Headset Gaming Terbaik dan Terjangkau Bagi Gamers Sejati

Bagi para gamers, konsentrasi merupakan hal yang sangat penting saat bermain. Bagaimana tidak, sedikit saja lengah, alur permainan yang tadinya bisa dikendalikan bisa jadi berada di luar kembali, dan kamu mengalami kekalahan telak. Salah satu cara untuk tetap berkonsentrasi saat bermain game adalah menggunakan headset gaming. Kamu tentunya membutuhkan headset gaming terbaik, yakni headset yang handal dan tetap nyaman digunakan meski kamu bermain dalam durasi yang cukup lama.

Kenyamanan saat bermain game adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan saat memilih headset gaming. Sadar atau tidak, seorang gamer bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam saking konsentrasi dengan permainannya. Jadi, diperlukan headset gaming terbaik yang tidak membuat kepala atau telinga sakit setelahnya.

Headset gaming terbaik

Memilih Headset Gaming Terbaik: Ini Yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa aspek yang perlu anda perhatikan saat memilih headset untuk gaming. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Earcup

Secara umum, ada dua macam headset di pasaran. Yang pertama adalah headset on-ear. Headset ini memiliki earcup lebih kecil, dan biasanya tidak menutupi seluruh telinga ketika dikenakan. Yang kedua adalah headset over ear. Jenis ini memiliki earcup yang menutupi daun telinga secara keseluruhan.

Memang, jenis earcup pada headset biasanya tidak mempengaruhi fungsi audio saat bermain game. Namun, model earcup mempengaruhi kenyamanan, terutama bagi kamu yang kerap bermain game hingga berjam-jam lamanya. Jadi, sebaiknya pilih headset tipe over ear. Selain nyaman, headset ini juga dianggap lebih bagus dalam meredam suara dari luar.

2. Surround Sound

Fitur surround sound adalah teknologi pengaturan suara yang tentunya sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Semakin tinggi versinya, semakin bagus teknologinya. Misalnya, surround sound 7.1 membagi sumber suara bass serta 7 titik suara lainnya. Dengan demikian, suara yang dihasilkan lebih detil dan lebih powerful alias bertenaga.

Lalu, teknolo sorround sound seperti apa yang dianjurkan untuk headset gaming? Sebenarnya, ada dua tipe surround sound pada perangkat headset. Pertama adalah virtual surrounding, yang mengatur suara menggunakan software. Yang kedua adalah tipe real surround, yang diketahui memiliki lebih banyak speaker.

Dari segi kualitas, hasil dari real surround lebih optimal, namun setara pula dengan biaya yang harus kamu keluarkan. Menurut para gamers, sebenarnya tipe virtual surround juga sudah cukup mumpuni untuk menghasilkan suara yang detil pada game.

3. Mikorofon dan noise cancelling

Jika kamu senang bermain game secara multiplayer, maka sebaiknya pilih headset gaming terbaik dengan mikrofon yang berkualitas. Tanpa mikrofon, kamu hanya bisa berkomunikasi melalui pesan teks dengan pemain lainnya. Mikrofon memungkinkan kamu berkomunikasi dengan pesan suara.

Sementara itu, teknologi noise cancelling diperlukan untuk meredam suara yang masuk dari luar, sehingga tidak masuk ke headset. Jadi, kamu bisa bermain secara puas dengan penh konsentrasi tanpa adanya gangguan suara, bahkan dari suara keyboard pada PC kamu.

4. Material

Sebenarnya, bagus atau tidaknya material headset hanya bisa kamu buktikan jika membeli secara langsung. Bagaimana jika kamu berbelanja secara online? Cobalah minta informasi tentang detil bahannya. Material pastinya sangat mempengaruhi kenyamanan saat headset dikenakan. Beberapa bagian penting headset yang perlu kamu perhatikan antara lain material penyangga kepala dan bantalan telinga. Selain itu, sebaiknya pilih headset yang ringan, karena bobot headset yang berat bisa membuat kepala dan leher kamu mudah lelah.

Rekomendasi Headset Gaming Terbaik dan Terjangkau

Memang benar, kualitas akan menentukan harga, termasuk saat kamu membeli headset gaming. Jika kamu mencari headset yang bagus, nyaman dan tahan lama, pastikan kamu juga siap dengan anggaranya. Lalu, adakah headset gaming dibawah 500 ribu? Tentunya ada. Tingginya persaingan di antara para produsen aksesoris ini merupakan suatu keuntungan, karena kamu bisa mendapatkan headset gaming yang berkualitas dengan harga kurang dari Rp. 500 ribu. Berikut adalah beberapa rekomendasinya:

  • Rexus Vonix F15S

Ini adalah salah satu pilihan headset gaming dibawah 500 ribu yang bisa kamu pertimbangkan. Harganya sangat terjangkau, yakni kurang dari Rp. 150 ribu. Ada beberapa fitur yang ditawarkan headset ini, antara lain:

  1. Mikrofon, agar kamu bisa berkomunikasi dengan pemain lainnya saat bermain game;
  2. LED warna-warni yang menyala pada earcup. LED ini tentunya memberikan sensasi yang berbeda saat kamu bermain, terutama saat bermain di ruangan yang minim pencahayaan;
  3. Bobot sangat ringan, yakni 500 gram

Sayangnya, headset ini belum dilengkapi fitur surround sound, dan tidak ada keterangan apakah headset ini mendukung noise cancelling atau tidak.

  • Bloody Headset Gaming G501

Ini adalah salah satu headset pilihan jika kamu sedang mencari headset berteknologi tinggi namun harganya terjangkau. Dengan membayar kurang dari Rp. 300 ribuan, kamu bisa membawa pulang headset berteknologi tinggi ini. Fiturnya antara lain:

  1. Teknologi surround sound 7.1, yang memberikan sensasi suara 360 derjat dan benar-benar detil;
  2. Desain elegan dan modern;
  3. Mikrofon
  4. Bobot 258 gram
  5. Teknologi sound-to-location recognition, yang menawarkan suara yang jernih, di manapun kamu bermain game;
  6. Membantu gamer menemukan musuh saat vermain, karena adanya fitur untuk memperkuat derap kaki di arena permainan. Kamu akan merasakan suara atau gerakan seolah-olah berada di dunia nyata.
  • SADES Locust SA-704

Headset ini digemari banyak gamers karena desainnya yang keren dan tidak ketinggalan dari headset papan atas lainnya, meski harganya sangat terjangkau. Ya, dengan harga sekitar Rp. 325 ribuan, kamu bisa mendapatkan headset gaming terbaik yang menyajikan suara yang jernih dan presisi. Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh headset tipe headband ini antara lain:

  1. Fitur surround sound 7.1 tipe virtual;
  2. Menggunakan konektor USB 2.0
  3. Tipe headband, sehingga tetap nyaman digunakan untuk bermain game dalam durasi lama;
  4. Dilengkapi built-in USB 7.1
  5. Desain unik, dilengkapi rongga udara pada earcup, agar telinga kamu tidak panas ketika bermain dalam waktu lama;
  6. Garansi resmi 6 bulan dari Sades Indonesia;
  • Armaggeddon Nuke 13R Surround 7.1

Headset ini digemari para gamers karena kualitas suara dan mikrofon yang tertanam di dalamnya. Seperti namanya, Armaggeddon Nuke 13R dilengkapi fitur virtual surround 7.1 yang menghasilkan suara jernih. Fitur lainnya adalah:

  1. Equalizer untuk mengatur suara, sesuai kenyamanan kamu
  2. Mengatur frekuensi suara
  3. Mikrofon bisa distel, agar pas di depan mulut kamu, sehingga suara yang dihasilkan lebih presisi terdengar oleh lawan bicara;
  4. Remote control built-in memungkinkan kamu menonaktifkan microfon atau headset hanya dengan sekali tekan.
  5. Tombol aktivasi efek suara 3D

Dengan keseluruhan fitur ini, kamu hanya perlu membayar Rp. 300 ribuan untuk bermain game dengan nyaman menggunakan headset gaming terbaik. Headset gaming dibawah 500 ribu yang dibahas di atas hanyalah sebagian dari begitu banyak opsi yang tersedia di pasaran. Kamu hanya perlu mempelajari fiturnya dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar