Jenis Asuransi dan Manfaatnya Sesuai Kebutuhan Anda

Jenis Asuransi dan Manfaatnya Sesuai Kebutuhan Anda

Asuransi sebenarnya merupakan satu aktivitas yang sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Namun karena beberapa faktor, banyak masyarakat Indonesia yang diketahui tak memiliki jaminan asuransi. Diantaranya ialah karena kurangnya informasi untuk pembelian polis asuransi, jenis asuransi yang ada dan cara melakukan klaim asuransi ketika dibutuhkan.

Jenis Asuransi dan Manfaatnya

Ada beberapa macam asuransi yang tersedia di Indonesia. Masing-masing memiliki manfaat tersendiri sesuai dengan jenisnya Namun secara umum, asuransi memiliki manfaat untuk meminimalisir resiko akan sesuatu yang datangnya tak terduga.

Di bawah ini adalah beberapa macam asuransi yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Asuransi kesehatan

Asuransi ini merupakan jaminan untuk mengcover seluruh biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan rawat inap atau rawat jalan, mengcover pembiayaan untuk pengobatan segala macam penyakit dari mulai pengobatan, mengalami cacat tubuh hingga kematian. Untuk berapa besar biaya pertanggungan yang dibayarkan perusahaan asuransi tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku sekaligus sesuai batas maksimal pembayaran sesuai premi yang dimiliki.

Asuransi jiwa

Jenis asuransi jiwa adalah semacam perlindungan yang diberikan untuk pemegang polis asuransi dari resiko finansial akibat mengalami sakit secara tiba-tiba, mengalami kecelakaan, mengalami cacat total atau kematian secara tiba-tiba. Biasanya yang mengambil asuransi jenis ini adalah mereka yang memiliki pekerjaan dengan resiko tinggi sehingga harus memastikan kesejahteraan keluarga di masa yang akan datang.

Asuransi pendidikan

Untuk asuransi pendidikan adalah sebuah perlindungan khusus untuk menjamin masa depan pendidikan anak terutama jika orang tua sebagai penanggung jawab biaya mengalami kematian atau cacat total yang mengakibatkan ketidakmampuan untuk mencari nafkah. Dengan begitu, orang tua pun akan merasa nyaman dan tenang meski mereka memiliki jenis pekerjaan dengan resiko tinggi sekalipun.

Asuransi kendaraan

Asuransi kendaraan adalah jaminan perlindungan yang diberikan pada kendaraan bermotor baik roda dua atau empat sesuai dengan kesepakatan yang dibuat. Proteksi asuransi biasanya berlaku untuk kerusakan atau kehilangan pada unit kendaraan bermotor yang dimiliki, kemudian nantinya bisa diklaim asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Asuransi hari tua

Merupakan sebuah asuransi untuk jaminan hari tua khususnya untuk Anda yang tak mendapatkan dana pensiun dari tempat bekerja. Sehingga setelah semua anak-anak memiliki keluarganya masing-masing, Anda sudah tidak perlu lagi repot mencari nafkah untuk menghidupi diri sendiri. Karena semua sudah tercover dalam jaminan hari tua yang sudah dipersiapkan jauh hari sebelumnya.

Tips Memilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Supaya manfaat asuransi bisa Anda dapatkan dengan optimal, maka sebaiknya pilih asuransi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lakukan survey dan penelitian tentang perusahaan asuransi

Usahakan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait perusahaan asuransi yang akan Anda gunakan. Akan lebih baik jika Anda berhasil untuk mencari informasi langsung pada nasabah asuransi perusahaan terkait sehingga bisa mendapatkan jawaban yang lebih akurat serta terpercaya.

Teliti membaca ketentuan klaim dan peraturan di dalamnya

Setiap pemegang polis pastinya akan diberikan buku polis asuransi yang mana di dalamnya berisi ketentuan yang berlaku selama prosedur asuransi dilakukan. Minta waktu secara khusus pada pegawai asuransi untuk membaca ketentuan klaim asuransi sekaligus aturan yang berlaku di dalamnya.

Pilih produk asuransi yang sesuai kebutuhan

Ada banyak sekali produk yang tersedia dalam satu perusahaan asuransi. Sebaiknya pilih produk asuransi yang benar-benar sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Konsultasi terkait pilihan asuransi

Lakukan konsultasi menyeluruh dengan pihak sales asuransi untuk memilih macam asuransi yang tepat. Kemudian pilih salah satunya setelah benar-benar mantap serta memahami jenis asuransi tersebut dengan baik dan benar.

Jenis Asuransi Berdasarkan Jenis

Jenis asuransi yang tersedia di Indonesia terdapat cukup banyak. Masing-masing dibedakan sesuai dengan jenis kriteria yang dimiliki oleh asuransi tersebut. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang asuransi sesuai jenis kriteria di dalamnya.

a. Berdasarkan objek dan bidang yang dicakup

Asuransi orang adalah macam asuransi yang memiliki target sasaran yaitu manusia. Adapun contoh dari asuransi jenis ini diantaranya ialah asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan dan asuransi dana pensiun.

Kemudian ada juga asuransi umum, yaitu macam asuransi yang memiliki target sasaran non manusia atau yang memiliki wujud properti. Contoh dari asuransi jenis ini ialah asuransi kendaraan, asuransi properti, asuransi bisnis, asuransi pendidikan, dan asuransi perjalanan

b. Berdasarkan sifat perikatan

Asuransi yang dibedakan jenisnya menurut sifat perikatan yang dimilikinya terbagi ke dalam dua jenis yakni asuransi wajib dan asuransi sukarela.

Asuransi wajib, Asuransi ini merupakan jenis asuransi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah wajib untuk diikuti semua warga negaranya tanpa kecuali. Sehingga ketentuan mengikuti asuransi ini diatur tersendiri dalam undang-undang. Diantara asuransi yang termasuk ke jenis ini adalah asuransi sosial.

Asuransi sukarela, Untuk macam asuransi sukarela merupakan asuransi yang pola pesertanya adalah dilakukan dengan sukarela. Untuk contohnya adalah seperti asuransi jiwa dan asuransi kerugian.

c. Berdasarkan jenis resiko

Kemudian macam asuransi yang berikutnya adalah asuransi resiko yang terbagi menjadi dua yaitu:

Asuransi resiko perseorangan yaitu yang memberikan perlindungan pada individu secara pribadi terutama dari ancaman bahaya atau kejadian yang tak bisa diprediksi datangnya.

Asuransi resiko usaha adalah macam perlindungan asuransi yang diberikan untuk melindungi usaha dari ancaman bahaya atau kejadian yang tak bisa diprediksi untuk gedung, bangunan pertokoan hingga armada angkutan yang dipakai usaha.

d. Berdasarkan jenis usaha

Dan macam asuransi yang terakhir adalah yang dibedakan berdasarkan jenis usahanya. Dalam jenis asuransi tersebut terbagi ke dalam beberapa macam:

Asuransi jiwa

Adalah asuransi yang memberikan perlindungan khusus pada keselamatan jiwa pemegang polis dari datangnya ancaman bahaya kematian. Misalnya asuransi jiwa seumur hidup, asuransi kecelakaan kendaraan bermotor, asuransi jiwa yang berjangka.

Asuransi sosial

Merupakan macam asuransi yang secara khusus fokus dalam perlindungan untuk keselamatan jiwa serta raga masyarakat secara umum dari berbagai bahaya yang mengancam jiwa. Misalnya ancaman wabah penyakit menular, ancaman berkurangnya pendapatan finansial karena mengalami pensiun, terjadi pengurangan fungsi kemampuan untuk bekerja hingga bahaya yang diakibatkan dari kecelakaan lalu lintas atau kecelakaan kerja.

Asuransi kerugian

Merupakan macam asuransi yang memberikan perlindungan pada harta atau aset kekayaan dari berbagai ancaman bahaya atau kejadian yang tak pasti. Contohnya adalah asuransi untuk jasa angkut barang, asuransi musibah kebakaran, asuransi kredit atau cicilan dan asuransi khusus untuk kendaraan bermotor.

Reasuransi

Adalah jenis asuransi yang diberikan pada pihak ketiga dalam kasus asuransi ulang yang disebabkan karena perusahaan asuransi tak siap untuk menanggung beban tanggungan resiko yang terlalu berat.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Jenis Asuransi dan Manfaatnya Sesuai Kebutuhan Anda