Kenali Aplikasi Hacker WiFi Agar Jaringan Anda Aman Dari Pembajakan

Kenali Aplikasi Hacker WiFi Agar Jaringan Anda Aman Dari Pembajakan

Aplikasi hacker WiFi saat ini kian meresahkan pemilik router WiFi. Meskipun sudah dilindungi dengan kata sandi, tidak sedikit orang yang berusaha membobolnya menggunakan berbagai macam cara.

Ada yang meminta kata sandi kepada orang yang sudah memilikinya, ada yang menggunakan aplikasi pembobol, ada juga yang memanfaatkan lemahnya keamanan router dan menyusup dalam jaringan. Ya, WiFi masih menjadi alternatif jaringan terbaik, terutama di daerah minim sinyal provider.

Seperti di daerah pedesaan, penggunaan WiFi menjadi penting karena tanpanya internet tidak bisa masuk dengan stabil. Tanpa jaringan WiFi, orang harus mencari tempat lapang atau mendekati daerah dekat tower pemancar sinyal sesuai provider terdekat. Masalah utamanya adalah, tarif pasang dan bulanan WiFi tidak murah bagi sebagian orang.

Untuk koneksi jaringan dengan kecepatan 10-20 mbps bisa mencapai 250-400 ribu per bulan. Jika biaya tersebut ditanggung lebih dari 4 orang/rumah, maka akan murah. Sayangnya, tidak sedikit orang memilih mencuri dari pada membeli akses sinyal tersebut menggunakan Aplikasi hacker WiFi.

aplikasi hacker wifi

Cara Mencegah Pembajakan Password WiFi

Bagi Anda para pemilik router atau jaringan WiFi, dari provider apapun, wajib mengetahui bagaimana cara orang-orang membajak jaringan. Karena semakin banyak pengguna di waktu bersamaan, semakin lemah kecepatan upload dan download. Kuota WiFi juga cepat terkuras habis, meskipun ada paket unlimited biasanya ada batas maksimal penggunaan.

Mereka, orang-orang yang ingin memanfaatkan aplikasi hacker WiFi gratis bisa melakukan berbagai cara untuk mencapai tujuannya. Selain mengatur kata sandi, beberapa cara mengatur keamanan router berikut perlu Anda terapkan untuk melindungi jaringan WiFi dari pembobol jaringan:

  • Ganti Kata Sandi Secara Berkala

Untuk menghindari pembajakan, Anda harus rajin mengganti kata sandi (password) WiFi secara berkala. Kemudian beritahukan perubahan tersebut kepada pengguna inti saja. Jika Anda membiarkan WiFi dipasang password namun dibiarkan tidak pernah diganti dalam waktu lama, pasti kata sandi tersebut akan menyebar sendiri dan koneksi jaringan semakin lambat.

Gunakan kata sandi yang sulit ditebak, perpaduan angka dan huruf, dan jangan gunakan kata umum dan berhubungan dengan nama. Kalau perlu, gunakan kode khusus atau sesuatu yang tidak mungkin dipikirkan orang lain menjadi kata sandi WiFi Anda. Aplikasi hacker WiFi apapun yang digunakan jika fitur keamanan berlapis dan kata sandi unik, akan sulit ditembus.

  • Aktifkan WPA2

Selain menggunakan Aplikasi hacker WiFi, orang yang paham instalasi jaringan dapat membobol WiFi yang router-nya tidak dilindungi dengan teknologi enkripsi. Memang belum semua router dilengkapi teknologi ini. Akan tetapi dengan mengaktifkan WPA2, berarti Anda menyulitkan orang-orang yang paham teknologi untuk meratas jaringan.

  • Nonaktifkan Fitur WPS

Fitur WPS yang aktif pada router akan memudahkan pembajak jaringan untuk mengetahui kata sandi dan menggunakan jaringan dari router tersebut tanpa password. Sebenarnya fitur ini memudahkan orang atau pengunjung suatu tempat yang dilengkapi jaringan untuk mengakses WiFi, akan tetapi sangat mungkin disalahgunakan. Jadi sebaiknya dinonaktifkan saja.

  • Manfaatkan Fitur MAC Address

Dalam pengaturan router terdapat fitur MAC Address yang berfungsi menyaring nomor IP pengguna jaringan. Dari sinilah Anda bisa menghentikan koneksi perangkat-perangkat tidak dikenal agar tidak ikut memanfaatkan jaringan tanpa kendali. Batasi penggunaan jaringan hanya untuk perangkat yang terdaftar saja agar lebih aman.

Aplikasi Pendukung Pembajakan WiFi

Setelah mempelajari beberapa cara untuk mencegah adanya pembobolan jaringan, Anda perlu mengetahui aplikasi hacker WiFi apa saja yang mudah digunakan. Setiap aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihan, Anda juga bisa menemukan celah utuk mencegah aplikasi berikut menjadi penyusup dalam jaringan router di rumah atau tempat usaha.

  • WPS Connect

WPS Connect menjadi salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan untuk membobol kata sandi jaringan WiFi di berbagai ulasan. Salah satu kekurangan dari aplikasi hacker WiFi ini adalah tidak bisa di-install di semua gawai. Hanya gawai yang sudah di-root atau dibuka pengaturan sistemnya bisa dipasangi aplikasi ini.

Selain perlu root, WPS Connect ini hanya bisa digunakan pada router dengan fitur WPS aktif. Maka untuk mencegahnya Anda bisa menonaktifkan WPS di router. WPS yang aktif memungkinkan jaringan mudah ditembus menggunakan WPS Connect tanpa kata sandi. Satu huruf atau angka password yang salah, tidak bisa membuat perangkat terhubung jaringan WiFi.

  • WiFiKill

Aplikasi hacker WiFi yang kedua adalah WiFiKill yang memiliki tampilan sederhana untuk pengguna pemula. Kelebihannya adalah selain bisa berfungsi mengetahui pengguna penyusup yang tidak dikenal, juga bisa memutus koneksi dengan perangkat asing tersebut.

Sayangnya, aplikasi WiFiKill tidak bisa dipasang di semua tipe gawai. Hanya gawai yang sudah di-root saja bisa menggunakannya. Sementara jika sudah di-root, maka gawai tersebut tidak berlaku lagi masa garansinya.

  • zANTI dan CsPloit

Dua aplikasi hacker WiFi ini (zANTI dan CsPloit) berasal dari tim pengembang yang sama. Oleh Karena itu fitur yang dimiliki mirip satu sama lain. Awalnya, aplikasi ini hanya digunakan sebagai pendeteksi kekuatan jaringan, namun dikembangkan menjadi mesin pembobol WiFi. Jika digunakan oleh profesional, aplikasi ini membantu mengetahui level keamanan jaringan.

Setelah diketahui level keamanan jaringan yang tersedia, aplikasi dapat membantu pengguna untuk membobolnya. Hanya jaringan dengan level keamanan rendah bisa ditembus oleh aplikasi ini. Jika level keamanan jaringan WiFi Anda kuat, maka aman. Bedanya dengan zANTI, CsPloit memiliki open source lebih terbuka dan dapat memanipulasi perangkat lain.

  • WiFi WPS WPA Tester

Sama seperti zANTI, aplikasi hacker WiFi ini awalnya juga dibuat untuk mengetahui kekuatan level jaringan WiFi yang tersedia. Kini aplikasi WiFi WPS WPA Tester bisa digunakan untuk mendeteksi kata sandi semua jaringan WiFi yang pernah digunakan perangkat tersebut. Berita baiknya, rata-rata teknologi WPS yang bisa ditembus aplikasi ini sudah diganti WPA2.

  • Hijacker-Reaver

Hijacker digunakan sebagai tampilan antarmuka dari aplikasi Reaver yang dinilai terbukti mampu menembus jaringan WiFi dengan keamanan cukup ketat. Aplikasi ini bisa digunakan oleh profesional di bidang teknologi karena penggunaannya yang tidak praktis untuk pemula. Pengguna lain yang terhubung ke perangkat yang sama juga tidak akan bisa mendeteksinya.

  • WiFi Analyzer

Selain beberapa aplikasi di atas, ada WiFi Analyzer yang memiliki fungsi kurang lebih sama dengan aplikasi tersebut. Kemampuannya adalah menganalisis kekuatan jaringan yang tersedia di sekitar perangkat dan membobolnya sehingga bisa digunakan tanpa kata sandi jika keamanannya lemah.

Kabar baiknya, aplikasi ini masih mengandalkan WPS yang aktif dari router tujuan. Sehingga jika fitur tersebut tidak aktif, akan sulit ditembus dan digunakan untuk sembarang perangkat. Selain itu, aplikasi ini membutuhkan GPS yang aktif untuk mendeteksi jaringan terdekat, akibatnya baterei cepat boros.

Jadi, bagi Anda pemilik router WiFi tidak perlu khawatir berlebihan terhadap pembobol jaringan. Selama fitur keamanan sudah diaktifkan melalui router, dan kata sandi diganti secara berkala, maka aplikasi hacker WiFi tidak banyak bermanfaat bagi para pembobol jaringan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Kenali Aplikasi Hacker WiFi Agar Jaringan Anda Aman Dari Pembajakan