Hyperthreading dan Hal Yang Harus Kamu Tahu

Hyperthreading dan Hal Yang Harus Kamu Tahu

Katakanlah kamu sedang mencari untuk membeli prosesor baru dan tiba-tiba kamu harus memutuskan antara dua produk. Bahkan keduanya hampir sama di atas kertas, tetapi salah satu dari mereka memiliki fitur yang disebut hyperthreading dan yang lainnya tidak.

Jelas Hyperhreading adalah hal yang baik karena kamu harus membayar ekstra untuk itu. Akan tetapi apa fungsinya? Yang paling penting, apakah itu sesuatu yang harus kamu pedulikan?

Hyperthreading

Apa itu Hyperthreading?

Hyperthreading (HT) adalah nama Intel untuk multithreading simultan. Ini pada dasarnya berarti bahwa satu inti CPU dapat bekerja pada dua masalah secara bersamaan. Itu tidak berarti bahwa CPU dapat melakukan pekerjaan dua kali lebih banyak. Hanya itu dapat memastikan semua kapasitasnya digunakan dengan menangani beberapa masalah sederhana sekaligus.

Untuk sistem operasi, masing-masing inti CPU silikon nyata tampak seperti dua, sehingga memberi makan masing-masing bekerja seolah-olah mereka terpisah. Karena begitu banyak yang dilakukan CPU tidak cukup untuk membuatnya bekerja secara maksimal. HT memastikan kamu mendapatkan nilai uang dari chip itu dan tidak mengalami kerugian.

Pertanyaan yang sebenarnya datang ketika kamu memiliki dua CPU dengan spesifikasi fisik yang sama. Tetapi satu memiliki HT dan yang lainnya tidak. Sekarang pertanyaan kami benar-benar ada hubungannya dengan software yang ingin kamu jalankan.

Jika kamu memiliki software yang dapat menggunakan fungsi HT, kamu dapat memilih CPU dengan HyperThreading. Ini dipilih supaya kapasitas pemrosesan tidak ada yang terbuang sia-sia dan komponen bekerja mendekati potensi penuhnya sebanyak mungkin.

Jika software yang ingin kamu jalankan tidak memerlukan inti virtual HT, kamu akan benar-benar tidak melihat perbedaan dalam kinerja.

Secara tradisional operasi seperti rendering CPU 3D, encoding video, dan manipulasi foto akan membuat sebanyak thread yang CPU kamu dapat ambil. Dengan kata lain, inilah sebabnya mengapa HT terbatas pada CPU tingkat profesional seperti i7 dan yang lebih tinggi. Aplikasi yang sering digunakan seperti pengolah kata dan browser web tidak akan berkinerja lebih baik dengan hyperthreading. Jadi sekarang kamu tidak lagi pusing untuk menentukan pilihan yang tepat diantara keduanya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Hyperthreading dan Hal Yang Harus Kamu Tahu