IBM Eagle, Komputer Kuantum Yang Lebih Dari Sebelumnya

IBM Eagle, Komputer Kuantum Yang Lebih Dari Sebelumnya

Dengan IBM Eagle, perusahaan IT dengan nama yang sama sekali lagi mencapai lompatan kuantum yang terkenal. Bagaimanapun, ini adalah komputer kuantum pertama yang dapat membanggakan lebih dari 100 bit kuantum (qubit). Komputer Kuantum ini memiliki begitu banyak qubit sehingga menghasilkan lebih banyak daripada yang kita pikirkan. Ini benar-benar tidak ada hubungannya dengan kinerja komputer klasik.

Nama ini memang terdengar lebih berhubungan dengan patriotik. Namun mengesampingkan nama ini, mereka benar-benar sangat bagus untuk Komputer Kuantum terbaru. Perusahaan saat ini juga sudah mengatakan meninggalkan masa ujicoba. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, ini memang benar-benar berbeda. Mereka mengembangkan penerus dengan performa yang sangat berbeda.

Sementara Hummingbird mencapai “hanya sekali” 65 qubit, Eagle mengelola 127 qubit. Itu adalah peningkatan kinerja yang luar biasa tidak hanya untuk IBM sendiri. Lagi pula, tidak ada komputer kuantum lain yang mampu mencapai nilai 100 qubit. Karya pertama dari generasi ini dengan demikian memiliki daya komputasi yang begitu tinggi. Ini tidak hanya berlaku untuk PC konsumen klasik, tetapi juga untuk superkomputer yang sangat cepat.

Imajinasi Dari IBM Eagle

Dengan kekuatan komputasi 127 qubit, adalah mungkin bagi IBM Eagle untuk mencapai yang tak terbayangkan. Seperti yang disebutkan di awal, ini sudah cukup untuk dapat menciptakan lebih banyak keadaan. Misalnya jika dibandingkan dengan jumlah atom di semua manusia di dunia yang disatukan. Tapi ini baru permulaan, jika IBM punya caranya sendiri.

Generasi berikutnya dari komputer kuantum milik perusahaan akan menyusul tahun depan. Generasi baru, yang disebut Osprey, akan lebih dari dua kali lipat kekuatan komputasi dari pendahulunya. Namun, karena interlocking qubit yang kompleks, seseorang tidak dapat berbicara di sini tentang penggandaan belaka.

Sebaliknya, kinerja meningkat secara eksponensial. Apa artinya ini di masa depan? IBM berbicara tentang generasi Osprey yang mampu memetakan lebih banyak keadaan daripada jumlah atom di seluruh alam semesta kita. Ada kemungkinan bahwa manusia menciptakan bagian pertama dari teknologi di sini,di mana imajinasi tentang kemungkinan hilang begitu saja. Lantas, apakah IBM Eagle akan terus berkembang lagi?

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program IBM Eagle, Komputer Kuantum Yang Lebih Dari Sebelumnya flagcounter