Intel Dengan Sengaja Melemahkan CPU-nya Sendiri Dari AVX-512

Intel Dengan Sengaja Melemahkan CPU-nya Sendiri Dari AVX-512

Sebenarnya, kita tahu dari Intel bahwa mereka dengan cermat mengotak-atik prosesor yang lebih cepat dan lebih kuat. Namun, kini terungkap bahwa ahli chip itu tampaknya sengaja membuat prosesor Alder Lake-nya lebih lambat. Ini terjadi dengan menghapus apa yang disebut ekstensi AVX-512. Konsekuensinya? Beberapa aplikasi sekarang dikatakan mengalami penurunan kinerja.

Prosesor murah Intel sangat dipengaruhi oleh kinerja yang melambat. Penyebabnya adalah update firmware motherboard Z690. Ini memastikan bahwa ekstensi ini yang meningkatkan kinerja dinonaktifkan tanpa basa-basi lagi. Sebenarnya, ini tidak boleh digunakan pada CPU Intel konvensional. Sebaliknya, pada awalnya dirancang untuk prosesor yang harus memberikan banyak kinerja karena penggunaannya dalam struktur server.

Meskipun pengguna konvensional seharusnya tidak memperhatikan kinerja terbatas dari CPU Intel, ini masih merupakan kasus mengemudi dengan rem tangan menyala. Penggunaan itu mungkin, tetapi tidak ada gunanya secara teori. Ini dimungkinkan untuk menggunakan bagian motherboard yang sesuai di CPU konsumen normal Intel. Namun, prasyarat untuk ini adalah kamu menyesuaikan kinerja prosesor sehingga hanya berfungsi melalui inti kinerjanya.

Sangat Menarik Melihat AVX-512

Menariknya, hal ini selalu terjadi pada CPU entry-level, seperti Core i5. Core kinerja yang terpengaruh bahkan tidak diaktifkan di luar pabrik di cabang yang kuat, seperti Core i9-12900K. Untuk melakukan ini setelahnya, pertama-tama kamu harus menonaktifkan apa yang disebut inti efisiensi. Sekarang tidak mungkin lagi di salah satu prosesor. Kecuali kamu masih memiliki mikrokode revisi nomor 12.

Namun, arti dan tujuan dari semuanya dapat diperdebatkan dengan percaya diri. Lagi pula, bagian prosesor yang kuat tidak pernah digunakan. Apalagi saat bermain game dan juga aplikasi konvensional, kekurangan AVX-512 tidak memberikan efek apapun. Namun demikian, beberapa pengguna melaporkan bahwa ada penurunan kinerja yang terukur dengan revisi mikrokode nomor 18.

Mengingat ini adalah degradasi buatan dari pihak pabrikan, ini benar-benar memalukan. Intel tidak akan dapat mengumpulkan teman di basis penggemar dengan ini. Mempertimbangkan meningkatnya kekuatan persaingan AMD, waktunya tidak bisa lebih buruk. Jadi apakah AVX-512 benar-benar sangat berpengaruh? Dan kapan ini akan di ungkapkan?

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Intel Dengan Sengaja Melemahkan CPU-nya Sendiri Dari AVX-512 flagcounter