Harga Antena TV Digital dan Tips Memilihnya

Harga Antena TV Digital dan Tips Memilihnya

Harga antena TV digital dan tips memilihnya menjadi hal yang penting saat ini. Mengingat antena TV digital merupakan salah satu perangkat yang diperlukan agar TV digital dapat berfungsi optimal. Bila Anda akan membeli antena untuk TV digital, ada beberapa tips yang dapat dicermati.

Apakah Anda kini mempunyai antena TV digital? Nah, perlu Anda tahu bahwa akhir-akhir ini penyiaran di Indonesia sudah merambah ke teknologi dunia digital. Hal itu mendorong pergantian dari TV analog menjadi TV digital.

TV digital merupakan siaran televisi yang memakai sinyal digital serta sistem kompresi agar kualitas gambar dan suara yang dihasilkan lebih baik dari TV analog. TV digital ini mempunyai beberapa keunggulan yang tak dimiliki oleh TV analog. Berikut beberapa keunggulan yang bisa diperoleh dengan membayar harga antena TV digital.

  • Kualitas gambar dan suara yang lebih jernih
  • Teknologi lebih canggih sehingga dapat mengetahui acara yang sudah dan akan tayang
  • Mempunyai layanan interaktif dimana penonton dapat memberikan rating secara langsung pada program yang tengah ditayangkan
  • Tersedia teknologi parental lock, agar orang tua dapat mengatur program sesuai usia anak
  • Terdapat banyak channel untuk menambah referensi tontonan
  • Program siaran yang berkualitas
  • Gratis sebab tak memerlukan kuota internet ataupun biaya berlangganan

Tips Dalam Memilih Antena TV Digital

Sekalipun mempunyai beragam keunggulan, televisi digital masih memerlukan antena untuk bisa berfungsi optimal. Antena TV digital ini digunakan untuk lebih mudah menangkap sinyal digital. Antena TV digital ini mempunyai jangkauan yang luas, agar lebih banyak saluran TV yang tertangkap.

Tak hanya sebatas itu, dengan membayar harga antena TV digital Anda juga akan bisa menangkap 2 tipe frekuensi yaitu WHF dan UHF. Sebenarnya tak sulit bila Anda ingin membeli antena TV digital sekarang ini. Akan tetapi memang perlu untuk mencermati kualitas dan fungsi dari antena tersebut.

Lalu bagaimana tips memilih antena TV digital? Berikut beberapa diantaranya yang dapat Anda ikuti.

Pilih antena berdasarkan penempatan

Anda harus memperhatikan penempatan antena terlebih dahulu sebelum membeli antena TV digital. Sebab antena yang ditempatkan di luar ruangan dan di dalam ruangan mempunyai perbedaan.

Antena yang dipasang dalam ruangan atau indoor umumnya mempunyai bentuk compact agar posisinya mudah disesuaikan. Antena indoor juga dianggap lebih aman dari sambaran petir serta harganya juga relatif lebih terjangkau.

Walau begitu, posisi yang dapat dipindah-pindah juga berpengaruh pada channel TV yang tertangkap. Terkadang pada satu posisi channel A tampak jernih, namun channel B buram. Pengguna pun harus sering memindah posisi antena saat sedang menonton TV.

Sementara untuk antena TV digital yang dipasang di luar ruangan diketahui bisa menangkap lebih banyak channel TV sehingga hasil tayangannya menjadi lebih jernih. Akan tetapi memang antena outdoor ini ternyata lebih merepotkan dan harga antena TV digital juga lebih mahal jika dibandingkan dengan antena indoor.

Memilih antena sesuai jenis TV

Ketika akan membeli antena TV digital, Anda pun harus menyesuaikan antena dengan jenis TV yang dimiliki. Bila Anda memiliki TV LCD atau LED, antena yang lebih tepat untuk digunakan adalah antena dengan ukuran sedang hingga besar, sebab lebih mudah untuk menangkap sinyal.

Sementara bila Anda memiliki TV tabung maka antena yang lebih tepat untuk digunakan adalah antena dengan ukuran kecil hingga sedang. Mengingat jenis televisi ini lebih mudah untuk menangkap sinyal sehingga tak memerlukan antena yang terlalu besar.

Membeli antena dengan kabel coaxial

Kabel coaxial merupakan komponen penting yang wajib diperhatikan saat memilih antena TV digital. Kabel ini merupakan penentu kualitas selain harga antena TV digital itu sendiri. Fungsinya sebagai jaringan penghubung yang mengkoneksikan antara transmisi perangkat elektronik.

Ketika membeli antena TV digital, sebaiknya pilih antena yang mempunyai kabel coaxial dengan impedans 75 ohm dengan kawat konduktor yang besar dan serabut tebal. Sekalipun tipe kabel ini relatif murah, akan tetapi gambar yang dihasilkan lebih berkualitas.

Membeli antena yang memiliki deret panjang dan padat

Tips dalam memilih antena TV digital berikutnya adalah sebaiknya pilih antena TV dengan deret panjang dan padat. Hal ini dimaksudkan agar daya tangkap sinyal besar dan kuat.

Jika daya tangkapnya besar dan kuat maka siaran TV yang ditayangkan lebih berkualitas dan cerah. Tak hanya itu saja, antena dengan deret panjang dan padat juga dapat memberikan sasaran yang tepat dan kuatdari arah pemancar.

Menggunakan booster

Selain memilih antena berdasarkan jenis TV yang digunakan dan kualitasnya, Anda pun dapat menggunakan booster untuk menguatkan sinyal yang diterima oleh antena. Penggunaan booster bisa membuat sinyal yang diterima nantinya dijauhkan dari penghalang transmisi sinyal.

Beberapa Rekomendasi Antena TV Digital

Berikut beberapa rekomendasi dari kami berdasarkan harga antena TV digital. Produk-produk ini dipilih dengan teliti serta mempertimbangkan kualitas yang dimilikinya.

1. Aoki Antena 2 TV Digital Indoor – Outdoor AT 3000

Desain antena ini modern serta cocok untuk semua jenis TV dengan harga mulai dari Rp 210 ribu. Bila Anda menginginkan antena yang mempunyai desain modern, maka dapat memilih produk satu ini. Tak hanya modern, antena ini juga memiliki desain yang simpel dan menarik.

Nantinya Anda mendapatkan main unit, support foot, fixed seat, adapter, serta kabel coaxial dengan panjang 10 meter di dalam kemasan. Yang lebih hebat adalah antena ini dapat ditempatkan di luar ataupun di dalam ruangan.

Khusus TV digital, antena ini pun dapat langsung dihubungkan dengan TV. Untuk TV analog Anda diharuskan untuk menggunakan set top box. Antena ini pun telah dilengkapi penguat sinyal agar TV bebas bintik.

Nama Produk Aoki Antena 2 Tv Digital
Cek Promo & Diskon Tokopedia Bukalapak Lazada Blibli Shopee

2. Oase Antena Indoor khusus TV digital IT-A1

Harga antena TV digital ini mulai dari Rp 160 ribu dan siap menghadirkan puluhan siaran TV digital tanpa ada gangguan, terjamin bersih serta bebas bintik. Oleh karena itu antena ini cocok bagi Anda yang tak ingin terganggu tayangan buruk. Akan tetapi perlu diingat kualitas ini tergantung dari lokasi pemancar TV di lingkungan sekitar Anda.

Desainnya tipis dan ringan, Anda dapat meletakkannya di meja ataupun ditempel di dinding. Tak perlu khawatir jatuh sebab antena ini telah dilengkapi perekat kuat agar dapat menempel dengan baik.

Nama Produk Oase Antena Tv Digital It A1
Cek Promo & Diskon Tokopedia Bukalapak Lazada Blibli Shopee

3. Taffware Antena TV Digital DVB-T2 4K TFL-D139

Antena khusus untuk menangkap sinyal digital ini direkomendasikan bagi Anda yang tak mempunyai space penyimpanan luas. Bentuknya tipis dan tak membutuhkan banyak ruang. Anda dapat menempelkannya di belakang TV atau meletakkannya di meja. Walau tipis, antena ini dapat menangkap sinyal dengan baik.

Nama Produk Taffware Antena Tv Digital
Cek Promo & Diskon Tokopedia Bukalapak Lazada Blibli Shopee

Pada pembahasan kali ini kami sudah menyampaikan tentang tips memilih dan beberapa rekomendasi harga antena TV digital yang bagus. Semoga bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan untuk menikmati tayangan TV yang jernih dan berkualitas.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Harga Antena TV Digital dan Tips Memilihnya flagcounter