Instagram Sepi? Ikuti Langkah Cara Mengelola Instagram Berikut

Instagram Sepi? Ikuti Langkah Cara Mengelola Instagram Berikut

Instagram merupakan salah satu platform sosial media yang sangat populer. Pengguna Instagram saat ini mencapai jutaan di seluruh dunia. Aplikasi ini berbasis pada share foto dan video sehingga cocok untuk menjalankan bisnis. Namun ketika Instagram sepi, Anda perlu mengetahui cara mengelola Instagram dengan baik.

Cara Mengelola Akun Instagram yang Mulai Sepi

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas sekilas mengenai cara untuk mengelola akun Instagram yang sepi.

1. Merapikan username

Jika ingin akun Instagram mudah ditemukan yang dikenali orang lain, gunakanlah nama pengguna atau username yang singkat. Akan lebih baik menggunakan nama asli Anda atau nama bisnis yang dijalankan.

Hal ini akan sangat membantu untuk mendongkrak Instagram lebih ramai karena orang lain pasti akan lebih yakin untuk mengikuti akun Anda. Selain itu, merapikan username juga memudahkan orang lain untuk menemukan akun Anda di kotak penelusuran.

Apalagi jika Instagram digunakan untuk bisnis atau promosi, pastikan username yang digunakan tidak berbelit-belit.

2. Gunakan foto profil dan bio yang terbaik

Foto profil dan biodata merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam mengelola Instagram. Usahakan untuk menggunakan foto profil asli dan jelas, sehingga hal ini dapat meningkatkan kredibilitas akun Instagram Anda. Jika akun tersebut merupakan akun bisnis promosi, maka bisa menggunakan logo atau foto produk terbaik.

Untuk mengisi bio, tulislah sesuatu yang benar-benar mewakilkan diri Anda atau bisnis yang dijalankan. Tulislah bio yang menarik sehingga harus benar-benar dipikirkan matang.

3. Membuat postingan yang menarik

Survei membuktikan bahwa 9 dari 10 orang tidak menyukai postingan Instagram yang berisi foto di tempat yang kurang menarik. Apalagi jika foto tersebut foto selfie, misalnya foto selfie di kamar dengan caption seadanya. Karena tentunya tidak ada orang yang peduli dengan hal itu kecuali jika Anda adalah selebgram.

Apalagi jika akun Anda merupakan akun bisnis, usahakan untuk memposting produk semenarik mungkin. Atau jika produknya berupa busana, perlu mengambil foto dengan pose terbaik di tempat yang menarik.

4. Menggabungkan foto dan video

Apakah akun Instagram Anda mulai sepi? Mungkin saja postingan Anda ada memiliki konsep yang monoton sehingga membosankan.

Untuk mengatasinya, cara mengelola Instagram yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengombinasikan konsep foto dan video untuk feed Instagram. Dengan terciptanya feed yang menarik, maka para pengguna pun akan mengikuti akun Anda.

5. Upload foto secara terjadwal

Untuk memaksimalkan akun Instagram Anda sehingga dikenal banyak orang, aturlah jadwal untuk posting foto. Hal ini penting untuk dilakukan karena bertujuan untuk menjaga followers yang telah dimiliki. Jika lama tidak posting maka k-popers Anda akan menganggap bahwa akun tersebut sudah tidak aktif.

Apalagi lagi untuk bisnis yang dijalankan melalui Instagram, harus rajin-rajin upload produk. Pastikan bahwa Anda memiliki jadwal upload foto tersendiri, tetapi hindari untuk spam foto karena bisa menyebabkan stok foto habis untuk jadwal berikutnya.

Pilihlah waktu-waktu tertentu di mana banyak orang yang sedang aktif Instagram di jam-jam tersebut. Dengan demikian maka postingan di akun Instagram akan mendapatkan banyak like dan komen.

6. Aktif memberikan respon

Apabila akun Instagram Anda mulai populer, tetaplah untuk memberikan respon kepada orang-orang yang meninggalkan komentar di postingan Anda. Hal ini akan menciptakan kesan bahwa Anda merupakan pengguna Instagram yang ramah.

Selain itu juga tidak ada salahnya jika menyapa pengguna lain. Perlu diketahui bahwa keaktifan Anda di Instagram bisa membuat akun Anda lebih dikenal sehingga mendatangkan banyak followers. Cara mengelola Instagram yang satu ini sangat penting diterapkan.

Tips Mengelola Instagram Untuk Bisnis

Saat membangun Instagram bisnis tentu ada banyak hal yang perlu dilakukan. Namun saat ini banyak pebisnis yang ingin melakukan cara yang instan untuk mendapatkan hasil.

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis melalui Instagram, berikut ada beberapa tips cerdas yang dapat dilakukan.

Hindari kesalahan

Ada banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis yang melakukan promosi melalui Instagram. Misalnya yaitu kesalahan fatal terkait posting produk di awal menggunakan akun, tidak ada interaksi dengan audiens, tidak tahu konten yang menarik bagi audiens, dan lain sebagainya. Usahakan untuk menghindari hal-hal tersebut jika ingin sukses melakukan promosi di Instagram.

Fokus menciptakan konten menarik

Jangan menyuguhkan konten yang lebay untuk para followers Instagram. Bayangkan saja ketika Anda menemui postingan yang lebay, Anda tentunya tidak memberikan like dan komen. Justru malah semakin malas untuk melihat postingan tersebut.

Buatlah konten yang kreatif sesuai dengan target pasar. Bagikan manfaat dari postingan tersebut kepada audiens sehingga mereka akan betah untuk melihat postingan Anda.

Memahami algoritma Instagram

Untuk mengelola Instagram bisnis, usahakan untuk memahami algoritma Instagram. Saat ini giveaway sangat masif dari para pengelola akun ig bisnis karena akun itu tersendat algoritma.

Semakin hari aku tersebut akan merasa bahwa engagement semakin kecil sehingga semakin jarang pula untuk dimunculkan di feed para followers.

Hal ini dapat terjadi karena followers sudah bosan dengan postingan terkait jual produk dan mereka ingin disuguhkan dengan sesuatu yang memiliki nilai lebih. Jadi tidak harus selalu giveaway, karena hal ini mengisyaratkan follow, like, dan komen untuk bersahabat dengan algoritma.

Membuat konten yang dapat menarik interaksi

Cara mengelola Instagram bisnis selanjutnya yaitu buatlah konten yang dapat menarik interaksi followers. Hal ini menjadi unsur yang sangat penting dalam algoritma Instagram.

Jangan terlalu berpatokan dengan gambar yang menarik, karena saat ini Instagram lebih menyukai hasil content creator, bukan lagi fotografer. Jika engagements akun IG semakin tinggi, maka postingan Anda akan lebih diprioritaskan untuk dimunculkan pada feedfollowers maupun IG explore.

Memposting konten dengan meminta like

Tidak apa jika sesekali membuat konten yang bagus dan meminta like pada followers. Jika postingan Anda sesuai dengan selera followers, maka akan semakin banyak like yang didapatkan.

Perlu diketahui bahwa Like merupakan salah satu indikator postingan Anda di Instagram disukai oleh audiens, setidaknya 1 – 5% like dari jumlah pengikut total. Misalnya dari 5 kali memposting konten, buatlah satu konten yang meminta like dari followers. Jadi jangan semua konten yang diposting meminta like karena pastinya followers akan bosan dan malas.

Merekrut admin

Untuk dapat meningkatkan engagement Instagram, tidak ada salahnya jika memiliki admin Instagram yang aktif. Dengan adanya admin maka dapat lebih responsif dalam menanggapi dm dan komentar yang masuk.

Tidak harus 24jam, tapi setidaknya admin Anda siap untuk melayani tanggapan followers di waktu-waktu tertentu, terutama malam hari yang cukup ramai. Namun apabila dapat mengelola Instagram bisnis sendiri maka lebih baik karena akan lebih memahami tentang pengetahuan produk. Karena tentunya interaksi dengan followers adalah seputar produk yang ditawarkan.

Demikianlah beberapa cara mengelola Instagram bagi Anda yang sedang mengalami masalah Instagram yang sepi. Terkhusus untuk akun Instagram bisnis, harus terus-menerus menampilkan postingan terbaik yang terjadwal sehingga dapat mendongkrak bisnis yang dijalankan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Instagram Sepi? Ikuti Langkah Cara Mengelola Instagram Berikut flagcounter