Inilah 4 Cara Hapus Cache Dengan Sangat Mudah dan Cepat

Inilah 4 Cara Hapus Cache Dengan Sangat Mudah dan Cepat

Selain komputer, data cache juga biasanya ada pada handphone. Cache yang dibiarkan dan tidak dihapus dalam jangka waktu lama dapat membuat kinerja perangkat Anda menjadi tidak maksimal. Ditambah lagi, cache yang terlalu banyak juga dapat memakan kapasitas harddisk. Hapus cache (cara menghapus cache) adalah salah satu solusi yang tepat untuk mengoptimalkan kinerja komputer atau laptop yang menurun.

Apa Itu Cache

Cache bukan sesuatu yang buruk hanya saja bisa memiliki sisi negatif. Oleh karena itu, sebelum mengulas lebih jauh bagaimana hapus cache (cara menghapus cache), Anda ketahui terlebih dahulu pengertian tentang cache.

Setiap membuka browser atau aplikasi di laptop maupun hp, terdapat data berukuran kecil yang akan tersimpan otomatis dalam memori perangkat. Data inilah yang disebut dengan cache.

Apa Itu Cache?

Cache adalah proses penyimpanan data sementara sehingga membuat prosesnya menjadi lebih cepat ketika ingin membukanya lagi di lain waktu. Pasalnya, browser atau situs tidak perlu mengunduh file tersebut berulang kali.

Saat Anda pertama kali mengunjungi sebuah situs, browser akan menyimpan data informasi sehingga proses loading menjadi lebih cepat dan efisien untuk kunjungan Anda berikutnya. Semakin banyak website yang diakses, maka jumlah cache browser juga akan semakin banyak.

Jenis Cache

Umumnya, ada 4 jenis cache yang biasa dikenal banyak orang, diantaranya adalah cache browser, cache memori, cache disk, serta cache prosesor. Sebagian besar pengguna komputer atau hp tidak menyadari kehadiran cache karena lokasi penyimpanannya terletak di background (latar belakang).

Sebenarnya ada banyak data yang bisa di-cache oleh pemilik situs. Pengaturan cache ini biasa disebut dengan ‘header’ data yang akan memberikan pemberitahuan kepada komputer bahwa user tersebut dapat di-cache.

Pemilik situs membuat pengaturan cache dan browser akan mengetahui apa saja yang harus diunduh. Pengaturan tersebut juga berisi di mana serta bagaimana file data tersimpan sementara.
Meskipun cache bisa membuat loading atau akses yang lebih cepat, namun ada juga sisi negatifnya terutama jika Anda biarkan terus menumpuk dari waktu ke waktu. Terlebih lagi jika jika ruang penyimpanan tidak begitu besar.

Bahkan, hapus cache dianjurkan jika perangkat Anda memiliki ruang penyimpanan yang sedikit. Setiap satu minggu atau satu bulan sekali usahakan untuk hapus cache supaya perangkat Anda selalu dalam kondisi optimal.

Umumnya, data informasi cache memiliki ukuran yang kecil dan bertambah besar jika terus dibiarkan dan tidak dihapus oleh pengguna. Inilah yang sering membuat loading browser menjadi lebih lama bahkan sampai gagal.

4 Cara Mudah Hapus Cache di Windows 10

Cara hapus cache (cara menghapus cache) bisa Anda lakukan pada pengaturan handphone, begitu juga pada komputer. Nah, berikut beberapa cara hapus cache di Windows 10, antara lain:

  • Menggunakan Disk Cleanup

Disk cleanup adalah fitur bawaan Windows yang berfungsi untuk membersihkan file yang sudah tidak dibutuhkan oleh sistem Windows. File tersebut seperti cache, temporary, atau junk files yang dapat membuat ruang penyimpanan semakin sempit.

Hapus cache (cara menghapus cache) melalui Disk Cleanup adalah cari lokasinya terlebih dahulu pada menu ‘Search’ dengan mengetikkan ‘Disk Cleanup’ dan enter. Selanjutnya, akan muncul menu Disk Cleanup, dan pastikan bahwa Anda pilih (C), kemudian klik ‘OK’.

Sistem akan secara otomatis menghitung semua jumlah file sementara yang ada di laptop atau komputer Anda. Kemudian akan muncul tampilan ‘Temporary Files’ yang bisa Anda centang mana yang ingin dihapus dan mana yang ingin dibiarkan. Jika sudah selesai memilih, silakan klik ‘OK’ kemudian pilih ‘Delete Files’ untuk menghapusnya.

Selain melalui kolom ‘Search’, Anda juga bisa membersihkan cache menggunakan menu ‘Disk Cleanup’ dengan cara tekan tombol Windows + E atau klik ‘File Explorer’. Selanjutnya, pilih menu ‘This PC’ dan klik kanan pada ‘(Local Disk C:)’.

Anda pilih menu ‘Properties’, klik ‘Disk Cleanup’, dan tunggu hingga proses menghitung files selesai. Selanjutnya, Anda centang mana saja file yang ingin dihapus.

Anda bisa centang semuanya kecuali menu ‘Downloads’ dan ‘Thumbnails’. Mungkin saja banyak di antara Anda yang membiarkan beberapa file penting masih di folder ‘Download’ atau belum sempat memindahkannya.

Jika sudah, klik ‘OK’, pilih ‘Delete Files’, dan tunggu hingga proses tersebut selesai.

  • Lewat Menu Settings

Cara hapus cache (cara menghapus cache) berikutnya adalah melalui tools bawaan Windows yang ada di menu Settings. Fungsi tool ini mirip seperti Disk Cleanup dimana menghapus file-file sementara yang sifatnya tidak penting dan sarankan untuk dihapus supaya ruang penyimpanan makin lega.

Langkah pertama adalah buka menu Windows Settings atau Anda tekan tombol Windows + I dan klik menu ‘System’. Selanjutnya, Anda pilih menu Storage, klik opsi ‘Configure Storage Sense or run it now’, dan pilih ‘menu ‘Clean Now’ di bagian bawah.

Proses cleaning membutuhkan beberapa saat tergantung besar kecilnya cache data, Anda tunggu saja hingga selesai.

  • Melalui Browser

Browser adalah salah satu aplikasi yang menjadi sumber cache, seperti Chrome, Mozilla, Edge, dan lainnya. Cara membersihkan file melalui browser sangatlah mudah.

Untuk hapus cache (cara menghapus cache) browser Chrome, buka Chrome, dan pilih ikon tiga titik yang terletak di sebelah pojok kanan atas layar. Kemudian, pilih menu ‘History’, lanjut ‘Clear Browsing Data’, dan klik ‘Clear Data’.

Sedangkan pada browser Mozilla sama seperti Chrome, yaitu pilih ikon dengan tiga garis. Kemudian, Anda pilih menu Options, klik ‘Privacy and Security’, pilih ‘Clear history’ dan ‘Clear now’ untuk menghapus semua data cache.

Sementara cara hapus cache (cara menghapus cache) pada Edge adalah pilih menu ikon titik tiga dan klik ‘Settings’. Selanjutnya pada menu ‘Clear browsing data’, Anda klik ‘Choose what to clear’, lalu pilih Clear’. Tunggu hingga proses browsing data selesai dibersihkan.

  • Via CCleaner

CCleaner adalah aplikasi yang digunakan oleh banyak orang untuk membersihkan komputer atau menghapus filecacheyang sudah tidak dibutuhkan. Carahapus cache (cara menghapus cache) dengan CCleaner juga sangat mudah.

Pertama, Anda harus instal aplikasinya terlebih dahuludi komputer atau laptop. Jika sudah berhasil terinstal, buka aplikasi, dan pilih menu ‘Custom Clean’.

Selanjutnya, centang semua file yang ingin Anda hapus dan abaikan file yang ingin disimpan. Lalu, Anda klik menu ‘Run Cleaner’ yang berada di bagian kanan bawah. Pada layar, akan muncul pemberitahuan bahwa apakah Anda sudah yakin ingin menghapus file tersebut dan klik ‘Continue’ jika sudah yakin.

Proses ini juga akan membutuhkan waktu, jadi Anda tunggu beberapa saat sampai semuanya berhasil terhapus. Setelah proses selesai, silakan Anda restart komputer atau laptop tersebut.

CCleaner juga dapat membersihkan file sistem di komputer hingga mendeteksi atau menghapus cookies pada browser sehingga kinerjanya lebih optimal. Untuk Anda yang membutuhkan aplikasi pembersih di komputer atau laptop yang optimal, CCleaner ini bisa jadi pilihannya.

Dari keempat cara hapus cache (cara menghapus cache) ini, mana yang menurut Anda paling tidak ribet?

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Inilah 4 Cara Hapus Cache Dengan Sangat Mudah dan Cepat