Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik 2020 Dan Cara Memilihnya

Dalam beberapa tahun ini, platform media sosial berbasis gambar dan video semakin populer. Sebut saja YouTube, Instagram, maupun TikTok yang popularitasnya semakin melejit. Akibatnya, para pengguna media sosial mulai beralih kepada gadget yang mampu menghasilkan gambaran dan video kualitas tinggi, dengan ketajaman optimal. Bagi anda yang mobile dan kerap membawa peralatan fotografi saat bepergian, kamera tipe mirrorless mungkin menjadi pilihan, karena ukurannya yang relatif lebih minimalis. Untuk menghasilkan gambar dan video terbaik, anda membutuhkan kamera mirrorless terbaik 2020. Bagaimana memilihnya?

Sebelum membahas cara memilih kamera mirrorless terbaik 2020, ada baiknya disinggung sedikit tentang alasan mengapa anda bisa beralih ke kamera tipe ini. Kamera DSLR memang terkenal menghasilkan foto dengan kualitas optimal, namun kamera ini cenderung memiliki bobot yang berat dan fitur-fitur yang tidak begitu ramah bagi pemula.

Sebaliknya, kamera mirrorless memiliki body yang relatif lebih simple, namun dilengkapi fitur canggih, sehingga hasil jepretan andapun tidak kalah bagusnya dengan hasil jepretan kamera DSLR. Seperti namanya, kamera mirrorless tidak memilih cermin. Artinya, kamera ini tidak memiliki pemantul cahaya (mirrorbox) seperti halnya pada kamera DSLR. Inilah salah satu alasan mengapa kamera tipe mirrorless memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, sehingga mudah dibawa saat bepergian. Ini juga sebabnya mengapa para traveler lebih menggemari kamera mirrorless.

Kamera Mirrorless Terbaik 2020

Kriteria Kamera Mirrorless Terbaik 2020

Memilih kamera mirrorless terbaik 2020 pada dasarnya sama dengan memilih perangkat gadget lainnya. Anda harus mempertimbangkan kebutuhan serta budget yang tersedia. Selain dua hal pokok tersebut, ada beberapa aspek yang perlu menjadi perhatian saat memilih kamera mirrorless:

  • Jenis Sensor

Sensor pada kamera secara umum bekerja untuk menangkap cahaya objek yang masuk melalui lensa. Kemudian, cahaya tersebut diproeksikan dalam bentuk foto. Artinya, semakin besar sensor, semakin bagus pula kualitas foto yang anda dapatkan. Namun, besarnya sensor tidak selalu berbanding lurus dengan ukuran kamera. Yang paling penting adalah jenis dan kapasitas sensor tersebut.

Sebagai perbandingan, di awal kemunculan kamera mirrorless, sensor yang digunakan umumnya berukuran kecil. Akibatnya, foto yang dihasilkan dari kamera DSLR dan kamera mirrorless berbeda sangat jauh. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, kamera mirrorless kini sudah dilengkapi sensor full frame. Dengan kapasitas sensor yang besar, kualitas foto yang anda dapatkan tidak kalah dari foto yang diambil menggunakan kamera DSLR. Selain sensor full-frame, adalagi sensor tipe APS-H, APS-C dan micro four thirds.

  • Kelengkapan Lensa

Komponen lain yang perlu anda perhatikan saat memilih kamera mirrorless terbaik 2020 adalah kelengkapan lensa. Salah satu keunggulan kamera tipe mirrorless adalah anda bisa mengganti-ganti lensanya. Artinya, anda bisa memvariasikan gambar yang diambil dengan mengganti lensa. Ada vendor yang menjual kamera mirrorless satu paket dengan lensa ganti, namun ada juga yang menjualnya terpisah. Jadi, pastikan anda memperhatikan kelengkapan lensa saat membeli kamera.

  • Resolusi Kamera

Apapun jenis kamera yang anda cari, resolusi adalah faktor yang sangat penting, karena sangat mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Sebaiknya, pilih kamera dengan resolusi tinggi, karena semakin tinggi resolusinya, semakin tajam gambar yang dihasilkan.

  • Komponen Lain

Selain beberapa aspek yang dibahas di atas, anda juga perlu mempelajari kelengkapan atau aksesoris yang mungkin mempengaruhi kualitas foto yang dihasilkan. Misalnya, ada kamera mirrorless yang dilengkapi virus perekam video, GPS, konektivitas wi-fi, filter untuk foto, Bluetooth atau fitur transfer file lainnya, waterproof, dual-image stabilization untuk menghasilkan gambar yang lebih stabil, serta fitur lain yang dapat membuat pekerjaan anda lebih praktis.

Tipe dan ketahanan baterai juga perlu mendapat perhatian, terutama bagi anda yang kerap mengambil foto atau video di luar ruangan, atau jauh dari rumah. Sayang kan jika anda tidak bisa mengabadikan tempat-tempat yang indah atau momen-momen terbaik hanya karena kamera anda tidak memilih baterai?

3 Kamera Mirrorless Terbaik 2020

Saat browsing di internet atau di toko online, anda akan menemukan ratusan jenis kamera mirrorless yang di-klaim memiliki sederet keunggulan dibanding brand lainnya. Dari ratusan opsi, anda hanya memerlukan satu. Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi kamera mirrorless terbaik 2020, sebagai bahan pertimbangan bagi anda:

1. Sony α5100

Brand Sony tidak pernah ketinggalan untuk kategori kamera berkualitas tinggi. Sony α5100 digemari bukan hanya karena desainnya yang minimalis. Namun, kamera ini hadir dengan lensa yang cukup besar dan fitur canggih lainnya, seperti auto-fokus Fast Hybrid. Dengan titik fokus mencapai 179 titik, fitur Fast Hybrid ini menjamin kalau semua gerakan objek yang anda foto tertangkap dengan sempurna.

Fitur lain dari Sony α5100 adalah perekam video full-HD. Jadi, anda tidak hanya menghasilkan foto berkualitas prima, namun juga video dengan kejernihan yang sempurna. Fitur lainnya adalah sensor tipe APS-C, konektivitas Wi-Fi, lensa type Power Zoom Lens 16-50 mm, dan resolusi 24,3 MP. Anda bisa mendapatkan kamera mirrorless tipe Sony α5100 dengan harga kurang dari Rp. 9 juta.

2. FujifilmX-T100

Brand legendaris Fujifilm menawarkan kamera tipe mirrorless terbaik dengan harga kurang dari Rp. 10 juta, yakni FujifilmX-T100. Kamera dengan lensa kit 15-45 mm ini adalah pilihan yang cocok bagi anda pelaku bisnis online. Ada kalanya anda harus mengambil foto malam hari atau saat pencahayaan tidak sempurna, bukan? Fitur ISO yang bisa anda stel mulai dari 100 hingga 51200 pada kamera ini akan membuat pekerjaan anda lebih mudah, di segala lingkungan.

Resolusi kameranya hanya sedikit di bawah Sony α5100, yakni 24,2 MP dan sensor tipe APS-C. Jadi, kualitas foto yang anda hasilkan tidak perlu diragukan. Ada juga fitur konektovitas Wi-Fi dan Bluetooth untuk transfer file antar perangkat, dan perekam video dengan ketajaman 4K.

3. Panasonic Lumix DC-GH9

Satu lagi brand ternama dunia untuk perangkat kamera adalah Panasonic. Dari brand ini, anda bisa mempertimbangkan Panasonic Lumix DC-GF9. Ini adalah salah satu kamera mirrorless terbaik 2020 yang harganya paling terjangkau, yakni kurang dari Rp. 6 juta. Kamera ini sangat friendly bagi traveler atau blogger pemula, karena lebih ramah di kantong. Kualitas gambar dan video yang dihasilkan cukup mumpuni.

Ukuran lensanya sedikit lebih kecil daripada dua kamera sebelumnya, yakni 12-32 mm, demikian juga dengan resolusinya, yakni 16,84 MP. Tentunya, itu sudah cukup untuk menghasilkan gambar dengan kualitas baik bukan? Salah satu kelebihan dari kamera ini adalah fitur 180-degree selfie screen, yang sangat cocok untuk anda yang gemar mengambil foto atau video selfie. Fitur lainnya adalah perekam video dengan resolusi 4K, konektivitas Wi-Fi dan teknologi QR Code yang membuat proses transfer data menjadi lebih mudah dan cepat.

Selain 3 rekomendasi di atas, masih ada sejumlah kamera mirrorless terbaik 2020 yang bisa anda pertimbangkan. Tentunya, jika budget memungkinkan, anda bisa mencari kamera mirroless dengan fitur yang lebih canggih, lensa lebih besar, dan resolusi lebih tinggi. Brand-brand ternama seperti Panasonic, Sony, Canon, Olympus dapat menjadi pilihan.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar