Kamera DSLR Terbaik Harga Dibawah 10 Juta Cocok Untuk Anda

Di era internet seperti sekarang ini, fotografi bukan lagi semata-semata bagian dari hobby, namun telah menjadi bagian dari profesi. Bagaimana tidak, ada begitu banyak platform media sosial yang memungkinkan seseorang mendapat penghasilan tambahan yang bahkan melebihi penghasilan dari pekerjaan utama hanya dengan berbekal kamera yang bagus dan kemampuan fotografi yang mumpuni. Bagi anda yang ingin menekuni dunia fotografi, kamera DSLR terbaik menjadi modal penting. Dengan kemera yang baik, anda bisa membidik sasaran dengan akurat dan hasilnya juga optimal.

Lalu, bagaimana cara memilih kamera DSLR terbaik? Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah kegunannya sendiri. Apakah anda akan menggunakannya untuk menekuni dunia fotografi atau hanya untuk dokumentasi pribadi? Untuk keperluan pribadi, anda mungkin memerlukan kamera DSLR dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Namun untuk keperluan profesi, ada baiknya anda mencari kamera DSLR dengan spesifikasi yang mumpuni untuk semua kebutuhan fotografi anda.

Kamera DSLR Terbaik

Memilih Kamera DSLR Terbaik: Bagaimana Caranya?

Sebelum membeli sebuah kamera DSLR, anda juga perlu memperhatikan sifat pemakaiannya. Misalnya, jika anda seorang seorang traveler dan membutuhkan kamera untuk vlogging selama traveling, anda tentunya membutuhkan kamera yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu berat, namun menghasilkan foto-foto dan video dengan kualitas baik. Demikian juga untuk keperluan indoor, spesifikasi kamera DSLR terbaik untuk ini pastinya berbeda.

Nah, berikut adalah beberapa kriteria yang perlu anda pertimbangkan saat berburu kamera DSLR:

Kualitas Gambar

Salah satu alasan mengapa banyak fotografer memilih kamera DSLR adalah karena kualitas gambar yang dihasilkan umumnya lebih baik. Kualitas gambar biasa dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti ukuran sensor gambar dan prosesor.

  • Ukuran sensor gambar. Umumnya, kamera DSLR dilengkapi ukuran sensor gambar yang cukup besar, misalnya APS-C 2,3 x 1.5 cm. Oleh sebab itu, gambar yang dihasilkan juga lebih baik dibanding foto yang diambil menggunakan kamera saku.
  • Prosesor generasi terbaru umumnya memiliki kinerja yang lebih baik. Sebaiknya, pilih kamera dengan prosesor yang menggunakan ISO lebih tinggi dan shutter speed lebih lambat. Kombinasi dua fitur ini menghasilkan gambar yang lebih tajam dan noise minimal.

Kinerja

Sebenarnya, ukuran sensor dan prosesor yang dibahas di atas ikut mempengaruhi kinerja sebuah kamera. Selain itu, ada aspek lain yang perlu diperhatikan, seperti kecepatan kerja kamera (mulai dari dihidupkan hingga bisa digunakan untuk mengambil gambar), kecepatan mengambil foto, dan auti-fokus. Kapasitas baterai kamera juga termasuk aspek kinerja. Semakin tinggi kapasitasnya, semakin tahan baterainya. Dengan demikian, anda tidak perlu sering-sering mengecas kamera.

Desain dan Interface

Dua aspek ini mempengaruhi kenyamanan anda saat memegang dan menggunakan kamera. Misalnya, apakah kamera terlalu besar untuk digenggam? Apakah kamera terlalu berat untuk dibawa kemana-mana? Apakah tombol-tombolnya mudah diakses atau tidak? Bagaimana susunan menu di layar kamera? Semakin sederhana dan mudah dikelola, maka semakin nyaman anda saat menggunakannya, bukan?

Pilihan Kamera DSLR terbaik dibawah 10 juta

Lalu, bagaimana dengan harga kamera DSLR terbaik? Tentunya, harga umumnya berbanding lurus dengan kualitas. Semakin baik fitur yang ada di dalamnya, semakin besar pula biaya produksinya, sehingga harga jualnya semakin tinggi. Namun, apakah anda bisa mendapatkan Kamera DSLR terbaik dibawah 10 juta? Berikut adalah opsinya:

1. Nikon D3300

Kamera dari brand dunia Nikon ini cukup populer di kalangan fotografer pemula hingga pro. Pasalnya, selain fiturnya yang cukup canggih, kamera ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni kurang dari Rp. 6 juta. Nikon D3300 adalah versi update dari produk Nikon sebelumnya, yakni Niko D3200. Kamera ini cocok untuk entry-level alias fotografer pemula maupun fotografer profesional. Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain:

  • ISO hingga 25600, sehingga kualitas gambar yang dihasilkan tidak diragukan lagi;
  • Sensor CMOS Expeed 24 MP, yang memungkinkan anda mengambil foto terus-menerus hingga kecepatan 5 fps;
  • Video recorder kualitas full HD, dengan kecepatan 60 fps;
  • Banyak pilihan flash modes, sehingga anda bisa mengambil gambar berkualitas baik meskipun pencahayaan tidak begitu optimal.
  • Resolusi: 6000 x 4000
  • Auto-focus: face detection, live view, contrast detect, phase detect;
  • Baterai: Li-ion EN-EL 14a

Kelemahan dari Nikon D3300 adalah rentang kepekaan cahaya yang dinilai masih belum optimal.

2. Canon EOS Rebel T6

Ini adalah pilihan kamera DSLR terbaik dibawah 10 juta berikutnya. Hadir dari brand yang tidak kalah populernya, yakni Canon, Rebel T6 dilengkapi sensor APS-C CMOS 18MP, dipadukan dengan kombinasi DIGIC 4+. Jadi, kualitas gambar yang dihasilkan pastinya lebih berkualitas. Sementara itu, sensitivitas ISO berada di kisaran 100 hingga 6400, dan masih bisa ditambah hingga 12800 jika anda akan menggunakan kamera di bawah pencahayaan lemah. Fitur lainnya adalah:

  • Layar 3-inch 920 dot, yang menghasilkan playback dan review yang optimal;
  • Konektivitas Wi-Fi dan NFC, cocok untuk anda yang gemar sharing atau berbagi gambar dengan perangkat lainnya;
  • Auto-focus 9-point AF
  • Lensa EF-S 18-55mm

Dari segi sensitivas ISO, kamera ini dinilai belum optimal, karena baru mencapai 12800. Artinya, ketika pengambilan gambar dilakukan di bawah pencahayaan rendah, mungkin gambarnya akan sedikit memiliki noise. Namun secara keseluruhan, kamera DSLR ini cukup recommended untuk entry-level, dan banderol harganya juga cukup terjangkau, yakni kurang dari Rp. 5.500.000,-

3. Pentax K-S2

Jika anda mencari kamera DLSR terbaik setara mid-end, maka Pentax K-S2 dapat menjadi pilihannya, karena spesifikasi yang hadir bersama kamera ini tidak kalah dari kamera Pro level high-end. Di antaranya adalah sensor yang lebih unggul, yakni tipe CMOS APS-C 20 MP, dipadukan dengan prosesor PRIME MIII. Jadi, ketajaman gambar yang dihasilkan bisa dijamin, iya kan? Berikut adalah beberapa kelebihan lainnya:

  • Full HD 1080, 5.4 fps; fitur ini memungkinkan anda mengambil video full HH dengan resolusi 1080, dan kecepatan tangkapan hingga 5,4 fps;
  • ISO hingga 51200. Jadi, tidak perlu khawatir jika anda harus mengambil gambar di bawah kondisi pencahayaan yang minim;
  • Layar fleksibel; jadi, bisa diputar sesuai keinginan anda. Kamera ini cocok untuk penggemar selfie atau groupie.
  • Fitur anti-air, anti-debu, dan tahan terhadap cuaca. Jadi, kamera ini cocok untuk anda yang mobile dan banyak mengambil gambar di luar ruangan.
  • Layar: 3-inch
  • Konektivitas: Fi, NFC, HDMI

Menurut para pengguna, kelemahan kamera yang dibanderol sekitar Rp. 9,3 juta ini belum dilengkapi layar sentuh (touchscreen). Selain itu, baterainya juga dinilai kurang tahan, karena hanya mampu mengambil sekitar 410 tembakan.

Selain 3 pilihan Kamera DSLR terbaik dibawah 10 juta di atas, tentunya masih ada begitu banyak kamera DLSR dengan fitur-fitur canggih yang bisa anda temukan. Jadi, anda hanya perlu melihat kembali kebutuhan yang sesungguhnya dan menyesuaikan dengan ketersediaan budget.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar