Ide Usaha Kreatif yang Dapat Dijalankan di Rumah

Di tahun 2020 ini, dunia sedang mengalami krisis ekonomi darurat akibat virus Corona atau Covid-19 yang menyebar dengan cepat dan mematikan aktivitas perekonomian di seluruh dunia termasuk Indonesia. Masyarakat dipaksa berada di rumah dan sebagian terkena imbasnya PHK. Karena itulah, masyarakat pun mencoba memutar otak mereka dengan ide usaha kreatif yang mampu menolong kondisi finansial masyarakat selama karantina mandiri di rumah.

ide usaha kreatif

Pentingnya Memiliki Ide Usaha Kreatif

Meskipun sekarang PSBB sudah mulai dicabut di beberapa daerah, hal ini tak lantas menjadi kebangkitan perekonomian di Indonesia sebab masih banyak perusahaan maupun individual yang masih mencoba memberlakukan karantina mandiri di rumah guna mencegah penularan Covid-19. Inilah yang menyebabkan kondisi finansial seolah berhenti dan imbasnya banyak dari mereka yang kehilangan pekerjaan apalagi orang kecil. Guna menyambung hidup maupun memenuhi kebutuhan, maka diperlukan otak yang cerdas.

Diperlukan pemikiran ide usaha kreatif yang akan membantu masyarakat menyambung hidup mereka atau mendapatkan penghasilan kembali setelah PHK dari perusahaan akibat Covid-19 yang membuat mereka tidak lagi mendapatkan gaji bulanan. Tentu saja ide itu benar-benar harus dipikirkan matang-matang karena bagaimanapun, sebagian besar usaha membutuhkan modal entah itu besar maupun kecil dan jika tidak ingin kehilangan modal itu, maka Anda harus memanfaatkannya dengan baik.

Tentu saja ide usaha yang bisa dilakukan di rumah itu sangat banyak dan sudah pasti ada usaha yang tidak membutuhkan modal besar seperti layaknya membangun perusahaan dari nol. Namun Anda tetap harus tahu apa saja yang dibutuhkan agar persiapannya lancar dan usaha bisa memberikan Anda hasil yang menguntungkan ke depannya. Bisa jadi, ini juga dapat menjadi usaha permanen Anda setelah mengalami keterpurukan akibat Corona yang membuat mereka harus berada di rumah terus.

Ide Usaha Kreatif Apa Saja yang Tidak Membutuhkan Modal Besar

Sebenarnya Anda bisa saja memikirkan atau terbersit sebuah ide usaha kreatif namun sayangnya Anda memiliki ketakutan untuk memulainya dan pikiran buruk menyerang bahwa Anda khawatir jika bisnis tidak berjalan dengan lancar atau tidak ada yang mau membeli barang Anda. Sebaiknya, pikirkan dulu usaha yang mau dibangun dan jangan memikirkan hasilnya lebih dulu karena hal ini yang akan justru menghambat Anda untuk membangun bisnis tersebut dan inilah beberapa ide yang bisa Anda gunakan antara lain:

  • Membuat usaha kerajinan tangan

Apakah Anda memiliki bakat di bidang seni atau cukup artistik dalam membuat sesuatu? Cobalah memanfaatkan barang sisa seperti kain sisa korden atau sisa pakaian yang lainnya bahkan juga sampah seperti plastik atau bungkus sabun, sampo dan sebagainya untuk diubah menjadi kerajinan tangan yang bernilai tinggi. Hanya orang-orang yang memiliki sifat detail dan telaten dapat melakukan hal ini dan sesungguhnya kerajinan tangan ini begitu menguntungkan dan diperoleh dari bahan sisa sehingga modal yang dikeluarkan tidak besar. Jika Anda bisa mendesain, maka ada banyak barang yang bisa diciptakan dari bahan sisa itu contohnya tote bag, pot bunga, tas, dompet, taplak meja, tempat pensil dan sebagainya.

  • Menjadi seorang Youtuber

Inilah usaha yang paling diminati oleh hampir seluruh orang di dunia bahkan juga kaum selebritis yaitu dengan menjadi seorang Youtuber. Siapa yang tidak mau memiliki channel Youtube sendiri dan mengunggah konten yang menghasilkan keuntungan atau pendapatan yang bahkan begitu besar nilainya dibandingkan dengan gaji bulanan yang Anda dapatkan dari perusahaan. Bahkan selebriti saja banyak yang rajin mengunggah konten dan memperoleh pendapatan yang lebih besar. Anda tidak perlu memiliki produk maupun memiliki toko untuk menjadi Youtuber.

Hal yang harus Anda lakukan hanyalah membuat video yang berkualitas dan kemudian unggah di laman Youtube Anda. Anda hanya perlu membuat video yang kontennya sesuai dengan tujuan Anda apakah Anda ingin membuat video khusus kuliner, khusus perawatan skincare atau resep masakan dan sebagainya. Jika banyak yang berkunjung, maka Anda memperoleh pendapatan.

  • Membuka bisnis katering

Sepertinya ini merupakan ide yang paling umum dan sudah banyak orang yang melakukannya. Namun tentu saja Anda bisa mengubah bisnis yang umum ini menjadi jauh lebih kreatif sehingga banyak orang semakin berminat. Ada begitu banyak orang kantoran yang mungkin tidak bisa makan siang di luar karena warung yang tutup akibat Covid-19 sehingga ini dapat menjadi peluang bagi Anda menyediakan jasa katering untuk makan siang dan cobalah membuat menunya berbeda setiap harinya sehingga konsumen tidak bosan. Anda juga bisa membuat dalam bentuk bento yang lucu dan menarik sehingga mampu membuat konsumen lebih memilih katering Anda dibandingkan yang lain. Meskipun Anda bisa memasak, namun tetap perkaya pengetahuan Anda dengan banyak resep yang lain sehingga semakin membuat menu variatif.

  • Usaha laundry

Usaha rumahan lain yang bisa dilakukan di rumah selama Anda menjalani karantina adalah bisnis laundry. Saat ini sudah cukup banyak masyarakat yang melakukannya karena tidak membutuhkan modal yang begitu besar dan menjalankannya pun cukup di rumah. Anda hanya perlu sedikit menambahkan unsur kreatif yang akan membuat bisnis laundry Anda lebih dilirik oleh konsumen dibandingkan yang lainnya. Usaha ini jelas akan diminati oleh para pekerja kantoran sekaligus mahasiswa yang tidak memiliki waktu luang untuk mencuci pakaian. Anda bisa melakukan pengantaran dan penjemputan pakaian bahkan memberikan bonus cuci gratis setelah konsumen melakukan laundry sebanyak 5 atau 10 kali sebagai tanda reward yang diberikan atas loyalitas konsumen.

  • Menjadi dropshipper

Jika Anda merasa dana adalah kendala besar dan rasanya untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap hari saja sudah sulit, maka cobalah untuk menjadi dropshipper karena bisnis dropship ini hanya butuh kerja sama dan kepercayaan saja tanpa ada modal. Disini Anda akan menjual kembali barang milik supplier tanpa Anda ketahui barang aslinya seperti apa dan menunggu pesanan dari pihak konsumen. Setelah itu Anda akan memesan langsung pada supplier dan pihak supplier yang akan mengemas sekaligus mengirimkan barang itu kepada pemesan namun atas nama Anda sebagai seller sehingga pihak supplier tetap “rahasia” dan tidak diketahui oleh pelanggan. Dengan kata lain, ini seolah Anda menjadi seller sungguhan yang memiliki barang untuk ditawarkan langsung.

  • Menjadi penulis artikel atau konten di internet

Usaha lain yang bisa Anda lakukan di rumah selama masa pandemi Corona yang membuat Anda kehilangan pekerjaan ataupun tidak bisa keluar rumah sama sekali dalam beberapa bulan, maka Anda bisa mencari pekerjaan dari rumah yaitu dengan melamar menjadi seorang penulis konten atau artikel di dalam situs. Ini merupakan ide yang baik untuk mengisi kantong Anda dengan cara yang mudah karena yang Anda butuhkan hanya komputer atau laptop, internet untuk mencari informasi dan sumber tulisan sekaligus kemampuan untuk menulis dan mengarang sekaligus menyusun kata-kata yang baik. Bisnis ini tentu saja tidak membutuhkan modal sama sekali namun Anda akan memperoleh penghasilan. Semakin banyak yang ditulis akan makin besar pemasukan Anda.

Inilah beberapa ide usaha kreatif yang dapat Anda lakukan di rumah saja selama masa pandemi Covid-19 yang menguntungkan dan memberikan peluang pada Anda untuk menjadikannya bisnis tetap di masa depan.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar