Investasi Terbaik yang Cocok Untuk Karyawan Muda

Investasi Terbaik yang Cocok Untuk Karyawan Muda


Saat ini biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup sudah semakin meningkat dan belum ditambah dengan kebutuhan yang lain-lain. Dengan kata lain, manusia harus bekerja dengan keras untuk bisa menghasilkan uang. Namun jika hanya menghasilkan saja tanpa ada sisa yang dapat disimpan, itu artinya keuangan Anda defisit dan sudah waktunya mencari bentuk investasi terbaik yang dapat digunakan sebagai simpanan di masa depan yang nantinya dapat diambil sewaktu-waktu.

investasi terbaik

Pentingnya Investasi Terbaik untuk Karyawan Sejak Dini

Jangan tunggu pensiun dulu baru melakukan investasi maupun menunggu sampai gaji Anda naik dan melakukan investasi karena lebih baik investasi itu dimulai sejak dini bahkan meskipun modal yang dimiliki terbatas. Ini karena cukup banyak saat ini beberapa jenis investasi terbaik yang bisa dilakukan ketika Anda masih menjadi karyawan dan juga terbatas dari segi modal. Tentu Anda harus menyisihkan sedikit gaji untuk melakukan investasi dan lakukan sedikit demi sedikit sebagai pembelajaran.

Jangan menunggu sampai gaji banyak karena ketika hal ini terjadi, tidak mungkin Anda melakukan investasi sebab ketika gaji bertambah, maka kebutuhan dan keinginan konsumtif Anda pun juga akan semakin bertambah. Ketika masih menjadi karyawan inilah, kemampuan Anda untuk mengelola keuangan benar-benar akan diuji sebaik mungkin sehingga di masa depan, Anda tidak lagi akan mengalami kesulitan keuangan apalagi jika terdapat hal penting dan mendesak yang dilakukan.

Meskipun memiliki tabungan di bank sudah cukup untuk menyimpan uang, namun sayangnya nominal uang di dalam bank tidak akan bertambah sedikitpun dan yang ada justru berkurang oleh potongan yang setiap bulan dibebankan. Artinya pertambahan uang di bank itu akan terjadi jika Anda menabung uang lagi. Karena itulah, Anda benar-benar harus berpikir dua kali untuk menyimpan uang yang nilainya akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu sehingga berguna di masa depan.

Instrumen Investasi Terbaik yang Bisa Anda Pilih

Tidak perlu menunggu sampai Anda menjadi kaya untuk dapat melakukan investasi dan jika dapat dilakukan mulai sekarang, maka lakukanlah yang sesuai dengan kondisi finansial yang Anda miliki maupun juga jangka waktu investasi yang Anda inginkan. Namun jika Anda masih bingung untuk memilih bentuk investasi terbaik apa yang sebaiknya Anda gunakan, maka cobalah melihat dan membaca lebih dulu beberapa referensi pilihan instrumen investasinya yang paling cocok untuk karyawan tanpa rasa beban dalam melakukannya antara lain:

  • Deposito

Jika Anda sudah terbiasa menabung di bank, maka Anda tentu pernah mendengar produk investasi yang dimiliki oleh bank yaitu deposito. Deposito ini merupakan instrumen investasi yang terpercaya dimana Anda menyimpan uang di bank dengan nominal tertentu dan juga memilih untuk durasi waktu tertentu juga. Uang yang Anda depositokan itu kemudian akan didiamkan begitu saja pada bank dan kemudian dapat dicairkan dengan catatan ketika sudah mencapai jatuh tempo.

Waktu pencairan disesuaikan dengan tanggal perjanjian yang sudah tercantum di dalam kontrak untuk investasi ini. Investor maupun nasabah akan memperoleh pinalti apabila mereka melakukan pencairan dana ini sebelum rentan waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Keuntungan yang Anda dapatkan adalah resikonya kecil bahkan juga minim persaingan dan jika dibandingkan dengan tabungan reguler bisa, bunga deposito ini jauh lebih tinggi sehingga keuntungan yang diterima pun juga nilainya jauh lebih besar lagi.

  • Emas

Emas merupakan salah satu bentuk instrumen investasi yang tergolong sangat aman dan untungnya di masa depan juga besar. Ini karena harga emas itu cenderung selalu stabil bahkan selalu mengalami peningkatan atau kenaikan setiap tahunnya. Investasi emas ini dapat berupa logam mulia seperti emas perhiasan atau dapat pula dalam bentuk batangan. Namun menurut para investor ahli, bentuk instrumen yang lebih baik itu adalah emas batangan karena profit yang diperoleh lebih besar dibandingkan emas yang sudah menjadi perhiasan.

Keuntungan emas perhiasan lebih sedikit sebab Anda pun harus menanggung biaya untuk pembuatannya juga. Belum lagi, emas yang akan dijual itu harganya hanya ditentukan sesuai dengan berat dari emasnya ini sementara hiasan seperti permata di bagian dalamnya sama sekali tidak dihitung. Karena itulah, investasi emas batangan lebih disarankan. Anda bisa menabung emas pula di Pegadaian maupun PT. Antam terdekat di wilayah Anda. Pembelian emas sebaiknya dilakukan rutin setiap bulannya sehingga nilai emas yang Anda investasikan ini semakin besar.

  • Saham

Ini merupakan salah satu bentuk investasi yang juga dikatakan terbaik. Biasanya para karyawan akan langsung beranggapan bahwa mereka tidak mungkin sanggup untuk melakukan investasi dalam bentuk saham ini sebab modalnya cenderung besar. Namun sekarang ada pula saham yang dibuka untuk semua orang dengan modal yang kecil. Di dalam investasi yang satu ini, sejumlah modal akan ditanamkan oleh investor pada suatu perusahaan yang selanjutnya modal dari Anda ini akan digunakan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan baik dari segi operasional perusahaan, peningkatan jumlah produksi sampai dapat membangun cabang usaha.

Bagi para investor, imbal balik yang akan mereka dapatkan berupa pembagian keuntungan maupun deviden dari perusahaan tersebut. Apabila citra operasional perusahaan itu dinilai sangat baik, maka investor pun akan saling bersaing untuk dapat menanamkan modal sehingga nilai jual dari saham semakin meningkat. Sementara jika terdapat masalah internal di dalam perusahaan sampai bangkrut, maka nilai sahamnya pun akan menurun tajam.

  • Waralaba atau bisnis

Membangun bisnis juga merupakan suatu investasi meskipun dibutuhkan usaha yang tidak sedikit dan kecil untuk mengembangkannya. Namun dibandingkan hanya membangun bisnis dari nol, akan jauh lebih baik jika Anda memilih untuk melakukan investasi waralaba dan ini merupakan bentuk instrumen yang sama sekali tidak membutuhkan skill khusus dan penanganannya pun sama sekali tidak rumit.

Anda pun tidak perlu khawatir sedikitpun mengenai pekerjaan sebagai karyawan yang akan terganggu oleh proses bisnis ini sebab Anda tidak perlu melakukan kontrol dengan intensif. Dengan bisnis waralaba, Anda pun sama sekali tidak perlu repot untuk mengembangkan bisnis sejak awal karena waralaba telah memiliki nama terkenal di kalangan pelanggan sehingga mereka yang akan datang kepada Anda dengan mudah dan balik modalnya cepat sehingga Anda bisa semakin cepat memperoleh keuntungan.

  • Obligasi

Obligasi ini artinya adalah instrumen investasi dimana investor akan meminjamkan dana atau hutang pada perusahaan tertentu maupun pemerintah dan tanda bukti yang akan Anda terima ini adalah surat hutang dari negara. Perusahaan yang memiliki hutang pada investor harus mengembalikan pinjaman ini sebelum jatuh tempo dengan bunga kepada Anda. Keuntungan melakukan obligasi ini sebagai investasi adalah adanya peluang untuk dapat memperoleh imbal balik yang begitu besar sehingga keuntungan Anda pun semakin meningkat dibandingkan melakukan investasi deposito.

Ini hanya sebagian kecil dari produk instrumen investasi terbaik yang bisa dilakukan oleh siapapun saat ini termasuk para karyawan dan tidak perlu terpaku dengan modal karena sekarang cukup banyak instrumen yang bahkan bisa dilakukan dengan dana paling rendah sehingga Anda masih bisa memenuhi kebutuhan hidup yang lain sembari tetap menunggu dengan sabar buah yang Anda tanam dalam bentuk investasi.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Investasi Terbaik yang Cocok Untuk Karyawan Muda