Internet dan Fakta Menarik Darinya Part 2

Internet dan Fakta Menarik Darinya Part 2

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel yang sebelumnya yang berjudul sama dan dapat kamu baca di sini. Ini masih tentang Internet dan beberapa fakta yang mungkin belum kamu ketahui. Perkembangan yang cukup pesat dari teknologi ini telah menjangkau berbagai sisi dari kehidupan kita. Bahkan teknologi ini bukan lagi menjadi sebuah hal baru bagai masyarakat.

Untuk fakta-fakta menarik lainnya, bisa kamu baca dari artikel di bawah ini. Mungkin beberapa fakta ini cukup untuk bisa menambah wawasan kamu nantinya.

Internet

Pesan Internet Pertama adalah “LO”

LO? Mengapa itu menjadi pesan pertama yang dikirim melalui ARPANET? Yah sebenarnya, pesan itu dimaksudkan untuk membaca “LOGIN“, tetapi hanya dua huruf pertama yang berhasil masuk ke komputer penerima. Dua surat bersejarah itu melakukan perjalanan dari UCLA ke Stanford pada tanggal 29 Oktober 1969. Hanya beberapa bulan setelah Neil Armstrong menginjakkan kaki di Bulan.

Singkat Untuk “Internetwork”

OK, ARPANET belum benar-benar disebut dengan itu. Kata “internet” adalah kependekan dari “internetwork”. Dengan kata lain ini hanyalah sebuah jaringan.

 

Segelintir komputer pertama dengan cepat bergabung dengan orang lain yang ingin ikut serta dalam kelompok. Masalahnya adalah tidak ada yang benar-benar tahu cara menangani lalu lintas dari begitu banyak komputer potensial sekaligus. Packet switching adalah pendekatan yang tepat, tetapi ada lebih dari satu cara untuk mengganti paket.

Itu adalah kemacetan terberat di dunia, jadi bagaimana cara mengatasinya?

Memiliki Bahasa Sendiri

Untuk mengatasi masalah ini, ilmuwan cerdas lain bernama Vinton Cerf datang dengan protokol yang secara imajinatif dinamai Transmission Control Protocol. Ini pada dasarnya seperti bahasa yang digunakan perangkat untuk berbicara satu sama lain. Cerf tidak dilakukan dan memasangkan TCP dengan IP atau protokol. Itulah sebabnya Anda sering mendengar istilah ” TCP / IP “.

Gabungan, kedua protokol ini menentukan aturan yang digunakan teknologi ini untuk mengirim paket ke seluruh dunia. Ini sangat pintar dan sesuatu tidak akan bisa dikelola tanpanya.

Sekarang teknologi ini tidak hanya digunakan oleh orang yang duduk di depan komputer. Kami sekarang memiliki sesuatu yang dikenal sebagai Internet of Things (IoT). Ini adalah kumpulan perangkat sehari-hari seperti mobil, peralatan dapur, dan apa pun yang dapat kamu pikirkan yang memiliki koneksi. Mereka dapat berbagi informasi satu sama lain dan dunia, sehingga lemari es kamu dapat memesan lebih banyak susu saat mulai digunakan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Internet dan Fakta Menarik Darinya Part 2