Hosting Yang Bagus Harus Memilih 7 Kriteria Wajib Ini!

Pentingnya hosting bagi sebuah website sudah tidak diragukan lagi. Nah, jika anda sedang mencari jasa web hosting yang tersedia secara online, ada begitu banyak pilihan pastinya. Banyak yang menawarkan paket hosting dengan harga yang sangat murah, dan bahkan gratis. Namun, yang anda butuhkan bukanlah hosting yang murah, melainkan hosting yang bagus. Jasa web hosting online umumnya menawarkan layanan ‘gratis’ atau paket dasar. Perlu diingat bahwa layanan gratis yang ditawarkan memiliki sejumlah kelemahan.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Anda bisa menggunakan paket gratis ini jika memang memiliki anggaran yang sangat ketat atau hanya untuk keperluan belajar. Namun untuk web profesional, sebaiknya anda menghindari paket gratis, karena akan banyak masalah yang anda hadapi di kemudian hari.

hosting yang bagus

Cara Memilih Jasa Hosting Yang Bagus

Jasa web hosting yang bagus idealnya wajib memenuhi sejumlah kriteria. Berikut adalah kualitas yang perlu anda perhatikan saat memilih jasa web hosting, baik layanan online maupun offline.

1. Dukungan Teknis 24/7

Website anda pastinya beroperasi 24 jam dalam sehari. Anda tidak pernah tahu kapan masalah teknis dengan hosting bisa terjadi. Jika di website anda ada aplikasi yang sangat penting, maka harus dipastikan bahwa dukungan teknis dari penyedia jasa web hosting tersedia 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu (24/7). Artinya, kapanpun anda menemukan masalah di website, selalu ada tim teknis yang siap membantu.

Dukungan teknis bukan semata-mata orang yang bisa menjawab panggilan telepon dengan bahasa yang simpatik. Yang anda butuhkan adalah tenaga ahli yang bisa menyelesaikan masalah anda. Harus diingat bahwa setiap menit yang dilalui saat website offline, bisa jadi ada konsumen yang hilang. Saat bisnis anda berkembang, dukungan teknis 24/7 bahkan semakin penting, terutama jika website anda memuat sistem yang kompleks serta aplikasi yang canggih.

2. Layanan Backup

Fitur lain yang dimiliki jasa hosting yang bagus adalahlayanan backup. Bayangkan apa yang bisa terjadi jika anda kehilangan semua data di website: konten website, email, data konsumen, data penjualan, informasi keuangan, dan catatan inventaris? Bagi banyak perusahaan, bencana semacam ini bisa membuat mereka kehilangan bisnisnya sama sekali.

Untuk melindungi diri anda, anda memerlukan jasa web hosting terbaik yang menyediakan layanan backup sesuai kebutuhan. Misalnya, jika anda menjual produk secara terus-menerus, berarti website anda membutuhkan backup terus-menerus, sehingga tidak ada data atau informasi yang hilang.

Apa Itu Niagahoster?

Niagahoster adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang penyedia server hosting dan domain yang mulai beroperasi pada tahun 2014, hingga saat ini niagahoster masih konsisten memberikan layanan terbaik yakni hosting murah 2020.

Pastikan bahwa backup data website disimpan secara remote di server terpisah dari server yang digunakan untuk hosting website. Dengan demikian, ketika server bermasalah, maka backup data anda tetap aman.

Selain itu, pastikan jasa web hosting yang anda gunakan juga melakukan backup terhadap server mereka. Jika server bermasalah, maka mereka juga memiliki backup data tentang hosting web anda.

3. Uptime Bergaransi

Tidak ada yang lebih buruk daripada sebuah website yang selalu offline. Kondisi ini memberikan kesan buruk bagi pengunjung, dapat mempengaruhi peringkat website di mesin pencari, dan bisa membuat anda kehilangan konsumen. Hal semacam ini bisa terjadi jika anda menggunakan shared hosting. Kinerja server yang digunakan untuk web hosting dapat dipengaruhi oleh pengguna lain di server yang sama. Kinerja website anda juga bisa terganggu jika server terlalu tua dan membutuhkan pemeliharaan secara terus-menerus.

Jika anda menggunakan jasa shared hosting, carilah jasa web hosting yang memberikan garansi uptime setidaknya 99.95%. Jika anda menggunakan hosting yang lebih canggih, seperti dedicated server atau cloud hosting, anda juga harus memastikan kualitasnya. Pastikan bahwa server yang digunakan bisa menjamin bahwa website anda tersedia online minimal 99.99%.

4. Fitur Keamanan Yang Handal

Satu lagi fitur jasa hosting yang bagus adalah jaminan keamanan bagi website anda. Para hacker saat ini menggunakan software canggih yang memungkinkan para penjahat cyber untuk scanning jutaan website dan jejaring setiap hari. Hampir setiap website dan sistem dipengaruhi. Jika mereka menemukan kelemahan, maka para hacker akan mengambil keuntungan.

Oleh sebab itu, anda membutuhkan jasa web hosting yang mampu menyediakan senjata handal untuk menjaga website anda dari serangan para hacker maupun virus. Website anda membutuhkan firewall yang kuat, teknologi email scanning, pencegahan spam, enkripsi SSL, dan sebagainya. Dampak dari keamanan yang lemah sangat menakutkan. Website anda bisa digunakan para hacker untuk menyebarkan virus dan data-data anda bisa dicuri. Anda bisa membayangkan dampaknya, bukan?

5. Layanan Migrasi

Pindah dari satu web host ke web host lain bisa menjadi proses yang rumit secara teknis jika dilakukan sendiri. Jasa web hosting yang bagus biasanya menyediakan layanan migrasi gratis bagi konsumen. Artinya, mereka bisa memindahkan website sesuai kebutuhan anda dan memastikan semuanya berjalan lancar. Jika jasa web hosting tidak bisa menyediakan hal ini, mungkin saja karena mereka tidak memiliki tenaga ahli atau sumber daya manusia yang mampu melakukannya untuk anda. Jika demikian, bisa saja ada masalah di kemudian hari.

6. Kapasitas untuk Pertumbuhan Jangka Panjang

Jasa web hosting yang bagus pastinya memiliki semua sumber daya yang anda butuhkan untuk mengembangkan perusahaan. Saat ini, perusahaan anda mungkin baru berdiri, skala kecil, dan menggunakan shared hosting. Dalam beberapa tahun kedepan, mungkin perusahaan anda sudah menjadi badan usaha yang memerlukan dedicated server yang dipadukan dengan cloud hosting publik dan privat. Siapa yang tahu?

Jasa web hosting tersebut harus mampu menyediakan setiap jenis layanan hosting yang dibutuhkan perusahaan, mulai dari skala kecil hingga besar. Selain mampu menyediakan semua layanan yang dibutuhkan, prosesnya harus sesederhana mungkin. Permintaan atas produk/jasa yang anda sediakan bisa saja melonjak kapan saja. Jadi, pastikan web hosting anda siap tanpa menimbulkan macet dan tidak membuat sistem anda offline.

7. Control Panel Yang Mudah Digunakan

Mengelola sistem belakang layar website atau server bisa menjadi tugas yang rumit jika tidak didukung dengan interface yang sederhana. Jenis control panel yang paling banyak digunakan adalah cPanel, yang sangat cocok untuk server berbasis Linux.

Apa Itu CPanel?

cPanel adalah salah satu alat pengaturan atau control panel untuk web hosting dengan basis linux yang menyuguhkan GUI (graphical user interface) serta tools otomatis, semua fitur yang tersedia pada cPanel akan sangat membantu dan memudahkan dalam proses mengontrol server hosting untuk keperluan website.

Jika anda menggunakan server berbasis Windows, maka control panel yang cocok adalah Plesk. Kedua control panel ini menyediakan antarmuka dashboard tunggal yang mudah digunakan. Anda bisa mengubah setting, melakukan update, dan install software hanya dalam beberapa click.

Selain beberapa fitur di atas, masih ada fitur hosting yang bagus untuk diperhatikan. Di antaranya adalah email yang disediakan oleh jasa web hosting, ketersediaan sertifikat SSL (terutama bagi anda yang mengelola toko online), skema harga, kapasitas penyimpanan, dan sebagainya.

Jadi, jangan menjadikan harga sebagai patokan awal dalam memilih jasa web hosting online. Website untuk bisnis membutuhkan dukungan profesional, sehingga tidak memberikan kesan negatif di mata pengunjung. Sebelum menjatuhkan pilihan, anda juga bisa membandingkan fitur yang ditawarkan dua atau lebih jasa web hosting. Pilihlah perusahaan yang menawarkan harga rasional dan tidak menawarkan janji yang berlebihan.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar