Kenali Cara Menjadi Hacker Agar Terhindar Dari Serangan Mereka

Kenali Cara Menjadi Hacker Agar Terhindar Dari Serangan Mereka

Mengenali cara menjadi hacker adalah salah satu upaya untuk mencegah mereka menyerang rumah maya Anda. Dengan kecanggihan teknologi, siapapun dengan mudah dapat membuat akun di media sosial, mengelola website, dan “hidup” di dunia maya untuk berbagai kepentingan.

Hacker menurut bahasa berarti peretas atau orang yang mampu meretas suatu jaringan di internet, baik berupa akun, website, blog, atau lainnya. Orang-orang dengan kemampuan khusus untuk meretas jaringan ini terkenal dengan anggapan negatif, padahal tidak semua demikian.

Sebelum membahas cara menjadi hacker, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua peretas menjalankan kejahatan di dunia maya. Golongan peretas yang kerap merusak atau berbuat jahat melalui dunia maya dijuluki sebagai cracker oleh kelompok mereka. Sayangnya, istilah hacker lebih terkenal dari pada cracker.

Cara Menjadi Hacker

Bentuk Serangan Hacker

Jika Anda biasa memublikasikan data pribadi di dunia maya, hati-hati dirugikan oleh para hacker. Cara menjadi hacker mengajarkan mereka untuk menyerang, merusak, mengganggau sistem kerja di akun website atau media sosial. Ada banyak bentuk serangan hacker di dunia maya yang bisa merugikan Anda, berikut beberapa diantaranya.

  • Phishing

Mungkin Anda pernah mendapat kiriman link yang menuju halaman berisi permintaan informasi pribadi, atau menyerupai website resmi milik instansi tertentu. Link palsu tersebut bisa disebar melalui chat, email, pesan singkat, atau lainnya. Mereka bermaksud mengumpulkan data Anda untuk merencanakan kejahatan, itulah yang kemudian disebut dengan web phising.

  • Malware

Malware adalah sejenis virus yang dapat merusak soft file atau program di perangkat Anda. Modusnya bisa melalui halaman internet yang Anda buka, mereka menyusupkan malware kemudian terpasang secara otomatis ke perangkat pengguna. Di perangkat inilah malware bisa merusak dan mengacaukan data apapun. Anda bisa mempelajari tentang apa itu malware agar bisa mengantisipasinya.

  • Social Engineering

Model serangan ini bisa jadi merupakan tindal lanjut dari phishing. Data yang mereka dapat dari calon korban digunakan untuk mengelabui target demi mengeruk keuntungan melalui transfer uang, pencurian akun bank, dan sebagainya.

  • Data Bocor

Apakah saat belajar cara menjadi hacker mereka juga diajari untuk menjual data penting yang berhasil diperoleh? Berdasarkan pengamatan dari pola kerja mereka dalam antraksi di film, mungkin tidak. Tindak kejahatan di dunia maya umumnya disebabkan oleh karakter asli masing-masing hacker.

Hacker dengan karakter dan tujuan jahat akan menemukan cara untuk mencari celah mendapat keuntungan pribadi. Akan tetapi mereka yang pada dasarnya menguasai ilmu itu untuk mencegah kerusakan yang lebih besar, pasti juga memanfaatkannya untuk kebaikan.

Kebocoran data sangat mungkin terjadi akibat ulah cracker. Setelah diperoleh, data tersebut dijual dan akhirnya data tersebut digunakan untuk melakukan kejahatan cyber oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Denial of Service

Website atau blog yang diretas biasanya menampilkan halaman kosong atau tidak bisa diakses oleh pengguna maupun pemiliknya. Peretas menyerang dengan traffic sehingga overload sehingga website Anda lumpuh dan akses pengguna ditolak. Inilah salah satu hasil mereka belajar cara menjadi hacker profesional.

  • Man in the Middle

Seperti namanya, Man in the Middle berarti peretas mengambil posisi di antara pengguna dan pemilik website yang diduganya memiliki data penting. Peretas ini bermaksud mencuri data pengguna atau pengunjung yang masuk kemudian memanfaatkannya untuk kejahatan lain.

  • Drive by Attack

Peretas yang memiliki tujuan merusak perangkat dan data penting pengguna biasa menggunakan metode serangan ini untuk menyusupkan script asing. Script ini mengandung malware yang akan terpasang di perangkat pengguna. Selanjutnya bisa ditebak, data pengguna porak poranda bahkan rusak atau corrupt.

  • Cross-site Scripting

Website dengan sistem keamanan lemah memang paling rentan diserang oleh para peretas yang tidak bertanggung jawab. Sebagian mereka bukan ingin merusak atau mengambil keuntungan, hanya menuruti kesenangan merusak rumah maya orang lain setelah merhasil menguasai cara menjadi hacker.

Cross-site cripting berarti peretas menyuntikkan script tertentu untuk mengalihkan data penting pengguna website yang diretas kepada mereka dan menyimpannya. Data ini bisa dijual kembali, atau dimanfaatkan sendiri untuk melakukan kejahatan lain.

  • SQL Injection

Serangan ini hanya bisa dilakukan oleh profesional yang udah menuntaskan proses belajar cara menjadi hacker. Peretas menyerang server secara langsung melalui celah keamanan dan memasang perintah SQL. Selanjutnya, data penting di dalam server dikuasai dan dikelola oleh mereka.

  • Credential Reuse

Serangan model ini sangat sering terjadi pada pengguna yang biasa menggunakan username dan kata sandi yang sama untuk semua akun. Peretas dapat memanfaatkan satu username dan password tersebut untuk membobol banyak akun sekaligus, kemudian menyalahgunakannya.

Rahasia Cara Menjadi Hacker

Bagaimana mereka menguasai ilmu hacker yang rumit bagi orang awam? Memang bagi mereka yang berbakat dengan bahasa pemrograman, dunia hacker sangat menarik. Mereka bisa melakukan apapun dan menjadi siapapun yang benar-benar berbeda dengan sosok di dunia nyata.

Dalam proses mereka menguasai cara menjadi hacker, ada bahasa perograman yang rumit, kode, bahasa inggris, sirkuit jaringan, dan banyak hal lain yang harus dipelajari. Sementara korbannya mungkin tidak paham sama sekali dunia tersebut. Untuk itulah Anda perlu mengenal dan mempelajari cara mencegah tindakan jahat mereka.

Cara Mencegah Serangan Hacker

Serangan hacker dapat dicegah dengan beberapa cara berikut, yang tidak bisa menjamin Anda selamat 100%. bisnis dengan skala besar sangat mungkin membuat mereka tergiur untuk menyerang dan mengambil keuntungan. Akan tetapi saat ini, bisnis kecil pun rawan di-hack oleh para peretas.

1. Gunakan Plugin Pengaman

Sistem keamanan blog atau website sejujurnya lebih mudah diterapkan pada website atau blog berbasis CMS, WordPress, atau Joomla. Anda hanya perlu memasang plugin pengaman yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Dapatkan rekomendasi plugin pengaman terbaik dari berbagai ulasan yang ada.

2. Aktifkan HTTPS

Untuk mengaktifkan HTTPS Anda perlu memasang sertifikat SSL yang akan mengamankan lalu lintas data dalam jaringan. Pengaturan HTTPS dan SSL akan meningkatkan performa SEO sehingga peringkat website Anda otomatis naik ke halaman depan mesin pencari. SEO meningkat, keamanan blog lebih terjaga.

3. Perbarui Software dan Platform

Para pengguna CMS harus rajin melakukan update plugin, script, software dan platform ke versi terbaru. Karena umumnya versi lama memiliki celah keamanan yang bisa ditembus dengan mudah oleh para hacker.

4. Password Unik

Untuk mencegah tindakan jahat orang-orang yang menguasai cara menjadi hacker, Anda perlu memasang kata sandi yang kuat dan unik. Baik untuk akun website atau blog maupun media sosial, setelah itu perbarui secara berkala. Semakin kuat kata sandi, semakin sulit bagi peretas untuk menembus dan merusaknya.

5. Aktifkan Back Up Otomatis

Pada dashboard pengaturan blog atau website milik Anda pasti ada pilihan untuk back up semua konten. Lakukan pencadangan sesering mungkin sehingga jika terjadi sesuatu di kemudian hari konten Anda dapat diselamatkan.

Ya, tidak semua orang yang menguasai cara menjadi hacker otomatis menjadi penjahat di dunia maya. Ada diantara mereka yang dibayar mahal untuk menguji keamanan jaringan sistem tertentu. Sepandai apapun mereka, semoga dengan beberapa upaya di atas rumah maya Anda selalu terlindungi.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Kenali Cara Menjadi Hacker Agar Terhindar Dari Serangan Mereka