Jenis Asuransi Kesehatan dan Tips Memilihnya

Jenis Asuransi Kesehatan dan Tips Memilihnya

Ketika sehat, banyak yang tak menyadari bahwa kesehatan ialah sesuatu yang penting yang harus dijaga sebaik-baiknya. Karena itulah banyak orang yang berkata, sehat adalah barang mahal. Dimana orang yang sakit akan membutuhkan perawatan, obat dan tindakan medis yang tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit yang kemudian membuat Kita pun berpikir tentang asuransi kesehatan.

Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Manfaatnya

Saat ini bisa dilihat ada banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Karena asuransi bisa membuat Anda terhindar dari beban resiko finansial. Ketika sakit maka penting untuk mengetahui bagaimana cara memilih asuransi yang tepat untuk Anda dan keluarga. Dan berikut ini ialah beberapa layanan asuransi yang penting untuk Anda miliki.

1. Asuransi rawat jalan

Jenis asuransi rawat jalan akan menanggung biaya perawatan yang dilakukan di luar rumah sakit selagi pasien masih sakit. Asuransi rawat jalan ini terdiri dari biaya untuk diagnosa medis termasuk di dalamnya konsultasi dokter, biaya untuk cek laboratorium serta semua tindakan medis yang dilakukan meski pasien tidak menginap di rumah sakit.

2. Asuransi rawat inap

Manfaat utama yang dimiliki oleh asuransi rawat inap ialah untuk menanggung biaya perawatan untuk pasien yang menjadi pemegang polis atau tertanggung jika harus menjalani prosedur rawat inap di rumah sakit. Semua biaya yang muncul selama menjalani rawat inap akan secara otomatis muncul yang kemudian menjadi tanggung jawab dari pihak perusahaan asuransi Anda.

Dari sekian banyak jenis asuransi kesehatan, jenis asuransi inilah yang paling banyak digunakan karena manfaatnya yang cukup besar. Diantaranya adalah dengan adanya pemberian perlindungan maksimal untuk pasien khususnya jika harus mendapatkan perawatan dan pengawasan dokter secara 24 jam penuh. Beberapa pasien poli bedah juga mendapatkan pertanggungan penuh pada biaya pembedahan hingga recovery pasca bedah yang membutuhkan waktu lebih panjang.

3. Asuransi Pemerintah

Jenis asuransi pemerintah adalah BPJS kesehatan yang lebih fokus pada tersedianya jaminan kesehatan untuk masyarakat. Dalam jenis asuransi ini pemerintah menggunakan asas gotong royong atau subsidi silang agar program bisa terlaksana dengan baik.

Untuk pembiayaan, asuransi ini memiliki besaran iuran yang lebih terjangkau namun semua peserta BPJS kesehatan dijamin bisa memperoleh manfaat jaminan kesehatan secara maksimal. Dalam jenis asuransi pemerintah ini terdapat premi yang dibayarkan masyarakat dengan subsidi dari pemerintah sehingga besarnya lebih ringan.

4. Asuransi swasta

Kemudian jenis asuransi yang ke empat adalah asuransi swasta yang kepemilikan dan pengelolaannya dari pihak swasta. Dimana asuransi ini bekerja berdasarkan premi yang dibayarkan oleh setiap nasabah asuransi sesuai dengan manfaat pertanggungan yang dipilihnya.

Biaya yang dibebankan untuk jenis asuransi ini memang jauh lebih mahal daripada asuransi pemerintah. Dan untuk itu Anda harus lebih jeli dan teliti dalam membaca semua ketentuan yang tercantum dalam perjanjian pembelian polis asuransi.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Setiap orang pastinya ingin mendapatkan manfaat dari perlindungan asuransi yang dipilihnya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan perlindungan asuransi secara maksimal dengan tepat memilih jenis asuransi kesehatan.

  • Lihat manfaatnya

Banyak asuransi untuk kesehatan yang tersedia, namun tentunya hanya ada beberapa yang menyediakan jaminan kesehatan secara menyeluruh. Dari mulai untuk melakukan perawatan di dalam negeri ataupun luar negeri, layanan asuransi yang Anda pilih mendukung itu semua.

  • Satu polis seluruh anggota keluarga

Agar biaya premi lebih terjangkau dan jaminan perlindungan kesehatan bisa diperoleh semua anggota keluarga, maka pilih jenis asuransi yang mencakup tertanggung semua anggota keluarga yang berada di bawah tanggung jawabnya.

  • Terdapat batasan klaim

Setiap jenis asuransi pastinya memiliki batasan klaim yang diperoleh oleh pihak pemegang polis. Ketika pembayaran rumah sakit melebihi batas klaim, maka sesuai kesepakatan akan dilunasi oleh pihak pemegang polis.

  • Menggunakan cara klaim cashless

Dalam hal ini untuk memastikan metode pembayaran menggunakan cara klaim cashless yang mana pemegang polis hanya perlu membayar tagihan rumah sakit hanya jika tagihan melebihi batasan klaim asuransi yang dimilikinya. Jika tidak, maka pemegang polis tak perlu membayar apapun apalagi membayar di muka untuk tagihan rumah sakit tersebut yang tentunya cara ini akan jauh menguntungkan Anda.

  • Rumah sakit rekanan asuransi ada di kota tempat tinggal

Dan pastikan Anda ikut asuransi kesehatan yang memiliki kerja sama dengan rumah sakit yang berada dekat dengan tempat tinggal Anda. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu hal yang sekiranya membutuhkan rawat inap maka Anda bisa langsung mendapatkan perawatan rumah sakit yang bisa diklaim pembiayaannya.

Beberapa Hal Penting Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan

Banyak orang yang belum mengetahui seberapa pentingnya memiliki asuransi kesehatan. Padahal di masa kini, ada banyak ancaman resiko kesehatan yang mengintai dan mahalnya biaya pengobatan yang membuat Kita wajib untuk berpikir ulang. Berikut beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memilih asuransi untuk kesehatan.

Manfaat asuransi dan kondisi kesehatan Anda

Hal penting yang pertama adalah untuk mengetahui seberapa besar dan apa saja manfaat memiliki asuransi kesehatan Anda. Selain itu, penting juga untuk menyesuaikan asuransi dengan kondisi kesehatan Anda sehingga diketahui berapa besaran biaya yang diperlukan untuk memberikan jaminan perlindungan pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pelajari polis asuransi secara lengkap

Setiap ketentuan dan syarat yang tercantum dalam polis asuransi harus bisa Anda baca dengan teliti dan selengkap-lengkapnya. Sehingga dengan begitu Anda bisa memahami kriteria yang ada di dalam polis asuransi yang Anda ambil. Khususnya untuk asuransi jenis kesehatan, beberapa asuransi menyediakan jaminan perlindungan kesehatan hingga untuk melakukan perawatan medis ke luar negeri, namun beberapa asuransi lainnya ternyata tak mendukung hal tersebut.

Cari informasi tentang kualitas layanan asuransi

Kemudian hal penting lainnya adalah untuk memastikan layanan asuransi untuk kesehatan Anda dipilih dari kualitas asuransi yang terbaik kualitas serta kredibilitas yang dimilikinya. Untuk itu Anda bisa melihat review yang diberikan oleh pengguna layanan jasa asuransi tersebut.

Umumnya asuransi yang memiliki kredibilitas yang baik adalah yang terdaftar secara resmi serta diakui oleh layanan OJK. Ketahui juga apakah perusahaan asuransi bisa memberikan pembayaran klaim yang diajukan nasabah dengan baik ataupun tidak.

Kerja sama dengan banyak rumah sakit

Dan pastikan asuransi untuk kesehatan Anda sudah melakukan kerja sama dengan banyak rumah sakit yang ada di wilayah tempat tinggal Anda. Sehingga ke depannya akan memberikan kemudahan untuk Anda dalam mendapatkan layanan jaminan perlindungan kesehatan dari rumah sakit sesuai dengan ketentuan rumah sakit rekanan.

Sekian ulasan lengkap tentang asuransi kesehatan yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan jaminan perlindungan kesehatan secara menyeluruh. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Jenis Asuransi Kesehatan dan Tips Memilihnya