Inilah 5 Cara Cek IMEI iPhone dan Keasliannya

Sebagai pengguna gadget khususnya ponsel, Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah IMEI, bukan? Sejak bulan April lalu, Kemkominfo mengeluarkan perintah untuk melakukan blacklist seluruh ponsel yang memiliki IMEI ilegal atau yang berasal dari BM (Black Market) tidak terkecuali iPhone. Nah, sebenarnya apa itu IMEI, apa fungsinya, dan bagaimana cara cek IMEI iPhone, mari simak ulasan selengkapnya berikut.

Cara Cek IMEI iPhone

Mengenal IMEI dan Fungsinya

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara cek IMEI iPhone, ketahui dahulu sebenarnya apa itu IMEI iPhone. Setiap membeli gadget yang resmi tentu telah disertai nomor IMEI termasuk pembelian iPhone. Nomor seri IMEI atau International Mobile Equipment Identity umumnya berjumlah antara 15 sampai 16 digit.

Nomor IMEI yang tertera pada ponsel memuat segala macam data penting. Selain itu, IMEI yang telah terdata pada Kemenperin berartiponsel tersebut statusnya legal. Sebaliknya, jika nomor IMEI tidak terdata pada Kemenperin maka status ponselnya adalah tidak legal.

IMEI menjadi bagian penting yang harus dimiliki sebuah ponsel, tapi sebagian orang tidak mengerti bahwa adanya IMEI sangatlah penting. Salah satu fungsi penting dari IMEI adalah menunjukkan bahwa perangkat tersebut benar-benar asli bukan BM. Oleh karena itu, sebelum membeli gadget khususnya iPhone, pastikan untuk mengecek nomor IMEI.

Cara Cek IMEI iPhone Asli atau Palsu dengan Mudah

Berikut beberapa cara cek IMEI iPhone yang bisa Anda lakukan sendiri untuk memastikan keaslian iPhone yang dimiliki, antara lain:

1. Cara Cek IMEI iPhone dari Boks Perangkat

Box iPhone Anda masih tersimpan rapi, kan? Sekarang, ambil box tersebut dan lihat pada bagian belakangnya. Anda akan melihat seri nomor perangkat iPhone seperti SN, SKU, dan IMEI.

Selain itu, jika di sana tercatat dua nomor IMEI yang berbeda berarti ponsel tersebut memiliki dua slot SIM sehingga nomor IMEI pun ada dua. Namun, hal seperti ini biasanya terjadi hanya pada jenis smartphone Android.

2. Cara Cek IMEI iPhone dari Sistem Pengaturan

Jika boka iPhone hilang atau malas mencarinya, nah Anda bisa gunakan cara yang satu ini. Cari pengaturan (setting) pada iPhone Anda, kemudian pilih General, dan klik About. Semua data terkait ponsel Anda akan muncul termasuk nomor IMEI.

3. Cara Cek IMEI dengan Melihat bagian belakang iPhone

Selain tercatat di bagian boks perangkat dan di pengaturan, nomor IMEI iPhone juga bisa Anda lihat pada bagian belakang ponsel. Namun, iPhone yang dilengkapi informasi nomor IMEI di bagian belakang ponsel adalah untuk iPhone 5, 5c, 5s, 6, ke atas. Bagaimana, mudah sekali, bukan?

Jadi, Anda tidak perlu mencari-cari kardus tempat iPhone atau mencarinya pada pengaturan karena hanya perlu membalik iPhone saja untuk bisa tahu nomor IMEI.

4. Cara Cek IMEI iPhone dari slot SIM card

Selain ketiga cara cek IMEI iPhone yang telah disebutkan, Anda juga bisa mengetahui nomor IMEI sebuah ponsel melalui slot SIM card. Cara untuk melihatnya, yaitu dengan membuka slot SIM Card dan lihat di bagian atas. Di sana, akan ada informasi nomor seri IMEI/ MEID iPhone Anda. Namun, perlu Anda ketahui jika tidak semua iPhone memiliki informasi IMEI di bagian slot SIM card, karena ini berlaku hanya untuk beberapa tipe iPhone.

5. Cara Cek IMEI iPhone Melalui Kode Dial

Terakhir, ada satu cara lagi untuk memeriksa nomor IMEI, yaitu dengan menggunakan kode dial. Caranya adalah dengan membuka menu telepon dan ketikkan kode dial *#06#. Nomor IMEI handphone Anda akan muncul pada layar secara otomatis. Selain iPhone, cara ini juga bisa diterapkan pada semua jenis ponsel.

Cara Mengecek Keaslian iPhone dengan IMEI

Meningkatnya peminat iPhone khususnya di Indonesia membuat beberapa oknum memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual iPhone BM. Dengan harga yang jauh lebih murah, banyak orang yang tertarik menggunakan iPhone BM.

Namun, banyak juga oknum yang mengaku jika iPhone yang mereka jual ori, namun faktanya bukan ori. Penipuan seperti ini sudah memakan banyak korban terutama para pembeli yang kurang berpengalaman.

Sebenarnya tidak hanya iPhone saja yang memiliki peluang untuk dipalsukan karena banyak merek handphone lain yang juga dipalsukan dan Anda bisa menggunakan cara sama untuk mengeceknya.

Cara mengecek apakah iPhone Anda ori atau palsu adalah dengan memastikan nomor IMEI pada boks sama dengan nomor IMEI pada iPhone. Jika keduanya memiliki nomor IMEI yang sama atau tidak ada perbedaan antara yang tercatat di boks dan sistem pengaturan, Anda lakukan langkah berikutnya.

Kunjungilah situs www.imei.info untuk pengecekan lebih lanjut terkait keaslian iPhone yang Anda miliki. Situs ini akan menampilkan data lengkap ponsel dengan proses yang lumayan cepat.

Jika Anda sudah berhasil masuk ke situsnya, masukkan nomor IMEI yang tertera pada iPhone. Semua data iPhone akan keluar dan Anda lihat apakah data tersebut sesuai dengan yang Anda pegang atau tidak. Jika nomor IMEI yang Anda masukkan ternyata hasilnya adalah data dariponsel lain, maka bisa jadi iPhone tersebut tidak asli.

Selain dengan IMEI, Anda bisa mengecek keaslian iPhone dengan beberapa cara lainnya, antara lain:

1. Menghubungkan iPhone ke iTunes

iTunes adalah aplikasi yang hanya dapat diakses oleh pengguna iPhone. Nah, Anda bisa menghubungkan iPhone dengan iTunes untuk mengecek keaslian sebuah iPhone. Bagamaina caranya, ikuti langkah-langkah seperti berikut.

  • Pertama, hubungkan perangkat iPhone dengan PC menggunakan USB
  • Selanjutnya, bukalah iTunes dan buka ikon perangkat yang terletak di bagian kiri atas
  • Pilihlah konten apapun yang ingin Anda selaraskan, seperti musik, foto, dan sebagainya
  • Jika sudah memilih konten, kemudian checklist semua item yang ingin Anda hubungkan/selaraskan
  • Kemudian, klik tombol ‘terapkan’ yang berada di pojok kanan bawah
  • Jika tidak terjadi penyelarasan, maka Anda bisa klik tombol ‘selaraskan
  • Apabila masih tidak bisa terhubung, maka kemungkinan besar iPhone tersebut tidak asli

2. Memeriksa Aplikasi Bawaan

Umumnya, iPhone memiliki beberapa aplikasi bawaan yang juga bisa digunakan untuk mengecek keaslian perangkat.

  • Langkah pertama adalah membuka App Store yang ada pada iPhone
  • Jika tidak bisa langsung terhubung dengan App Store, mungkin saja karena iPhone tersebut tidak asli
  • Selain itu, pastikan juga ponsel Anda dapat melakukan screenshot dengan cara menekan Tombol Home + Lock
  • Jangan lupa untuk memastikan bahwa operating system pada iPhone Anda adalah MAC bukan Android

3. Memeriksa Kondisi fisik iPhone

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengecek keaslian iPhone selain dengan IMEI adalah dengan memeriksa kondisi fisik iPhone dengan cermat. Ada beberapa hal pada iPhone yang membuatnya berbeda dengan ponsel lainnya, antara lain:

  • Layarnya yang super jernih
  • Semua jenis iPhone adalah produksi dari Apple yang hanya tersedia satu slot kartu SIM
  • Tombol kunci iPhone terletak di bagian layar atas
  • Tombol Volume dan Ringer Switch terletak di sisi kiri
  • Ada label bertuliskan Designed by Apple California dan Assembled in China
  • Selain itu, periksa fitur dan spesifikasi iPhone yang Anda miliki apakah sudah sesuai dengan standar Apple atau belum

Cara cek IMEI iPhone ini sangat penting mengingat banyak oknum yang mencoba untuk menipu para konsumen dengan menjual iPhone palsu. Semoga bermanfaat!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar