Jasa Pengiriman yang Bisa COD dan Keuntungannya

Sistem COD atau Cash on Delivery pada awalnya sama sekali tidak ada di dalam setiap ekspedisi dan tidak disediakan oleh jasa ekspedisi apapun sebab banyak orang yang beranggapan tidak memberikan keuntungan. Namun kini sejak nilai dari data transaksi untuk sistem e-commerce semakin meningkat, maka jasa pengiriman yang bisa COD pun turut meningkat pula dan bertambah bahkan bukan hanya sekedar COD saja melainkan mereka juga memberikan banyak fasilitas yang begitu menarik.

Jasa Pengiriman Yang Bisa COD

Mengapa Jasa Pengiriman yang Bisa COD Semakin Populer?

Sesuai dengan data yang diperoleh dari McKinsey, sebuah lembaga riset paling top di seluruh dunia di tahun 2020 ini telah diprediksi akan meningkat hingga mencapai nilai 65 milyar dolar Amerika. Nilai itu tentu bukan nilai yang pasti sebab masih diprediksi akan mengalami peningkatan mengingat pengguna mobile semakin bertambah dalam 10 sampai 20 tahun berikutnya yang akan berpengaruh pada seluruh sistem belanja online di dunia.

Permintaan pasar pun akan mengalami peningkatan termasuk bertambahnya jasa ekspedisi yang bisa menangani permintaan yang tinggi itu. Kini seluruhnya sudah ada di era dengan teknologi yang canggih dimana jasa pengiriman yang bisa COD mulai dapat ditemukan dengan mudah. Sistem pembayaran elektronik mungkin lebih praktis bagi pelanggan namun rupanya COD merupakan salah satu keuntungan tersendiri untuk para pelanggan yang senang berbelanja online tanpa kendala apapun.

COD merupakan kependekan dari Cash On Delivery atau bayar tunai saat kiriman tiba di alamat tujuan. Mereka yang senang berbelanja online sudah jelas sangat familiar dengan sistem pembayaran yang satu ini. E-commerce yang begitu besar biasanya menyediakan jasa pembayaran ini sebab mereka memiliki sistem keuangan yang lebih terjamin dibandingkan dengan yang lain. Sistem ini begitu bermanfaat bagi banyak orang khususnya ibu rumah tangga maupun mereka yang tidak punya sistem pembayaran otomatis.

Apa Keuntungan Menggunakan Jasa Pengiriman yang Bisa COD?

Meskipun pada awalnya tidak banyak jasa pengiriman yang bisa COD atau bahkan menawarkannya, kini semakin tinggi permintaan pasar, maka yang satu ini tidak boleh dilewatkan bahkan begitu banyak keuntungan untuk kedua belah pihak baik itu pelanggan maupun juga perusahaan yang terkait dengan sistem belanja online ini antara lain:

  • Sistem COD dapat lebih dipercaya

Salah satu problematika yang paling utama dan juga sering dialami ketika sedang berbelanja online adalah sistem keamanan apalagi jika barang itu dijual dengan sistem online. Apakah mereka benar-benar memesan barang yang tepat atau apakah barang itu akan sampai dengan cepat ketika mereka sudah melakukan transfer pembayaran. Namun sayangnya, banyak sekali pelanggan kecewa setelah menerima barangnya.

Oleh sebab itu, sistem COD ini jauh lebih dipercaya oleh para konsumen sebab mereka baru akan membayar barang yang mereka beli ketika sudah sampai di rumah mereka dan dalam kondisi yang baik. Bila konsumen menjadi senang, sudah pasti perusahaan adalah pihak yang sangat diuntungkan dalam hal ini. Belum lagi nama baik perusahaan juga akan semakin meningkat di mata konsumen.

  • Sistem Pembayarannya Sederhana

Sistem COD ini merupakan sistem pembayaran yang paling mudah dan sederhana dilakukan oleh semua pelanggan bahkan jika itu adalah pelanggan yang baru kali pertama mengakses atau berbelanja secara online. Ini karena pelanggan tidak lagi memerlukan pihak ketiga seperti layaknya bank ketika melakukan sistem pembayaran.

Saat menggunakan sistem COD, konsumen hanya perlu menyerahkan uang tunai sesuai dengan harga barangnya kepada kurir jasa pengiriman yang mengantarkan barang itu langsung ke rumah Anda. Perusahaan seringkali menunggu beberapa saat untuk dapat menerima uang mereka yang diperoleh dari sistem pembayaran lewat bank atau pihak ketiga lainnya. Namun sistem COD sangat mudah karena perusahaan bisa langsung mendapatkan uang dari para pelanggan lewat kurir.

  • Lebih Terjamin

Dapat dipastikan bahwa toko online dengan sistem COD ini bukan merupakan penipuan sebab semua pembayaran dilakukan ketika barang sudah tiba di rumah Anda. Karena itulah pelanggan jadi jauh lebih yakin lagi dan itu dapat menjamin kepuasan konsumen bahwa barang yang mereka beli bukan barang palsu.

Jasa Pengiriman yang Bisa COD dan Fiturnya

Tentu Anda ingin tahu pula jasa pengiriman yang bisa COD sehingga Anda bisa memilihnya ketika sudah membeli barang di e-commerce dan inilah beberapa ekspedisi yang menawarkan sistem pembayaran langsung di rumah antara lain:

1. Si Cepat

Ini merupakan salah satu ekspedisi yang bahkan lebih dulu menawarkan sistem COD dibandingkan dengan ekspedisi lain yang sudah ada sejak lama dibandingkan dengan mereka. Tergantung dengan apa e-commerce yang Anda gunakan, bisa jadi dibebankan fee tambahan dalam proses COD ini sehingga Anda harus memperhatikan dengan baik sebelum menggunakannya.

Kelebihan dari COD yang dimiliki oleh Si Cepat ini adalah adanya sistem untuk pengembalian dana yang cepat dan proses pembayaran COD pun akan dilakukan dengan integrasi yang baik dimana dana ini akan cepat terkonfirmasi dalam waktu yang sama ketika pembayaran dilakukan.

2. Deliveree

Ini juga merupakan salah satu jasa pengiriman yang menawarkan sistem COD yang aman bahkan tidak diragukan sama sekali oleh para pelanggannya. Layanan ini dapat digunakan untuk berbagai macam barang dengan ukuran besar, bahkan menggunakan beragam jenis kendaraan yang ada untuk dapat mengangkut barang berukuran besar sekaligus, tidak lagi memiliki batasan pengiriman sehingga bisa menjangkau berbagai macam lokasi yang ada dan ini salah satu hal yang membedakan jasa pengiriman yang satu ini dengan jasa lainnya dimana COD yang mereka tawarkan dapat mengcover seluruh wilayah di Indonesia.

3. POS Indonesia

Perusahaan BUMN yang tertua di Indonesia ini juga memberikan penawaran produk khusus bagi para pebisnis online yang menguntungkan termasuk dengan sistem COD. Layanan yang diberikan diberi nama Qcomm dan menjanjikan pengiriman super cepat yaitu maksimal sekitar 2 hari khusus wilayah di pulau Jawa dan dukungan beragam jenis fitur menarik seperti asuransi apabila ada kerusakan pda barang, notifikasi pengiriman pada penerimanya, tracking, pickup gratis dan resi otomatis.

Jika ingin menggunakan sistem COD melalui POS Indonesia, maka pemilik bisnis perlu datang langsung menuju kantor POS dan mereka harus membuat rekening Giro dan memasang aplikasi Pos Giro Mobile di dalam ponsel pintar mereka. Semua pengiriman harus input dengan sistem COD yang mereka punya. Pembayaran yang dilakukan dari pembeli ini akan diterima di dalam rekening itu dan dapat ditarik kapanpun.

4. SAP Express

Saat ini SAP Express telah melakukan kerja sama untuk memberikan pelayanan COD dengan Clodeo dan Anda harus melakukan registrasi dulu untuk bisa menggunakan fitur ini dan menjadi member sehingga bisa menerima nomor resi secara otomatis. Bila telah resmi terdaftar, maka Anda bisa menggunakan sistem COD tersebut.

Inilah beberapa referensi jasa pengiriman yang bisa COD dan masing-masingnya memberikan keuntungan tersendiri untuk pelanggan dan sudah pasti dengan adanya sistem COD ini, maka peningkatan pembelian secara online akan semakin tinggi dan meningkat dengan pesat seperti prediksinya.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar