Investasi Digital: Keuntungan, Resiko, dan Jenisnya

Investasi Digital: Keuntungan, Resiko, dan Jenisnya

Investasi digital merupakan kegiatan usaha atau bisnis yang viral di jaman ini. Penyebabnya tidak lain akibat banyaknya masyarakat investor yang menggunakan lahan ini untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Nah, keberadaan internet sendiri telah ikut membantu mempermudah proses investasi secara digital.

Investasi ala digital sendiri tidak hanya bisa dilakukan oleh investor profesional dan berpengalaman saja.Tetapi orang yang berbisnis investasi pemula sekalipun tetap bisa menggunakannya.Yang dibutuhkan hanya keseriusan dan kemampuan membaca peluang saja supaya hasil investasi benar-benar memuaskan.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan tentang investasi online/digital secara lengkap. Baik dari segi pengertian, keuntungan dan kerugiannya. Sedangkan di akhir nanti akan dijabarkan terkait dengan jenis-jenis investasi ala digital yang layak dicoba. Ini dia ulasan selengkapnya:

Pengertian Investasi Digital

Investasi digital adalah bisnis investasi yang memungkinkan investor bisa menginvestasikan uangnya tanpa harus mendatangi kantor penyedia bisnis investasi. Yang dibutuhkan hanya perangkat android yang tersambung dengan jaringan internet saja. Setelah itu, pihak investor bisa menyampaikan hasrat bisnisnya kepada admin langsung melalui situs yang resmi dengan tetap memakai perangkat yang sama.

Investasi online atau digital merupakan bisnis yang paling mudah dijalankan. Selain investor tidak perlu mengeluarkan biaya transport untuk mendatangi pegadaian, bank maupun perusahaan, investor juga bisa menyediakan modal awal investasi yang sangat ringan.

Memang jika dibandingkan dengan investasi offline, biaya awal investasi online atau digital jauh lebih murah. Investor juga tidak perlu khawatir dengan keamanan investasi karena biasanya admin sudah menyertakan sistem keamanan berlapis.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Digital

Yang namanya bisnis pasti ada keuntungan dan juga ada kerugiannya. Begitu juga dengan bisnis investasi digital yang saat ini telah menjadi bisnis investasi nomor satu di dunia. Nah, terkait dengan keuntungan dan kerugian tersebut, maka ulasannya akan dijelaskan di bawah ini:

Keuntungan Bisnis Investasi Digital

Ada beberapa keuntungan bisnis investasi ala digital yang menjadikannya populer akibat dari banyaknya investor domestik maupun mancanegara yang menggarapnya. Ini dia keuntungan-keuntungan yang dimaksud yang bisa Anda jadikan sebagai motivasi untuk juga ikut menjalankannya:

  • Investasi jauh lebih mudah

Keuntungan bisnis investasi ala digital yang pertama adalah investasi jauh lebih mudah karena investor cukup menjalankan bisnis melalui perangkat seperti ponsel dan komputer. Pengiriman uang pun bisa dilakukan secara digital karena saat ini sudah banyak aplikasi E-Banking yang bisa digunakan.

Oleh karena konsep bisnis yang canggih semacam ini, tentu progres investasi yang dijalankan juga maksimal. Investor juga bisa menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu mendatangi perusahaan yang menyediakan subjek investasi.

Maka dari itu, daripada menekuni investasi secara offline, lebih baik berinvestasi secara online atau digital saja. Baru investor akan merasakan keuntungan finansial yang benar-benar menggiurkan.

  • Banyak pilihan jenis investasi

Jika dibandingkan dengan investasi offline, investasi ala digital memiliki jenis-jenis subjek investasi yang jauh lebih lengkap. Salah satunya adalah investasi bitcoin atau investasi mata uang digital yang tidak mungkin bisa dijalankan melalui bank konvensional.

Sejatinya, semua jenis investasi konvensional bisa dijalankan secara digital. Namun dari segi jumlah memang sedikit lebih lengkap karena ada tambahan investasi yang bisa dicoba. Di antaranya investasi harta bergerak, investasi pembuatan aplikasi hingga investasi dalam pembangunan situs dan website tertentu.

Semua ini akan mendatangkan keuntungan yang luar biasa jika investor bisa mengelola aset investasinya dengan serius dan konsisten. Termasuk memiliki kemampuan membaca peluang kapan laba investasi ditarik sebagai profit dan mana laba yang akan dijadikan sebagai modal tambahan.

  • Modal awal ringan tetapi keuntungan memadai

Kalau Anda investor pemula dengan modal sedikit, coba geluti investasi ala digital. Biasanya apapun jenis investasi ala digital yang dipilih pasti modal awal yang dibutuhkan tidak sebesar investasi offline. Sehingga bisnis ini juga layak dimainkan oleh investor pemula dari Indonesia.

Sekalipun bermodal ringan, tetapi keuntungan dari bisnis investasi ala digital sangat besar dan juga bisa membuat Anda sukses dalam hidup. Saat ini sudah banyak pensiunan yang menggarap bisnis ini karena bagi mereka, bisnis investasi digital benar-benar menawarkan sebuah progres penghasilan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kerugian Bisnis Investasi Digital

Sekalipun memiliki beberapa keuntungan, ternyata investasi ala digital juga memiliki beberapa kerugian. Ini juga perlu diperhatikan oleh investor jika ingin usahanya menguntungkan dengan profit berlimpah. Ini dia kerugian-kerugian yang dimaksud:

  • Bisnis rawan scam

Jika ingin menjalankan bisnis investasi ala digital, pastikan investor memilih website perusahaan maupun lembaga investasi yang legal. Sebab, tidak sedikit penyedia usaha investasi tersebut tidak memiliki legal standing yang sah alias abal-abal.

Sekali saja terjebak dengan situs investasi semacam ini, tentu pihak investor akan rugi sendiri. Sebab, pihak admin yang tidak bertanggungjawab tersebut akan melarikan diri setelah mendapatkan uang yang banyak. Sedangkan progres investasi tidak akan berjalan karena memang jenis bisnisnya bodong alias tidak ada.

  • Data investor rawa diretas

Kerugian bisnis investasi digital yang juga tidak boleh disepelekan ialah adanya data investor yang rawan terkena peretasan oleh hacker yang jahat. Ini bisa saja terjadi jika lembaga investasi ataupun situs yang dipilih tidak dilengkapi dengan security system yang memadai.

Kalau identitas investor sudah terkena retas, tentu bukan hanya uang yang bakal hilang, tetapi data tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan tindakan kejahatan. Bahkan ada banyak kasus dimana tindakan pencucian uang justru menggunakan data-data nasabah investasi yang sejatinya legal tetapi sudah kena hack.

Jenis-Jenis Investasi Digital

Sudah dijelaskan di atas, kalau jenis-jenis investasi digital sangat banyak dan semuanya menawarkan keuntungan yang luar biasa. Nah, di bawah ini ada beberapa jenis bisnis tersebut yang bisa Anda jalankan mulai sekarang. Ini dia jenis bisnis yang dimaksud:

  • Investasi digital reksadana

Investasi digital reksadana merupakan jenis usaha investasi yang paling populer sekarang ini. Oleh karena itu, banyak platform yang juga ikut meramaikannya yang bisa dijadikan sebagai rujukan oleh para investor. Platform yang dimaksud di antaranya Tokopedia Reksadana, OVO dan BukaReksa.

Jenis reksadana yang bisa dipilih juga banyak dan yang paling menguntungkan adalah reksadana saham dan pasar uang. Jika Anda masih investor pemula maka silakan coba reksadana pasar uang terlebih dahulu baru masuk ke reksadana saham maupun obligasi.

  • Investasi digital emas

Di internet juga ada bisnis investasi emas yang bisa dicoba oleh Anda yang ingin mendapatkan keuntungan berlebih selain gaji bulanan.:Luar biasanya Anda tidak perlu memegang fisik emas karena teknik bisnis dijalankan secara online atau digital.

Platform investasi emas yang terpercaya dan sudah legal OJK di antaranya adalah Tokopedia Emas, dan Buka Emas. Sedangkan untuk yang lain masih perlu riset lebih lanjut untuk menilai apakah platform tersebut bisa dipercaya atau tidak.

  • Investasi bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital yang juga banyak diminati oleh investor di Indonesia. Salah satu fungsi dari mata uang ini ialah untuk mempermudah masyarakat yang ingin berbelanja online tanpa harus mengeluarkan uang cash.

Cara investasi bitcoin secara digital juga sangat mudah. Investor cukup membeli bitcoin ketika harganya turun dan menjualnya ketika harga bitcoin sudah melambung tinggi. Nah, nilai selisih yang ada akan menjadi laba dari usaha bisnis investasi bitcoin yang dijalankan.

Sepertinya ulasan terkait bisnis investasi digital di atas sudah dijelaskan secara rinci dan runtut. Maka dari itu, tugas Anda berikutnya adalah memotivasi diri apakah memang tertarik untuk menggeluti bisnis ini atau malah sebaliknya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Investasi Digital: Keuntungan, Resiko, dan Jenisnya