Investasi Modal Kecil Yang Cocok Untuk Siapa Saja

Investasi menjadi salah satu topik yang sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Populernya investasi tidak terlepas dari apa yang ada di dalamnya. Yakni berkaitan dengan keuntungan yang tentu saja menjadi daya tarik utama kenapa investor untuk melakukan sebuah investasi. Sedangkan untuk jenisnya sendiri terdapat banyak sekali mulai dari investasi modal kecil sampai pada investasi yang modalnya tidak sedikit sehingga bagi para pemula, tentu hal ini menjadi salah satu pertimbangan yang cukup berat sebab dirinya harus melakukan lebih dari satu kali untuk berfikir ketika hendak melakukan suatu invesatsi.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak pula cara yang dapat digunakan oleh investor pemula mulai dari modal yang kecil dengan cara mudah sehingga tidak menimbulkan risiko yang besar. Dengan demikian, jika kamu termasuk salah satu dari pemula tersebut, maka alangkah baiknya belajar berinvestasi mulai dari sekarang untuk berjaga-jaga dengan keuangan yang tertata dalam jangka panjang.

Perlu diingat bahwa investasi merupakan pola pengaturan keuangan yang bersifat jangka panjang. Hal ini membuat kamu untuk lebih bersabar jika hendak mendapatkan keuntungan dari cara yang satu ini. Mulailah dengan mencoba investasi modal kecil. Apa saja jenisnya? Jangan khawatir, di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat dari investasi dan juga jenis dari investasi tersebut.

Investasi Modal Kecil

Investasi Modal Kecil: Mengapa Berinvestasi?

Investasi memiliki pengertian sebagai kegiatan atau upaya penanaman modal untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari dengan kemungkinan besar dapat digunakan untuk jangka panjang. Tentu dalam berinvestasi tidak akan jauh dari yang namanya manaat. Baik investasi modal kecil atau besar, keduanya sama-sama memiliki manfaat di antaranya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Aset dari Segi Nilainya

Dalam investasi terdapat istilah efek compounding atau dapat disebut sebagai bunga bergulung yang memiliki definisi sebagai kemampuan aset investasi yang menghasilkan keuntungan berkelanjutan. Mungkin yang lebih familiar lagi adalah kata bunga berbunga, sama halnya dengan bunga bergulung, nantinya efek ini dapat meningkatkan nilai aset yang kamu miliki sehingga memberikan manfaat dalam investasi yang sedang dilakukan.

Mendapatkan Financial Freedom

Dengan adanya investasi, maka akan menghasilkan manfaat berupa financial freedom di mana kondisi ini merupakan kondisi ketika Kamu memiliki pendapatan pasif atau passive income yang tentunya dapat memnuhi kebutuhan-kebutuhan serta gaya hidupmu. Dengan demikian, ketika hal tersebut sudah Kamu miliki, maka Kamu tidak perlu lagi bekerja atau ber karier untuk mendapatkan kenyamanan hidup sebab sudah mendapatkan return investasi melalui pendapatan pasif tersebut.

Namun, perhatikan pula bahwa ketika hendak mengabaikan pekerjaan, maka pastikan pendapatan pasif tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan sehingga Kamu tidak perlu bergantung pada pekerjaan untuk mendapatkan pendapatan demi memniuhi kebutuhan.

Melindungi Dari Kemungkinan Adanya Inflasi

Perlu kamu ketahui bahwa umumnya ketika melakuka kegiatan menabung di bank maka lama kelamaan akan habis sebab bank tersebut hanya mampu memberikan return sebesar 0,5% sampai 1,5% setiap tahunnya sehingga jumlah tersebut memiliki nilai yang lebih sedikit dibandingkan dengan nilai inflasi yang rata-rata terjadi mencapai 8,2%. Dengan demikian, hal yang harus kamu lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan berinvestasi. Sebab, dengan berinvestasi maka kamu dapat melawan adanya inflasi yang cukup mengancam keuanganmu seperti dalam bentuk modal usaha yang bisa juga mendapatkan retur hingga 25% setiap tahunnya.

Sangat menarik bukan? Beberapa alasan di atas menjadi sebab utama kenapa seseorang terjun dalam dunia investasi. Bagaimana denganmu? Ingin mencoba tapi masih kurang tahu jenis-jenisnya? Nah, selanjutnya akan dibahas pula berkaitan dengan investasi modal kecil yang sangat cocok untuk pemula.

Pilihan Investasi Modal Kecil untuk Pemula

Sebagai orang awam yang hendak terjun di dalam dunia investasi dengan modal dalam jumlah sedikit, tentu akan menjadi langkah yang sangat tepat jika kamu mengetahui terlebih dahulu berkaitan dengan jenis-jenisnya. Dengan demikian, kamu tidak akan bingung lagi sebab sudah memiliki daftar atau list dari beberapa jenis investasi yang hendak dicoba.

Investasi Jenis Reksa Dana

Salah satu investasi yang cocok untuk pemula dan ingin mengawali melalui modal kecil terlebih dahulu adalah reksa dana. Kenapa? Sebab terdapat beberapa perusahaan jenis reksa dana yang memberikan sarat minimal investasi dengan nominal terendah hanya sekitar 100 ribu rupiah saja. Sistem kerjanya adalah melalui pemutaran dana investasi oleh perusahaan tersebut sehingga nantinya kamu tinggal menunggu saja hasil bunga yang memiliki masa tenor sesuai perjanjian.

Apa Itu Peer To Peer Lending?

Secara umum dapat dijelaskan bahwa P2P adalah aktivitas peminjaman dana sekaligus pemberian dana pinjaman di luar bank serta lembaga finansial. P2P lebih cocok dikatakan sebagai marketplace yang berupa wadah yang menjalankan praktek pemberian pinjaman serta peminjaman via dunia maya.

Investasi P2P Lending

Selain reksa dana, kamu juga dapat memulai investasi modal kecil melalui P2P Lending atau peer to peer lending. Salah satu jenis investasi yang juga dilirik oleh para pendana dunia ini juga memiliki cara penggunaan yang cukup mudah disamping dapat dimulai melalui sistem pendanaan yang terbilang sedikit. Oleh sebab itu, tidak heran jika jenis investasi yang satu ini juga mulai ramai untuk dicoba di berbagai macam kalangan di segala usia. Kamu dapat mencoba investasi jenis satu ini dengan nominal 100 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk imbal hasilnya dapat mencapai 21,32% setiap tahunnya.

Investasi Jenis Emas Batangan

Selanjutnya, jenis investasi modal kecil yang juga dapat kamu coba adalah jenis emas batangan. Tidak heran jika jenis ini juga masuk dalam kategori investasi yang dipakai oleh banyak sekai pemula. Sebab kenaikan dari harga emas sendiri mengalami penambahan di setiap tahunnya meskipun harga jual belinya tidak melulu dapat diprediksi dengan mudah serta terbilang masih fluktuatif. Di samping itu, cara dari berinvestasi emas batangan dirasa masih tergolong cukup mudah sebab sekarang sudah terdapat beberapa lembaga yang membuka pelayanan investasi ini, dan kamu juga bisa dengan mudah memonitor harga emas melalui aplikasi. Bisa dimulai dari 1 gram hingga berkilo-kilo, maka seolah kamu sedang menabung untuk membeli emas.

Investasi Saham

Meskipun dinobatkan sebagai jenis investasi yang cukup berisiko, namun dalam sisi lain investasi saham juga masuk pada ketgori investasi modal murah sebab hingga saat ini sudah banyak dijumpai sekuritas yang menawarkan investasi saham sekitar 500 ribu rupiah saja. Jenis investasi yang satu ini memang kebanyakan lebih didominasi oleh pelaku-pelaku investor yang sudah lama memiliki atau mengerti cara bermain saham.

Akan tetapi, bukan berarti para investor pemula tidak bisa terjun di dalamnya. Kamu dapat mencoba investasi saham BUMN serta jenis blue chip jika memang benar-benar ingin mencoba investasi yang dimulai dari modal kecil jenis saham. Di samping dapat dimulai oleh pemula dengan modal kecil, investasi jenis ini memiliki keuntungan yang sangat menggiurkan.

Nah, penjelasan di atas tentu semakin membuka pemikiran kamu untuk memilih jenis investasi yang tepat dengan diri sendiri bukan? Baik investasi modal murah jenis reksa dana, P2P Lending, emas batangan, maupun saham, tentu semua nantinya akan memberikan manfaat yang sangat menguntungkan dari segi finansial untuk menunjang kebutuhan dalam jangka panjang. Semoga bermanfaat.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar