Daftar Hosting Gratis untuk Blogger Pemula

Daftar Hosting Gratis untuk Blogger Pemula

Apa Anda hobi menulis dan berniat belajar blogging? belum lengkap rasanya bila tidak membangun website sendiri dengan web hosting dan nama domain yang bagus. Tetapi kendala yang mungkin dialami beberapa orang adalah belum dapat menyediakan dana untuk tarif langganan yang biasanya mahal terutama yang berekstensi .com.

Bila demikian berarti Anda perlu mengetahui cara mendapatkan hosting gratis namun dengan kualitas yang baik. Berkaitan dengan domain Anda juga bisa membeli domain dengan harga murah. Adapun untuk hosting berikut ulasannya.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Alasan Memilih Hosting Gratis

Solusi yang bisa dicoba bila ingin membangun website secara cuma–cuma adalah menggunakan layanan web hosting tidak berbayar. Bagi Anda yang seorang pemula dan sebagai sarana belajar ini adalah keputusan yang tepat, namun tentu ada beberapa konsekuensi yang harus Anda ketahui agar tidak kecewa di ujungnya nanti.

Kelebihan web hosting tidak berbayar tentu saja Anda tak perlu mengeluarkan uang sedikit pun untuk memiliki website sendiri, tetapi ada pula kekurangan dari hosting demikian ini, yaitu:

  • Mutu layanan nya tidak optimal sebagaimana hosting yang berbayar.
  • Beberapa server sangat kurang dalam memberikan layanan sehingga downtime sering terjadi.
  • Anda tak dapat mengatur iklan yang muncul sehingga sering merasa terganggu.
  • Website gratis sewaktu-waktu dapat dihapus tanpa informasi lebih dulu.
  • Bila ingin beralih pada hosting lainnya, misalnya karena sudah menyediakan budget khusus untuk domain itu  dan data sulit ditransfer.

Inilah sebabnya Anda selalu berkesempatan menggunakan hosting tak berbayar tetapi sebaiknya cermatlah dalam memilih dan gunakanlah dengan hati-hati.

Perbedaan Hosting Gratis dan Berbayar

Tentu saja fasilitas yang diperoleh pengguna berbayar dengan gratisan tidak sama. Artinya ada batasan-batasan tertentu bagi layanan tak berbayar. Walaupun penyedia hosting mempromosikan bahwa layanan free hosting unlimited, tetapi pada kenyataannya Anda mempunyai batasan tertentu dalam membangun situs website, karena bandwith dan ruang disk yang tersedia memang terbatas.

Alasannya adalah agar semua pengguna layanan gratis sama-sama mendapatkan peluang dengan porsi setara. Meski demikian tak ada salahnya bila memilih fasilitas ini sebagai sarana belajar karena Anda dapat melakukan berbagai uji coba terkait website tersebut tanpa modal.

Bila nanti sudah merasa siap untuk membangun website “serius” Anda bisa memilih layanan berbayar yang tentu saja fungsi, fitur tambahan, serta kapasitas bandwithnya lebih besar.

Domain dan Daftar Hosting Gratis

Sebagai referensi Anda, inilah daftar hosting gratis dari dalam dan luar negeri yang bisa menjadi pilihan.

000Webhost

Web hosting yang satu ini dapat dibilang sudah sangat berpengalaman dalam menyediakan layanannya. Akun 000webhost dapat dengan mudah dan dalam waktu singkat diaktifkan baik blog dengan situs HTML yang simple atau pun dibuat dengan WordPress.

Fitur yang disediakan oleh hosting yang satu ini adalah uptime 99% blazing speed, control panel, aktivitas akun secara instan, dan jaminan layanan berbasis teknologi teraktual.

Dreamnix

Ini adalah anak perusahaan Business ICS International Ltd. Ada tiga layanan web hosting yang disediakan oleh Dreamnix mulai dari yang gratis hingga yang sangat terjangkau.

  • Pertama, Cloud Free – Fitur yang disediakan layanan ini adalah kapasitas disk sebesar 1 GB, Cpanel, 1 situs dan basis data, bandwith hingga 1 GB per bulan.
  • Kedua, Cloud Pro – Dengan biaya berlangganan sebesar US$ 2 Anda bisa mendapatkan fitur Cpanel, 1 situs dan basis data, serta bandwith 1 GB per bulan.
  • Ketiga, Cloud Turbo – Biaya langganan untuk layanan yang ketiga ini adalah yang termahal, yaitu US$ 4 per bulan. Fitur yang dijanjikan adalah kecepatan muat hingga 20 kali, tidak ada batasan ruang disk serta bandwith, tanpa batasan basis data dan situs, tanpa batasan kotak email, dan gratis Cpanel, SSH, serta SSL.

Infinity Free

Keunggulan hosting yang ketiga ini adalah tak menampilkan iklan, memperbolehkan Anda untuk memilih nama domain serta subdomain. Tersedia sekitar 25 ekstensi domain gratis untuk para pengguna.

Fitur yang tersedia adalah bandwith dan ruang disk unlimited, maksimal 400 website, maksimal 10 akun email, dan kecepatan serta uptime-nya bagus. Paket hosting yang disediakan oleh Infinity adalah Infinity Free, Super Premium, dan Ultimate Premium.

X10 Hosting

Perusahaan ini telah beroperasi selama lebih dari 1 dekade dan sudah popular di kalangan blogger sebagai penyedia layanan hosting tak berbayar. Keunggulan perusahaan ini adalah cepatnya proses pendaftaran anggota serta memiliki performa website yang baik.

Pelanggan juga dapat menikmati storage serta bandwith tak terbatas.Hingga kini X10 hosting telah memiliki lebih dari 750 ribu orang member.

ByetHosting

Inilah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan gratis dengan jaringan terstabil serta tercepat.Penyedia layanan yang merupakan anak perusahaan iFastNet ini juga sudah puluhan tahun berpengalaman dalam bisnis tersebut.

Fitur-fitur yang tersedia unlimited adalah bandwith dan Storage. Website builder atau design dapat dilakukan dengan template gratis, Joomla, dan Auto Installer WordPress.

Freehostia

Hosting ini mengklaim mampu memberikan layanan kecepatan loading super cepat dibandingkan kompetitornya, yaitu 15 kali lebih cepat. Fitur-fitur yang tersedia adalah 250 MB Storage, 5 hoster domain, Bandwith 6 GB, maksimal 3 akun email, dan terkait website builder dan design dapat menggunakan template website dengan installer instan dan gratis.

Daftar Hosting Gratis Indonesia

Ada beberapa perusahaan penyedia hosting terbaik untuk bloger Indonesia yang tentunya berbayar, namun jika yang Anda kehendaki adalah layanan hosting gratis mungkin Anda bisa mencoba beberapa perusahaan penyedia hosting seperti dibawah ini.

RackH

Inilah salah satu startup IT yang cukup terkemuka di tanah air dan menyediakan paket-paket hosting cuma-cuma. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mempromosikan perusahaan dengan memuat banner RackH serta backlink pada situs Anda.

Hosting dari RackH ini banyak digunakan oleh para freelancer, blogger, komunitas, dan lain-lain. Keunggulan RackH adalah 500MB Storage, tak tersedia domain, kapasitas bandwith 5 GB, dua akun email, dan hanya tersedia cPanel untuk sarana website builder.

Mitrahosting

Paket hosting tak berbayar dari MitraHosting menyediakan layanan yang unik dimana Anda bisa berhubungan secara langsung dengan customer support via Whatsapp atau SMS. Hosting tak berbayar ini dapat dinikmati selamanya.Bila ingin menggunakan paket premiumnya pun tak dipatok harga khusus atau terserah klien.

Fitur-fitur yang disediakan adalah, tersedia cPanel untuk website builder atau design, maksimal dua akun email, 1 GB Bandwith, tanpa iklan, 2 add-on domain ditambah 2 subdomain, dan storage berkapasitas 512 MB. Ingatlah bahwa untuk membuat website tetap aktif paling sedikit setiap bulannya dikunjungi dua pengguna internet.

Dobelhost

Untuk menggunakan hosting ini terdapat beberapa persyaratan, yaitu wajib memilih domain premium, harus bergabung dengan grup Whatsapp Dobelhost, serta melakukan perpanjangan setiap tiga bulan sekali.

Inilah spesifikasi yang disediakan yang dapat dibilang cukup baik untuk layanan hosting tak berbayar.2 GB storage, tanpa domain, tanpa iklan, bandwith tidak terbatas, tanpa email, tersedia cPanel untuk website builder dan design.

Kini anda sudah tau bukan! Apa yang terkait dengan kekurangan dan kelebihan menggunakan hosting gratis. Jika menggunakan hosting berbayar sebetulnya juga tidak terlalu mahal, asalkan bisa menyesuaikan kebutuhannya.

Ada beberapa hosting berbayar dengan harga yang relatif murah serta didukung dengan speak yang cukup lumayan. Dan berikut adalah layanan hosting yang bisa kami rekomendasikan.

PenyediaPromoRating
NiagahosterDomain GRATIS Mei 2022★★★★★
IdcloudhostHosting lengkap hemat 60%★★★★☆
Jagoan HostingTebus hosting murah cuma Rp. 10k★★★☆☆
Biznet GIOLayanan hosting kelas atas dengan biaya rendah★★☆☆☆
DomainesiaDiskon hosting 30% SELAMANYA★☆☆☆☆
QwordsFlash Sale Mei 2022 domain murah☆☆☆☆☆
RumahwebDomain .ID super murah☆☆☆☆☆

Semoga informasi tentang daftar hosting gratis ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Daftar Hosting Gratis untuk Blogger Pemula