Hosting Paling Murah Tapi Tidak Murahan, Cek Kriterianya!

Seperti diketahui, web hosting merupakan layanan penyimpanan dan manajemen data sebuah website, sehingga bisa diakses secara online. Layanan ini biasanya didapatkan dari sebuah perusahaan web hosting. Perusahaan ini menyediakan ruang penyimpanan yang disebut server web hosting. Seperti dibahas pada post terpisah, server yang disediakan perusahaan web hosting terdiri dari beberapa macam, seperti shared hosting, Virtual Private Service (VPS), dan dedicated hosting. Sebenarnya, ketika membahas biaya hosting dan pilihan hosting paling murah, maka yang dibahas pertama adalah jenis server (ruang penyimpanan) yang anda inginkan untuk website anda.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Server web hosting ini bekerja 24 jam setiap harinya. Dengan demikian, data dalam website anda juga bisa diakses kapan saja. Nah, kecepatan mengakses data-data dalam website ini ditentukan oleh jenis server yang digunakan. Sebagai contoh, jika data-data anda disimpan di sebuah shared server atau server yang digunakan bersama, maka kemungkinan loadtime akan lebih lama.

Mengapa? Bayangkan sebuah gudang yang digunakan untuk menyimpan banyak benda. Ketika anda membutuhkan satu benda, maka proses menemukannya akan lebih sulit, karena banyak benda lain di sana.

Demikian juga dengan shared server, data anda di simpan di sebuah server yang juga digunakan untuk menyimpan data website lain. Namun, kelebihannya adalah dari segi biaya. Harga hosting paling murah biasanya ditawarkan untuk layanan shared server, sedangkan harga paling mahal dibandrol untuk layanan dedicated server, karena data anda disimpan di ruang penyimpanan (server) sendiri.

hosting paling murah

Hosting Paling Murah dengan Shared Server

Sebenarnya, apakah anda akan memilih web hosting dengan shared server atau dedicated server ditentukan oleh layanan dan kapasitas yang dibutuhkan oleh website. Jika anda masih pemula dan website anda belum memiliki trafik yang tinggi, maka shared server mungkin saja sudah mencukupi.

Seperti disinggung di atas, setiap perusahaan web hosting menawarkan paket hosting yang berbeda-beda. Umumnya, harga hosting paling murah ditawarkan untuk shared server. Bahkan, anda bisa mendapatkan layanan hosting dengan membayar kurang dari Rp. 100.000 per bulan.

Lalu, siapa sajakah yang cocok menggunakan web hosting paling murah dengan shared server ini? Jika website anda memenuhi kriteria di bawah ini, maka shared server bisa dipertimbangkan:

  • Anda masih pemula atau sedang belajar website. Jika anda masih pemula dan membutuhkan layanan web hosting untuk belajar dan simulasi, maka shared server tentunya sudah cukup memadai.
  • Website dengan kebutuhan minimal, seperti landing page. Contohnya adalah website dengan landing page untuk produk atau jasa yang menggunakan sistem multi-level marketing. Dalam hal ini, content dalam website tidak memuat banyak web pages, dan tidak memuat file berukuran besar seperti gambar berkualitas tinggi atau video.
  • Blog pribadi. Misalnya adalah blog yang anda gunakan sebagai diary online, blog untuk memuat karya-karya kreatif (bukan untuk dijual), dan sejenisnya. Kapasitas file dan media yang digunakan juga relatif kecil.

Website bisnis, UMKM, organisasi, toko online, komunitas, atau portal berita juga masih bisa dilayani dengan shared server. Tentunya, kapasitas yang dibutuhkan seperti kapasitas penyimpanan (disk space), bandwith, jumlah domain, maupun backup lebih besar dibanding blog pribadi. Oleh sebab itu, biaya paket hosting biasanya lebih tinggi. Selain itu, begitu traffik website anda meningkat, anda mungkin harus mempertimbangkan untuk upgrade ke Virtual Private Service (VPS) atau dedicated server.

Apa Itu Niagahoster?

Niagahoster adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang penyedia server hosting dan domain yang mulai beroperasi pada tahun 2014, hingga saat ini niagahoster masih konsisten memberikan layanan terbaik yakni hosting murah 2021.

Jadi, pastikan anda membahas kemungkinan ini dengan perusahaan web hosting serta potensi biaya yang ditimbulkan.Kapan website anda membutuhkan upgrade? Jika kinerja website melambat dan waktu loading lebih lama dari biasanya, maka sudah saatnya anda meninjau kapasitas dan bandwith yang tersedia untuk website anda. Perlu diingat bahwa loadtime yang lama mempengaruhi kinerja website di mata mesin pencari seperti Google.

Tips Memilih Jasa Web Hosting Paling Murah

Memilih jasa hosting semestinya didasarkan kepada kebutuhan website anda, bukan hanya berdasarkan harga. Web hosting paling murah bisa datang dari perusahaan web hosting pemula yang sebenarnya belum menyediakan layanan profesional atau support system yang memadai.

Namun, harga murah juga bisa datang dari perusahaan web hosting profesional yang bisa menawarkan harga bersaing karena kapasitas bisnis yang sudah besar serta jaringan kerja yang luas. Anda tentunya tidak menginginkan opsi pertama, bukan? Nah, beberapa tips berikut mungkin bermanfaat bagi anda yang sedang mencari perusahaan web hosting:

Pilih Layanan Hosting Dalam Negeri

Anda tentunya menginginkan layanan terbaik untuk website anda bukan? Percaya atau tidak, lokasi server dapat mempengaruhi performa website anda. Jika target pengunjung anda adalah penduduk Indonesia, maka server yang berlokasi di luar negeri hanya akan memperlambat kinerja website. Dengan server dalam negeri, ada beberapa keuntungan yang dapat anda nikmati, antara lain:

  • Memudahkan dalam komunikasi dengan pihak perusahaan web hosting, terutama dalam hal support system;
  • Harga hosting lebih murah, karena biaya yang anda bayar tidak disesuaikan dengan kurs;
  • Sistem pembayaran lebih mudah.

Pelajari Fitur Yang Ditawarkan

Untuk apa membayar murah jika anda mendapatkan layanan murahan? Prinsip ini harus tetap menjadi perhatian. Yang anda butuhkan yakni layanan berkualitas sesuai kebutuhan website. Harga murah di awal bisa jadi merepotkan anda nantinya begitu bisnis berkembang dan trafik di website anda semakin tinggi.

Jadi, pastikan anda mempelajari dan membandingkan setidaknya beberapa fitur berikut saat mempertimbangkan harga hosting paling murah dari perusahaan web hosting:

  • Ruang penyimpanan dan bandwith. Sebaiknya pilih layanan hosting dengan kapasitas tanpa batas (unlimited storage), kecuali untuk website simulasi yang anda gunakan untuk 1 atau 2 bulan saja;
  • Jumlah Addon domain yang ditawarkan. Umumnya, perusahaan hosting menawarkan opsi domain tambahan tanpa batas (unlimited). Namun, untuk website simulasi atau blog pribadi, domain tambahan 10 hingga 25 mungkin sudah memadai.
  • Jumlah alamat email yang bisa anda buat. Ada perusahaan hosting yang menawarkan layanan ini dan ada juga yang tidak.
  • Control panel yang digunakan. Pengguna profesional umumnya menggunakan control panel populer seperti cPanel atau Vdeck. Pastikan anda mengetahui cara kerja control panel yang digunakan untuk memudahkan dalam pengelolaan. 
    Apa Itu CPanel?

    cPanel adalah salah satu alat pengaturan atau control panel untuk web hosting dengan basis linux yang menyuguhkan GUI (graphical user interface) serta tools otomatis, semua fitur yang tersedia pada cPanel akan sangat membantu dan memudahkan dalam proses mengontrol server hosting untuk keperluan website.

  • Uptime. Kecepatan loading website sangat mempengaruhi ‘citra’ website anda di mata Google. Jadi, pastikan anda memperhatikan aspek ini dengan seksama. Hanya saja, informasi uptime biasanya tidak disampaikan kepada konsumen. Jadi, anda bisa melakukan browsing tentang informasi uptime perusahaan web hosting yang akan anda jadikan mitra. Hindari perusahaan yang memiliki uptime kurang dari 99%. Target anda adalah perusahaan hosting dengan uptime 99.9%.

Sebenarnya, masih ada beberapa faktor yang perlu anda pertimbangkan, seperti sistem keamanan, layanan backup, layanan upgrading, transfer hosting, dan sebagainya. Setelah membandingkan fitur yang ditawarkan dari beberapa perusahaan hosting ternama, anda bisa memilih jasa hosting paling murah namun menawarkan layanan yang dibutuhkan untuk kinerja website yang optimal.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar