Google Dituduh Membuat Alat Mata-Mata

Google Dituduh Membuat Alat Mata-Mata

Karyawan Google menuduh pimpinan perusahaan mengembangkan alat pengawasan internal. Mereka meyakini jika alat itu akan digunakan untuk memantau upaya pekerja untuk mengatur protes dan mendiskusikan hak-hak buruh.

Awal bulan ini, karyawan mengatakan bahwa mereka menemukan bahwa sebuah tim yang cukup aneh di dalam perusahaan. Tim itu dicurigai sedang menciptakan alat baru untuk browser Chrome. Dan kemungkinan alat tersebut dipasang di semua komputer pekerja dan digunakan untuk mencari sistem internal.

Kekhawatiran tersebut diuraikan dalam memo yang ditulis oleh seorang karyawan dan diberitakan oleh Bloomberg News. Dan selanjutnya ada tiga karyawan lagi yang meminta anonimitas karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada pers.

Alat tersebut akan secara otomatis melaporkan staf yang membuat acara kalender dengan lebih dari 10 kamar atau 100 peserta, menurut memo karyawan. Penjelasan yang paling mungkin, dugaan memo itu, “Upaya pempinan untuk mengetahui tentang upaya organisasi pekerja.”

Google Spy

Ketegangan yang Tumbuh Di Google

Pandangan yang saling bertentangan tentang alat ini menimbulkan ketegangan antara perusahaan dan karyawan. Pada 21 Oktober, beberapa pekerja di kantor Google di Zurich mengadakan demo. Mereka membahas tentang hak-hak pekerja dan perserikatan meskipun ada upaya manajer mereka untuk membatalkannya. Dan pada bulan lalu, pekerja kontrak untuk Google di Pittsburgh memilih untuk bergabung dengan United Steelworkers.

Dalam 18 bulan terakhir atau lebih, karyawan telah memprotes penanganan atas keluhan pelecehan seksual. Kemudian mereka meluncurkan kampanye internal terhadap beberapa proyek dari mesin pencari ini. Ini termasuk proyek yang disensor di China dan kontrak dengan Pentagon untuk menganalisis rekaman drone.

Alat tersebut tampaknya telah beroperasi pada awal September menurut dua karyawan yang bersaksi. Bahkan mereka secara independen memverifikasi bagian dari rencana tersebut. Pada akhir September, tim privasi Google melakukan investigasi terhadap hal ini. Tim ini bertugas memeriksa setiap peluncuran produk baru yang direncanakan perusahaan, kata karyawan.

Tetapi perusahaan mengatakan alat ini telah dikembangkan selama berbulan-bulan. Dan telah melalui tinjauan standar privasi, keamanan dan hukum. Secara tersirat mereka mengatakan bahwa alat ini sudah sangat melindungi privasi karyawan di seluruh perusahaan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Google Dituduh Membuat Alat Mata-Mata