Investasi Jangka Panjang dan Menguntungkan

Dalam keseharian tentunya Anda sudah sangat sering mendengar kata investasi. Ini artinya kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi dan keuangan yang bertujuan memperoleh keuntungan demi menjamin kesejahteraan di masa depan.

Tentu saja di zaman sekarang ini alternative investasi jangka panjang tersedia semakin beragam dan dapat dipilih sesuai dana yang tersedia serta karakter investor terkait. Apakah Anda berniat menginvestasikan dana simpanan yang belum diperlukan dalam waktu dekat? Simak informasinya berikut ini.

Investasi Jangka Panjang Yang cocok dan Menguntungkan

Referensi investasi jangka panjang yang berpeluang keuntungan besar

Anda tentu tahu apa yang terkait dengan resiko investasi. Inilah sebabnya dalam memilih investasi Anda harus bena-benar telilit dan pastinya tidak sampai menjadi korban penipuan berkedok investasi. Berikut adalah daftar investasi jangka panjang yang cocok untuk Anda.

Saham

Dengan membeli saham artinya Anda turut berbagi kepemilikan atas sebuah perusahaan. Saat ini investasi saham bukan lagi monopoli investor bermodal besar tetapi seluruh masyarakat dari berbagai kalangan. Salah satunya dengan platform yang disebut tabungan saham. Artinya Anda pun berhak turut serta sebagai pemilik perusahaan dengan sekian persen bagian sesuai nilai investasi Anda.

Bukti kepemilikan perusahaan tersebut berupa surat berharga dengan nama investor terkait dan yang bersangkutan berhak memperoleh bagian keuntungan atau deviden yang diperoleh dari operasional bisnis perusahaan tersebut. Saham-saham yang nilainya tinggi dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka dengan status go public yang brand-nya sudah sangat lekat di benak masyarakat.

Investor saham mendapatkan keuntungan dari dua arah, yaitu dari keuntungan yang didapatkan dengan transaksi saham pada pasar saham atau trading, dan deviden atau pembagian profit perusahaan.

Emas

Logam mulai ini sejak dahulu telah digunakan sebagai alat penyimpan asset dan kekayaan oleh banyak orang di dunia. Alasannya karena emas mengalami peningkatan nilai setiap waktu dengan nilai jual yang tinggi. Bila pemilik emas suatu saat memerlukan dana untuk suatu kebutuhan, emas dapat dengan mudah dilego atau digadaikan. Investasi emas ini juga tergolong sangat tahan inflasi serta membawa resiko yang sangat minim.

Cara investasi emas sangat beragam. Anda bisa membeli perhiasan, koin emas, atau emas batangan dan menyimpannya di rumah atau menyewa deposit box di bank. Demi keamanan menyimpan emas di rumah memang tidak dianjurkan. Untuk mendapatkan keuntungan besar dari investasi emas Anda bisa memilih Pegadaian yang menyediakan berbagai fitur investasi terkait logam mulia ini.

Property

Investasi yang satu ini bernilai tinggi karena property adalah produk yang tak dapat diperbarui, tetapi dibutuhkan oleh banyak orang. Tanah atau rumah yang berada di lokasi strategis berpeluang mengalami peningkatan nilai hingga 20% per tahunnya. Tentu saja dibutuhkan modal yang tidak kecil untuk memulai investasi ini, karena untuk membeli lahan di kawasan perkotaan Anda memerlukan ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Alternative investasi property yang bisa dicoba bila modal Anda terbatas adalah dengan patungan property yang semakin banyak ditawarkan saat ini. Hampir sama dengan saham, nilai kepemilikan Anda atas suatu property yang dimiliki bersama-sama adalah sesuai nilai modal yang dikucurkan. Berikutnya property tersebut akan dijual setelah jangka waktu tertentu dan kenaikan harganya adalah keuntungan untuk dibagi bersama.

Asuransi

Investasi asuransi dipilih untuk memperkecil resiko kerusakan atau kehilangan suatu barang, misalnya kendaraan, property, dan sebagainya. Bila memilih property artinya Anda akan memperoleh keuntungan berlipat, yang pertama dalah proteksi bagi barang, kesehatan, hingga jiwa, dan kedua, property pun saat ini menawarkan nilai investasi yang dapat diambil pada jangka waktu tertentu. Pilihlah produk dwiguna atau unit link untuk mendapatkan keuntungan ganda tersebut.

Reksadana

Reksadana juga merupakan investasi jangka panjang yang cukup diminati saat ini. Reksadana berupa surat-surat bukti atas asset atau klaim. Keunggulan investasi reksadana adalah tersedia dalam berbagai pilihan (saham, obligasi, pasar uang, dan lain-lain), besarnya resiko dapat disesuaikan dengan kemampuan, dan dapat disesuaikan dengan ketersediaan dana. Investasi ini cocok bagi pemula tanpa pengalaman bisnis karena seluruh aktivitas investasi dilakukan oleh manajer investasi professional sehingga resiko kerugian dapat diminimalkan.

Obligasi

Yang dimaksud obligasi adalah investasi surat utang dari peminjam kepada investor atau yang memberikan pinjaman. Bukti obligasi adalah surat berharga yang menyantumkan nama Anda serta tanggal jatuh tempo pinjaman dan bunga yang merupakan hak pemberi pinjaman. Instumen investasi obligasi ini tersedia dalam beragam jangka waktu, mulai dari 1 tahun sampai 10 tahun.

Keuntungan yang diperoleh peminjam adalah berkesempatan untuk mengembangkan bisnisnya dengan kucuran dana tersebut, sementara pemberi pinjaman memperoleh bunga sebagai imbal hasil pinjamannya.

Tips agar investasi jangka panjang memberikan hasil yang memuaskan

Tujuan menjalankan investasi adalah agar mendapatkan keuntungan sebagai jaminan hidup sejahtera di masa depan atau usia yang sudah tidak produktif lagi. Untuk mewujudkan keinginan tersebut berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda coba!

Terapkan prinsip bersakit-sakit dahulu dan senang kemudian. Seorang investor rela penghasilan bulanannya berkurang karena dikembangkan pada sarana investasi. Tentu saja ini artinya yang bersangkutan tak bisa lagi menjalankan gaya hidup boros dan tanpa perhitungan. Bila Anda ingin investasi yang Anda rintis memberi hasil yang memuaskan tentunya dibutuhkan modal yang tak sedikit sehingga mengharuskan Anda untuk berhemat dengan sisa gaji yang ada.

Faktanya modal investasi yang paling bernilai bukanlah uang melainkan waktu. Jadi sedari muda, sehat, dan produktif, isilah waktu dengan hal-hal yang berguna. Ini misalnya dengan banyak membaca buku yang berkaitan dengan investasi atau bisnis, lebih banyak bergaul dengan lingkungan yang positif, menjalin networking, dan sebagainya.

Para pebisnis sukses dengan asset dan kekayaan triliunan rupiah semuanya adalah pembelajar sejati baik secara otodidak atau dengan jalur akademis. Bila ingin merasakan kesuksesan mereka maka ikutilah kebiasaan tersebut. Belajarlah dari ahlinya karena investasi dan bisnis tanpa mentor yang tepat hanya mendekatkan resiko bisnis yang lebih besar.

Jangan ragu mengeluarkan dana untuk mengikuti seminar, webinar, atau kursus-kursus investasi dari praktisi yang berpengalaman. Bacalah buku-buku bisnis yang ditulis oleh para professional pada bidangnya.

Ibarat sedang menanam pohon peneduh, investasi Anda membutuhkan waktu untuk menumbuhkan akar yang kuat, batang yang besar, serta dedaunan yang lebat. Hal ini membutuhkan waktu dan kesabaran. Jangan mengharapkan keuntungan ratusan juta saat baru bergabung dengan suatu investasi selama beberapa bulan. Misalnya Anda membeli emas sebagai sarana investasi, jangan terburu-buru menjualnya sebelum harganya mengalami peningkatan secara signifikan.

Libatkan Tuhan dalam berbagai aktivitas sehari-hari Anda, termasuk dalam bisnis dan investasi. Upaya manusia saja tidak akan sanggup mewujudkan keinginan Anda tanpa campur tangan yang Maha Kuasa. Karena itu dekatkanlah diri kepada Tuhan dan berdoalah dengan rajin untuk kehidupan yang sejahtera.

Itulah ulasan terkait investasi jangka panjang, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar