Hosting WordPress Indonesia Terbaik Tahun 2021

Selagi ada waktu luang diluar jam kerja, tidak ada salahnya Anda menghabiskan waktu untuk blogging. Termasuk memilih hosting WordPress Indonesia terbaik. Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan istilah web hosting meskipun telah lama memiliki halaman WordPress cukup lama. Hal ini wajar, terutama jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengelola situs yang dimiliki. Jadi, ketika Anda membuat blog menggunakan domain WordPress, sudah termasuk hosting standar.

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah salah satu CMS (Content Management System) open source yang paling banyak digunakan sepanjang 2021, bahkan disebutkan bahwa hampir 80% website didunia menggunakan platform wordpress.

Perlu diketahui bahwa WordPress adalah sebuah platform blog yang dibuat menggunakan pemrograman PHP kemudian menggunakan database MySQL. Dengan platform ini kita bisa membuat website yang sangat indah hanya dalam waktu 2 menit saja, ini sudah termasuk untuk front end dan juga back end.

Hosting WordPress Indonesia Terbaik

Mengapa Web Hosting Worpress Itu Penting?

Hosting sendiri merupakan lokasi di mana fail sebuah situs dikelola pada jaringan internet terbuka. Jika menggunakan hosting standar bawaan WordPress, maka yang terjadi adalah dalam tempo singkat, resource usage atau tingkat penggunaan sudah masuk kategori berat. Periodenya tergantung pada frekwensi akses, pengaturan halaman, serta penambahan plugins pada halaman.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Jadi, ketika Anda tidak menggunakan hosting WordPress Indonesia terbaik dan hanya memakai hosting standar, risiko halaman untuk crash lebih tinggi. Semakin sering Anda mengakses, mengotak-atik, juga situs dikunjungi oleh pengguna internet, maka kian cepat pula resource usage-nya mengalami kelebihan beban yang juga berakibat loading semakin lambat.

Berbeda ketika Anda menggunakan hosting premium yang memberikan Anda banyak keuntungan :

  • Dapat melakukan instalasi tema-tema WordPress yang menarik dengan ukuran besar yang memakan space.
  • Bisa menambahkan plugins sebanyak mungkin tanpa khawatir membuat halaman menjadi lambat.
  • Loading halaman tanpa buffering berkat speed ngebut.
  • Keamanan situs menjadi lebih terjaga, terutama dari virus dan malware.
  • Backup data otomatis sehingga Anda tidak perlu khawatir konten yang pernah diunggah tidak dapat dipulihkan apabila terjadi masalah.

Rekomendasi Secure Hosting WordPress Paling Bagus di Indonesia

Manfaat dari web hosting sebagaimana dijabarkan pada poin-poin di atas hanya bisa Anda nikmati jika memilih vendor yang tepat. Di Indonesia sendiri, ada empat nama hosting premium yang menjadi favorit para blogger, khususnya dengan domain WordPress :

1. NiagaHoster

Web hosting yang satu ini memiliki kantor pusat di Yogyakarta, namun bukan merupakan produk lokal. NiagaHoster sendiri merupakan bagian dari perusahaan hosting asal Eropa, Hostinger Group. Di Indonesia, NiagaHoster berdiri di bawah bendera PT. Web Media Technology. Mulai beroperasi sejak 2013, kini sudah menjelma menjadi hosting WordPress Indonesia terbaik 2021.

Keunggulan dari NiagaHoster meliputi :

  • Pilihan paket unlimited yang lengkap dengan harga terjangkau.
  • Transparansi soal banderol harga, sesuai iklan yang dipromosikan – tidak menjebak.
  • Tanggapan saat terjadi kendala cepat dan baik.
  • Memberikan E-book terkait strategi jitu pengelolaan dan optimalisasi website.
  • Proses konfirmasi pembayaran dan pembaruan status berlangganan cepat.

Namun, NiagaHoster juga memiliki beberapa poin kelemahan yang memerlukan peningkatan :

  • Server kadang mengalami down, khususnya di saat-saat pengakses membludak.
  • Live chat pengaduan lewat CS seharusnya lebih cepat dibandingkan metode lain, namun realitanya lebih slow respon.

Paket web hosting dari NiagaHoster sendiri dibanderol mulai Rp10.000,- saja per bulan. Untuk informasi lebih lengkap silahkan Anda bisa membaca tentang review NiagaHoster.

Apa Itu Niagahoster?

Niagahoster adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang penyedia server hosting dan domain yang mulai beroperasi pada tahun 2014, hingga saat ini niagahoster masih konsisten memberikan layanan terbaik yakni hosting murah 2021.

2. Ardetamedia

Tidak banyak informasi yang dapat digali perihal asal-usul web hosting yang satu ini. Namun, lokasinya berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, dan merupakan bagian dari perusahaan hosting JogjaHost. Meskipun demikian, Ardetamedia telah memiliki banyak konsumen dengan feedback positif. Kelebihan dari Ardetamedia mencakup :

  • Harga paket yang murah, mulai Rp10.000,- saja per bulan.
  • Lolos tes load impact di mana memastikan server mampu menampung banyak pengunjung.
  • Dukungan layanan pelanggan yang bagus.
  • Memberikan garansi pelayanan 30 hari kepada user.

Sedangkan dari segi kelemahan, Ardetamedia memiliki beberapa poin yang harus lekas diperbaiki :

  • Uptime yang kurang stabil sehingga tidak menentu kecepatannya antara hari ini dengan esok dan seterusnya.
  • Terdapat biaya tambahan untuk layanan yang seharusnya sudah termasuk biaya berlangganan. Contohnya instalasi WordPress, Anda dikenakan tambahan Rp50.000,-.
  • Fitur back up data memiliki keterbatasan sehingga data yang dipulihkan jika terjadi insiden tidak bisa 100%.
  • Setelah berlangganan selama beberapa bulan, berdasarkan pengalaman penyewa hosting Ardetamedia, terdapat kebijakan kenaikan tarif secara sepihak.

3. Nusantara Host

Selain Ardetamedia, JogjaHost juga memiliki opsi web hosting lain yang juga populer, yaitu Nusantara Host. Mempertimbangkan induk dan saudara perusahaannya, tidak berlebihan jika memasukkannya dalam daftar hosting WordPress Indonesia terbaik. Bisa dibilang Nusantara Host merupakan merek yang lebih premium dibandingkan Ardetamedia. Kelebihannya :

  • Alokasi sumber daya untuk limit pengunjung melampaui hosting luar negeri. Hal ini memungkinkan website Anda dikunjungi lebih banyak pengguna internet.
  • Unlimited tanpa tambahan biaya apa pun.
  • Speed teruji cepat dan stabil.
  • Garansi uang kembali jika pelayanan tidak sesuai promosi.

Sayangnya, sama seperti hosting saudaranya, Nusantara Host memiliki kelemahan yang kurang lebih mirip :

  • Tidak tercantum informasi yang cukup tentang perusahaan.
  • Website hosting namun situs perusahaan sendiri kurang terawat sehingga kurang sesuai dengan sektor usaha yang ditawarkan.
  • Garansi uptime 99%, bukan 99,999% di mana server masih memiliki potensi down hingga 7 jam.
  • Pilihan paket terbatas dengan banderol termurah Rp20.000,- per bulan.

4. Jagoanhosting

Jagoanhosting ialah merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan hosting yang sudah lama hadir di Indonesia. Menjadi perusahaan yang paling banyak diminati oleh para pengembang website sejak tahun 2007, bahkan hingaa saat ini Jagoanhosting sudah memiliki dua kantor yakni di Malang dan Surabaya. Beberapa kelebihan dari Jagoanhosnting yakni seperti berikut.

  • Page load time super cepat
  • Toko online dengan harga murah
  • Pelayanan customer service cukup bagus
  • Harga VPS relative cukup murah
  • 30 hari garansi pembelian hosting
  • Gratis backup Gratis migrasi hosting

Bagi Anda yang sedang mencari layanan terkait web hosting, Jagoanhosting merupakan salah satu yang sangat direkomendasikan. Anda juga bisa membaca review Jagoanhosting terlebih dahulu untuk mengetahui beberapa produk dan kelebihan Jagoanhosting.

Tips Memilih Web Hosting Terbaik untuk WordPress

Anda mungkin dibuat bingung memilih vendor web hosting untuk mengakomodasi kebutuhan blogging Anda selama periode karantina seperti saat ini. Tentu, jika ingin fokus untuk mengelola situs WordPress pribadi, kualitas web hosting akan sangat menentukan hasil akhirnya. Terlebih mempertimbangkan intensitas akses yang berpengaruh besar terhadap halaman itu sendiri.

Hanya melakukan instalasi di awal saja melalui cPanel, kemudian setelah semua terpasang maka selanjutnya Anda tidak perlu pusing utak-atik cpanel lagi. Anda hanya cukup fokus untuk pengisian konten saja, jangan lupa untuk halaman admin wordpress yakni domain.com/wp-admin/.

Apa Itu CPanel?

cPanel adalah salah satu alat pengaturan atau control panel untuk web hosting dengan basis linux yang menyuguhkan GUI (graphical user interface) serta tools otomatis, semua fitur yang tersedia pada cPanel akan sangat membantu dan memudahkan dalam proses mengontrol server hosting untuk keperluan website.

Namun, ada tips mudah dalam memilih hosting WordPress Indonesia terbaik yang sesuai untuk kebutuhan blogging Anda :

  1. Sesuaikan antara dana yang dimiliki dengan kebutuhan hosting website Anda. Dari berbagai macam paket yang ditawarkan, pilih yang paling mengakomodasi kegiatan blogging tersebut tetapi juga aman untuk kantong.
  2. Pastikan vendor Anda menjamin soal garansi jika pelayanan tidak sesuai harapan.
  3. Kroscek ulang apakah unlimited yang ditawarkan benar-benar tanpa batas atau dengan persyaratan tertentu agar tidak merugikan Anda sebagai penyewa hosting.
  4. Rajin mencari informasi perihal feedback penyewa web hosting terkait di internet maupun orang-orang yang dikenal. Jangan mudah tergiur dengan promosi di media.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda lebih mudah dalam menentukan web hosting terbaik untuk halaman. Menghabiskan waktu untuk mengelola situs pribadi menggunakan hosting premium dapat pula menjadi sumber pemasukan sekunder Anda. Memanfaatkan lalu lintas dan kualitas konten, Anda bisa mendapatkan penghasilan melalui blogging.

Bagi yang belum menyadari potensi blogging dengan hosting WordPress Indonesia terbaik ini dapat memulai mencobanya. Dengan modal yang tidak terlalu besar namun dibarengi kreativitas konten yang tinggi, Anda bisa mendatangkan banyak pengunjung. Dari lalu lintas padat tersebut, peluang mendapatkan Adsense dan gaji dari Google menjadi lebih tinggi. Berani coba?

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar