontrak. Begitu kontrak iklan berakhir, maka iklan produk juga berakhir. Artinya, anda harus memperpanjang biaya iklan terus-menerus. Tentunya ini membutuhkan biaya yang sangat besar. Beda halnya dengan website, yang mampu menjangkau calon konsumen secara lebih luas, bukan hanya di Indonesia namun juga di luar negeri.

Biaya yang dikeluarkan hanya biaya pembuatan website di awal, biaya domain tahunan, dan biaya optimasi (jika dirasa perlu). Artinya, tidak ada biaya bulanan yang jumlahnya sangat besar. Website selalu hadir 24 jam sehari, 7 hari seminggu untuk diakses oleh siapa saja. Bahkan, ketika anda tidur, website masih bisa dikunjungi calon konsumen. Ini ialah media promosi yang terus-menerus, namun biayanya jauh lebih murah.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Contoh lain dari penghematan biaya operasional perusahaan dengan keberadaan website adalah anda tidak lagi harus mencetak katalog produk. Biaya cetak katalog berwarna dan biaya distribusinya bisa jadi sangat membebani biaya pemasaran usaha anda. Di website, anda bisa memajang produk atau portofolio bisnis, sehingga bisa diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dari manapun. Anda tidak perlu repot mencetak dan mengirimkannya via pos. Praktis, bukan?

Menghemat Waktu

Dengan website, anda bisa menyajikan informasi lengkap tentang perusahaan dan produk/jasa yang anda jual dalam waktu yang lebih singkat. Anda bisa menyajikan profil perusahaan, struktur organisasi, prestasi, produk/jasa, dan aspek lainnya di halaman website. Pengunjung bisa memilih informasi yang diinginkan dan mendapatkannya hanya dalam hitungan detik. Anda tidak perlu mengulang-ulang informasi yang sama ke pengunjung yang berbeda.

Dengan website, pelayanan konsumen menjadi lebih cepat. Jika anda memiliki toko online, proses transaksi bisa diselesaikan hanya dalam hitungan menit. Padahal, konsumen butuh waktu berjam-jam jika harus pergi ke pasar untuk mencari barang yang diinginkan.

Meningkatkan Pelayanan Konsumen

Tanpa website dan sarana digital marketing, pelayanan konsumen hanya bisa dilakukan di counter. Terkadang, anda tidak tahu apakah konsumen puas atau tidak dengan produk/jasa yang anda jual. Jika mereka tidak puas, mereka tidak kembali. Anda tidak tahu masalahnya, sehingga tidak bisa mengambil langkah perbaikan.

Dengan website, anda bisa terhubung dengan pelanggan 24/7. Anda bisa menyediakan ruang untuk mengajukan pertanyaan atau menyampaikan keluhan terkait produk/jasa yang anda sediakan. Atau, anda bisa mengintegrasikan website dengan media sosial usaha anda. Jika seorang konsumen menyampaikan pertanyaan di salah satu akun media sosial milik perusahaan, maka anda bisa menerima notifikasinya.

Anda bisa mengambil langkah koreksi dan menjawab pertanyaan konsumen secara lebih cepat. Pelayanan yang cepat tanggap menjadi kunci kepercayaan dan kepuasan konsumen. Layanan yang baik pada akhirnya akan berbuah manis, yakni loyalitas konsumen dalam jangka panjang.

Memudahkan Evaluasi

Website bukan hanya sekedar menyajikan informasi melalui content. Anda bisa mendapatkan statistik kinerja perusahaan dan pemasaran digital secara komprehensif, melakukan analisis, dan mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi. Misalnya, anda bisa mengetahui informasi apa yang paling banyak dicari di website anda, halaman mana yang paling banyak dikunjungi, dan berapa lama rata-rata pengunjung berada di website. Informasi lain yang bisa anda dapatkan antara lain:

  • Jumlah pengunjung ke website anda
  • Jumlah pengunjung yang datang satu kali dan berulang kali ke website
  • Jumlah kunjungan ke masing-masing halaman web, sehingga anda bisa mengetahui content yang paling menarik bagi pengunjung
  • Rata-rata lama waktu kunjungan di website

Jika laporan menunjukkan kalau pengunjung hanya berada beberapa menit atau bahkan beberapa detik di website anda, artinya ada masalah. Apakah masalahnya di desain web? Navigasi web? Produk yang disajikan? Atau informasi yang usang? Analisis secara komprehensif membantu anda mengidentifikasi masalah dan mencari jalan keluar.

Memudahkan Mencari Mitra

Mitra bisnis sangat penting dalam pengembangan usaha. Keuntungan website di dunia bisnis saat ini termasuk memudahkan anda menemukan mitra yang sesuai, baik pemasok maupun pemodal. Website dapat menyajikan informasi tentang kinerja perusahaan, proyek yang sedang dikerjakan, proyek sukses di masa lalu disertai dokumentasinya, daftar mitra perusahaan, serta target kinerja masa depan. Anda juga bisa menyediakan portofolio bisnis yang dapat di-download secara gratis oleh pihak-pihak yang membutuhkannya.

Calon investor atau supplier dapat menjadikan informasi tersebut sebagai referensi. Jika perusahaan anda dianggap memenuhi syarat, mereka akan datang sendiri kepada anda dan menawarkan kemitraan yang saling menguntungkan.

Ada begitu banyak keuntungan website di dunia bisnis saat ini. Terlepas dari skala usaha yang sedang anda jalani, website adalah media promosi yang hemat namun efektif. Website bukanlah biaya, melainkan investasi. Soalnya, anda bisa mengharapkan keuntungan dari investasi itu di masa mendatang. Jadi, jangan ragu untuk merancang website bisnis secara profesional dan melakukan optimasi dengan semaksimal mungkin.

Persiapan membuat website bisnis

Jika Anda berminat membuat website untuk mengembangkan bisnis, sebetulnya sangat mudah. Asalkan ada kemauan Anda pasti bisa membuatnya sendiri tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman yang sulit. Untuk membuat website hal yang paling mendasar yang harus kamu lakukan ialah menyiapkan materi website, membeli domain, dan hosting.

Menyiapkan materi

Untuk membuat website langkah awal yang harus Anda lakukan ialah menyiapkan materi atau konten yang akan di publish di website, misalnya seperti foto produk, informasi terkait perusahaan seperti nomor telepon, alamat perusahaan, dan lain sebagainya.

Membeli domain dan hosting

Jika sudah selesai menyiapkan konten untuk website yang akan Anda kelola untuk mengembangkan bisnis, langkah selanjutnya ialah membeli domain dan hosting. Di Indonesia sendiri perusahaan penyedia domain dan hosting sangat banyak dengan berbagai macam harga dan spesifikasi, dan berikut ialah beberapa perusahaan penyedia domain dan hosting terbaik.

Apa Itu Niagahoster?

Niagahoster adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang penyedia server hosting dan domain yang mulai beroperasi pada tahun 2014, hingga saat ini niagahoster masih konsisten memberikan layanan terbaik yakni hosting murah 2020.

Nah, itulah ulasan singkat tentang keuntungan website dan persiapan membuat website, jika masih belum jelas sebaiknya Anda belajar terlebih dahulu tentang cara membuat website bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar